Bimbingan Akademik Musik Seni dan hobi Bahasa Olahraga dan kesehatan
Bagikan

Pertanyaan yang Sering Diajukan: Tanya Jawab seputar Yoga

Oleh , dipublikasikan pada 21/05/2019 Blog > Olahraga dan kesehatan > Yoga > Ketahuilah Tanya Jawab Seputar Yoga!, Maka Anda Akan Tertarik Untuk Belajar Yoga

“Pikiran muncul entah dari mana.” – Diamond Sutra

Yoga adalah olahraga yang dapat dilakukan siapa pun untuk memfokuskan diri dan melepaskan segala beban pikiran. Namun, penelitian menunjukkan bahwa kaum wanita yang melakukan yoga lebih banyak daripada kaum pria. Sekitar 9 dari 10 peserta kelas yoga untuk pemula adalah wanita.

Berlatih yoga secara teratur dapat menjaga kebugaran Anda. Selain itu, yoga juga bagus untuk kesehatan fisik dan mental Anda.

Jadi, mengapa tidak melakukan yoga saja?Inilah beberapa pertanyaan umum tentang yoga.

Apakah Yoga Bisa Dilakukan sambil Berlari?

Yoga dan lari merupakan dua olahraga yang saling melengkapi dan juga berguna untuk melatih tubuh, pikiran, postur tubuh, dan keselarasan, serta menjaga kebugaran. Bagaimana cara terbaik untuk menenangkan pikiran setelah sesi latihan yang baik?

Kedua aktivitas ini sangat cocok untuk dipadukan dilihat dari pengaruhnya terhadap tubuh kita. Olahraga lari berfokus pada peningkatan kardio dan pengencangan otot yoga bermanfaat untuk meregangkan dan menguatkan otot.

Olahraga ini bisa membantu mengurangi stres dan kecemasan, membuat Anda lebih percaya diri, serta mengurangi risiko serangan jantung.

Dengan menggabungkan yoga dan olahraga lari, Anda bisa menyisihkan lebih banyak waktu dalam jadwal harian Anda.Jadi bagaimana cara menggabungkan yoga dan olahraga lari?

Kelebihan yoga dan olahraga lari adalah Anda bisa melakukan kedua aktivitas tersebut di mana pun Anda berada entah itu di taman, di kebun, maupun di ruang tamu. Anda bisa mulai melakukan yoga hanya dengan berbekal matras yoga.

Anda bisa melakukan yoga sebelum berlari.

Anda harus rajin berlatih yoga Tambahkan yoga ke dalam rutinitas harian Anda. (Sumber: skeeze)

Rangkaian gerakan yoga sebelum berlari dapat membantu Anda melakukan peregangan dan merupakan cara yang baik untuk melakukan pemanasan. Beristirahatlah di tengah-tengah sesi yoga dan lemaskan otot-otot serta kelenturan tubuh Anda dengan meregangkan kaki Anda lagi sebelum berlari.

Melakukan kedua aktivitas ini secara bergantian merupakan cara yang bagus untuk menggabungkannya.

Anda bisa melakukan sejumlah pose seperti Kapotasana, downward dog, Phalakasana, Anjaneyasana, Marichyasana III, dan lain-lain tergantung tingkat kemampuan Anda

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari program yoga Anda, pastikan Anda memiliki sarana yang tepat (matras yoga, sepatu lari, dan lain-lain.). Berlari bisa memperkuat pinggul, paha belakang, lutut, tulang kering, pergelangan kaki, dan kaki Anda, sementara yoga dapat membantu Anda meluruskan tulang belakang, membentuk postur tubuh yang lebih baik, dan memperkuat otot, sendi, serta meningkatkan keseimbangan Anda.

Cari tahu lebih lanjut tentang yoga untuk para pelari.

Jenis Matras Apa yang Paling Baik untuk Belajar Yoga?

Anda tidak perlu menyiapkan banyak perlatan untuk melakukan yoga secara rutin, itulah mengapa hampir semua orang bisa melakukannya.Namun, mungkin matras adalah salah satu peralatan yang Anda butuhkan.

Matras memungkinkan Anda untuk berlatih yoga di mana pun Anda suka. Artinya, Anda bisa melakukan yoga di tanah yang keras sekalipun. Selain itu, matras akan membantu Anda berkonsentrasi saat melakukan yoga.

Jadi, bagaimana cara memilih matras yoga?

Ada banyak jenis matras yang tersedia, namun tidak semuanya cocok digunakan untuk yoga.

Anda mungkin memiliki tikar camping lama yang Anda beli beberapa tahun yang lalu yang Anda kira bisa Anda gunakan untuk melakukan yoga.

Jangan menggunakan matras seperti ini untuk yoga!

Biarkan matras tikar camping Anda tetap berada di lemari atau di tempatnya semula. Meskipun mungkin baik untuk digunakan tidur, matras semacam ini terlalu licin dan akan terus tergulung dengan sendirinya jika tidak diganjal dengan sesuatu.

milikilah matras yang tepat agar latihan yogamu optimal Memilih matras yoga yang tepat sangatlah penting. (Sumber: Ben_Kerckx)

Hal yang sama berlaku untuk matras pilates. Karena digunakan untuk mengombinasikan yoga dan olahraga tari, matras ini lebih tebal daripada matras yoga biasa.

Untuk memilih matras yoga yang tepat, Anda perlu mempertimbangkan beberapa kriteria.

Hindari matras berbahan PVC karena matras jenis ini mengandung zat berbahaya.Pilihlah matras berbahan alami.Pastikan bahannya tidak licin.Anda tidak akan bisa menikmati manfaat penyembuhan dari melakukan yoga jika Anda justru melukai diri sendiri!

Ketebalan juga merupakan aspek yang penting dalam memilih matras. Jangan gunakan matras yang terlalu tipis atau terlalu tebal. Matras yoga rata-rata memiliki ketebalan antara 4mm dan 6mm.

Perhatikan juga harganya. Bukan berarti matras yoga seharga kurang lebih Rp240.000 itu buruk.Anda perlu menemukan keseimbangan antara berapa banyak biaya yang ingin Anda keluarkan dan kualitas tikar yang ingin Anda beli.

Anda bisa melihat-lihat matras di toko online atau pergi langsung ke toko-toko olahraga ternama seperti Decathlon.

Carilah beberapa merek ternama seperti Chin Mudra, Manduka, dan Gaiam menawarkan matras populer.

Bagaimana Cara Belajar Yoga secara Autodidak?

Juka jadwal Anda padat atau keuangan Anda tidak mencukupi, Anda tetap bisa belajar melakukan yoga sendiri.Namun, memotivasi diri sendiri dan berusaha melakukan sejumlah pose yoga dengan benar tanpa bantuan guru bisa sangat menyulitkan.

Akan tetapi, banyak sumber materi pembelajaran yang bisa membantu Anda agar bisa melakukan yoga dengan baik dan benar.

Jika Anda belajar melakukan yoga secara autodidak, Anda harus melakukannya selangkah demi selangkah.

Anda tentu tidak ingin melukai diri sendiri dengan melakukan pose (asana) yang terlalu sulit.Anda tidak memiliki seseorang yang bisa memberi tahu Anda jika Anda melakukan kesalahan.

Sebelum melakukan suatu pose yoga, pastikan Anda sudah siap.Tentu saja, ini juga cukup memakan waktu.Persiapan selama setengah jam sampai satu jam seharusnya sudah cukup.

Pergilah ke suatu tempat yang tenang dan sunyi.Anda bisa memulainya dengan sejumlah pose dasar seperti pose kursi atau pose pohon.

Yoga juga bisa membantu Anda mendapatkan kepercayaan diri.

pergilah ke tempat yang sunyi dan tenang untuk belajar yoga Temukan tempat yang tenang untuk belajar yoga. (Sumber: Antranias)

Ketika berlatih yoga, pastikan Anda memakai matras yang layak dan mengenakan pakaian yang tepat.

Meskipun matras tidak terlalu penting, ada baiknya Anda tetap menggunakannya. Anda juga harus mengenakan pakaian yang tepat. Pakaian yang ringan dan fleksibel dapat memudahkan Anda dalam melakukan berbagai pose.

Akan tetapi, bagaimana cara belajar pose (asana) baru tanpa bantuan seorang instruktur atau guru yoga dari Jakarta?

Ada banyak DVD dan video di YouTube yang membahas yoga untuk pemula. Bahkan, ada juga situs web yang menyediakan video yoga buatan para instruktur yoga yang berpengalaman. Sumber materi pembelajaran yoga online sangat bagus untuk mereka yang tidak bisa ke studio yoga!

Anda bisa mengikuti sesi yoga secara berurutan dan mulai merasakan manfaatnya dalam waktu dekat.

Cara memulai belajar yoga bagi pemula.

Pelajari Lebih Lanjut tentang Sejarah Yoga dan Meditasi

Yoga telah dipraktikkan selama bertahun-tahun, tetapi baru sangat populer akhir-akhir ini. Setiap orang pasti setidaknya memiliki satu teman, anggota keluarga, atau kolega yang menghadiri kelas yoga.

Akan tetapi, apa itu yoga?

Menurut Google, yoga adalah:

“disiplin spiritual dan yang biasa dipraktikkan oleh pertapa Hindu—yang sebagian di antaranya mencakup pengendalian napas, meditasi sederhana, serta penggunaan sejumlah pose tertentu—secara luas untuk alasan kesehatan dan relaksasi.”

Yoga merupakan disiplin yang menarik bagi mereka yang ingin menenangkan diri dan mengurangi stres mereka.

Untuk mempelajari yoga dan kiat-kiat meditasi lebih lanjut, Anda bisa menonton sejumlah film dokumenter yang membahas permasalahan ini.

Film-film tersebut layak untuk ditonton jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang kosa kata para yogi (Iyengar, Pranayama, Surya Namaskar (Sun Salutation), Kundalini, mantra, chakra, dan lain-lain) serta sejarah yoga.

Dari film-film tersebut, Anda juga bisa belajar tentang berbagai jenis yoga seperti:

  • Hatha yoga
  • Vinyasa Yoga
  • Ashtanga Yoga
  • Prenatal Yoga
  • Kundalini Yoga
  • Dynamic Yoga
  • The Yoga of Sound
  • Yoga Nidra

Di mana kita bisa mendapatkan film dokumenter tentang yoga?

Saat ini, ada begitu banyak saluran televisi yang tersedia. Dalam beberapa tahun terakhir, layanan streaming telah mengambil alih industri ini dan sekarang, Anda bisa menonton apa pun di mana pun Anda berapa.

Layanan streaming seperti Netflix memiliki banyak film dokumenter. Ada juga banyak video di YouTube yang bisa ditonton secara gratis.

Anda akan terkejut melihat betapa banyaknya video atau film yang bisa Anda temukan di layanan streaming TV.

Bagaimana Cara Menenangkan Diri dengan Melakukan Yoga?

Yoga bukan hanya kegiatan olahraga, tetapi juga merupakan kegiatan yang menghubungkan tubuh dan pikiran Anda.

Ada berbagai jenis yoga yang dapat membantu Anda melatih pernapasan dan menenangkan diri dengan melakukan meditasi.

Meditasi adalah pelatihan mental yang memungkinkan Anda berkonsentrasi pada masa sekarang tanpa memikirkan masa lalu atau masa depan. Hal ini memungkinkan Anda untuk melepaskan kekhawatiran dan tekanan yang membebani kehidupan sehari-hari Anda.

jadikan pelajaran setiap kejadian yang kau alami di kehidupan Belajarlah untuk hidup di masa sekarang. (Sumber: Pexels)

Meditasi dapat membantu Anda mengatasi perasaan sedih dan sulit tidur, serta membantu meningkatkan konsentrasi Anda.

Namun, Anda tidak bisa belajar meditasi hanya dalam sehari.

Anda perlu menemukan waktu dan tempat yang tepat untuk bermeditasi, serta membuat diri Anda nyaman terlebih dahulu sebelum mulai fokus pada pernapasan dan melepaskan semua beban.

Entah Anda memutuskan untuk belajar meditasi dengan seorang guru privat atau dengan kelompok peserta dalam kelas yoga, Anda harus merasa nyaman. Jika tidak, Anda tidak akan pernah bisa melepaskan semua beban Anda dan menenangkan diri.

Pilihlah cara terbaik untuk melakukan meditasi. Baik dengan retret yoga, gym, melakukan latihan pernapasan di rumah, sebagai bagian dari pemanasan, ada banyak cara untuk belajar bermeditasi.

Jika Anda benar-benar baru dalam dunia yoga, pertimbangkan untuk mengikuti sesi percobaan untuk pemula atau lokakarya yoga untuk belajar lebih lanjut tentang meditasi kesadaran. Jika Anda menyukainya, meditasi dapat membantu Anda menemukan kedamaian batin.

Jangan lupa bahwa Anda juga bisa menyewa yogi privat Anda sendiri untuk membantu Anda memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang filosofi yoga serta manfaat gaya hidup sehat melalui yoga.

Mulailah dengan sejumlah pose yang mudah (seperti pose Surya Namaskar (Sun Salutation) dan cara bernafas dengan benar) sebelum Anda mulai beralih ke pose yoga yang lebih menantang dan meditasi kesadaran. Pastikan Anda melakukannya secara bertahap. Lagi pula, Anda juga melakukan yoga untuk menenangkan diri!

Jika Anda ingin belajar lebih lanjut tentang yoga, Anda juga bisa membaca tentang beberapa film dokumenter yoga yang disarankan di sini.

Bagikan

Para pembaca kami menyukai artikel ini
Apa artikel ini berguna untuk mu?

Tidak ada informasi yang bergunaOke, namun masih harus ditingkatkanArtikel ini cukup bermanfaatTerima kasih! Artikel ini sangat bermanfaatPuas sekali dengan artikel ini (Berikan penilaian anda)
Loading...
avatar