Bimbingan Akademik Musik Seni dan hobi Bahasa Olahraga dan kesehatan
Bagikan

Film Dokumenter Terbaik tentang Yoga dan Meditasi

Oleh , dipublikasikan pada 21/05/2019 Blog > Olahraga dan kesehatan > Yoga > Untuk Memotivasi Anda Dalam Berlatih Yoga, Lihatlah Beberapa Rekomendasi Film Dokumenter Berikut!

Apakah Anda sulit rileks? Jika Anda merasa perlu meremajakan diri, melakukan yoga dan bermeditasi adalah cara yang bagus untuk mewujudkan tujuan tersebut, baik di kelas grup yoga atau melakukannya sendiri di rumah.

Latihan pernapasan, peregangan, relaksasi… Apa perbedaan antara yoga dan meditasi? Apa manfaat yoga dan meditasi untuk Anda yang terlalu banyak bekerja?Bagaimana cara melakukan yoga dan meditasi?

Cukup ikuti saran kami dan Anda akan segera mendapat manfaat dari kedua aktivitas tersebut.

Apa itu Yoga?

Kata “yoga” berasal dari bahasa Sansekerta “yug”, yang berarti penyatuan – penyatuan atau penyelarasan tubuh dan pikiran. Olahraga kuno yang berasal dari India ini berfokus pada pose tubuh (asana) dan latihan pernapasan (pranayama).

dalam yoga anda akan melepaskan semua permasalahan dunia Lepaskan segala kekhawatiran dan kegelisahan Anda. (Sumber: mohamed_hassan)

Namun, yoga lebih dari sekadar senam. Kelas yoga melangkah lebih jauh daripada kelas senam dengan memasukkan unsur meditasi. Program yoga berfokus untuk memadukan aspek fisik, psikologis, dan spiritual.

Meditasi kesadaran (berkonsentrasi dengan sesuatu yang sedang dilakukan) adalah inti dari yoga. Mengatur tubuh untuk melakukan berbagai pose dapat membantu Anda merasa lega sehingga menghasilkan relaksasi fisik dan mental.

Sisi yang bagus dari yoga adalah siapa pun bisa berlatihnya. Saat pertama kali memulai, Anda tidak perlu memiliki keterampilan fisik tertentu.

Ini adalah aktivitas yang dapat Anda integrasikan secara alami ke dalam kehidupan sehari-hari.Jika Anda masih belum yakin, ingat bahwa yoga juga bisa mengubah cara berpikir Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk lebih banyak menemukan keharmonisan dalam hidup.

Melakukan yoga secara teratur bisa membantu melenturkan tubuh, mengencangkan otot, dan mengontrol emosi sehingga meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi stres. Alhasil, tubuh dan pikiran Anda akan terasa lebih baik!

Untuk menemukan kelas yoga di semua daerah di Indonesia, Anda tidak perlu melakukan pencarian di internet dengan kata kunci kelas yoga di dekat saya. Anda bisa langsung mengunjungi Superprof!

Berbagai Jenis Yoga

Yoga terdidir dari banyak jenis dan jenis yoga yang paling populer adalah Hatha Yoga dan Vinyasa Yoga.

Hatha Yoga

Ini adalah jenis yoga yang tertua dan yang paling tradisional.Hatha Yoga berfungsi untuk menyelaraskan pikiran, tubuh, hati, dan jiwa Anda.Siapa pun dapat melakukan jenis yoga ini karena ada banyak pose, latihan pernapasan, latihan kelenturan, dan relaksasi dengan berbagai tingkat kesulitan.

Berkonsentrasi pada pernapasan dapat membantu Anda memutuskan hubungan dengan dunia luar dan semua tekanan yang menyertainya. Sejumlah pose seperti surya namaskar (sun salutation) dapat membantu mengatasi sakit punggung.

Vinyasa Yoga

Vinyasa Yoga berfokus pada transisi dari satu pose ke pose lainnya dengan lembut sambil mengendalikan pernapasan. Yoga jenis ini lebih bebas daripada Ashtanga Yoga dan lebih merangsang kreativitas karena Anda bebas menentukan urutan serangkaian pose yang ingin Anda lakukan.

Vinyasa Yoga juga cukup berat dan cocok untuk mereka yang suka melakukan latihan fisik.

Temukan juga cara melakukan yoga sebagai seorang pelari

Ashtanga Yoga

Jenis yoga ini agak dinamis dan cocok untuk mereka yang berada dalam kondisi tubuh yang sangat baik. Awalnya dirancang untuk melatih pasukan dalam seni perang, jenis yoga ini mencakup sejumlah “Pose prajurit”.

Anda harus beralih dari satu posisi ke posisi lain dengan cepat dan mempertahankan pose tertentu saat Anda fokus pada pernapasan dalam. Ashtanga Yoga bisa memperkuat otot dan meningkatkan kelenturan tubuh.

Ada beberapa jenis yoga baru seperti Acroyoga, yang memadukan pose (asana) dengan akrobat, tarian,, dan pijatan ala Thailand!

Jika Anda menyukai ketinggian, cobalah Yoga Anti-gravitasi dengan bergelantungan pada tali dan beralih dari satu pose ke pose tanpa menyentuh tanah! Ikatkan diri Anda dengan kuat pada tali sebelum bermeditasi.

Ada beberapa jenis yoga yang bisa Anda pilih tergantung situasinya:

  • Prenatal Yoga
  • Kundalini Yoga
  • Dynamic Yoga
  • The Yoga of Sound
  • Nidra Yoga

Cari tahu cara memulai berlatih yoga di rumah

Apa Manfaat Meditasi?

Meditasi dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental serta dapat menghilangkan stres sambil berfokus pada emosi dan perasaan.

yoga menjadi berhasil kalau anda rileks Rilekslah dan berfokuslah pada sesuatu yang sedang Anda lakukan. (Sumber: leninscape)

Dalam bukunya Siddhartha’s Brain: Unlocking the Ancient Science of Enlightenment, James Kingsland berfokus pada psikologi Buddhis dan penelitian tentang mindfulness.

Setelah bermeditasi daam beberapa minggu, area otak yang terlibat dalam pembelajaran, ingatan, dan pengendalian emosi mengalami perubahan.Setelah melakukan meditasi dengan lebih intens, area yang terkait dengan stres mulai berkurang dan area yang terlibat dengan pengendalian diri mulai terstimulasi.

Meditasi selama lima belas menit per hari sudah cukup untuk meningkatkan kesejahteraan kita.Walaupun dulu dipandang sebagai disiplin yang kuno, sekarang meditasi menjadi semakin populer.Dengan berfokus pada pikiran dan pernapasan, aktivitas introspektif ini membantu mengurangi tekanan fisik dan mental.

Meditasi sangat mudah dipraktikkan. Anda hanya perlu menemukan tempat yang tenang seperti di tempat tidur, kursi, atau di lantai.

Setelah menemukan posisi yang nyaman di atas matras yoga, mendapatkan bimbingan dari orang lain, atau belajar sendiri, Anda bisa belajar memahami perasaan dan berfokus pada sesuatu yang sedang Anda lakukan.Anda hanya perlu melatih diri sendiri untuk sepenuhnya mempelajari cara melepaskan segala beban.

Baca juga teknik meditasi berikut ini

Video Pelatihan Yoga dan Meditasi di YouTube

Jika Anda ingin belajar lebih lanjut tentang yoga dan meditasi, manfaatnya, serta cara praktiknya, ada sejumlah channel YouTube yang harus Anda kunjungi. Berikut daftar lengkap channel pilihan kami:

Yoga with Adriene

Saluran YouTube yang dikelola oleh Adriene ini memiliki beragam video yoga yang bagus. Anda bisa melakukan yoga untuk berbagai tujuan. Entah itu video yoga untuk pelari, video yoga untuk menurunkan berat badan, atau video tentang program yoga sebelum tidur, Anda akan menemukan banyak video yang tepat tentang program yoga rutin untuk Anda. Banyak juga video yang bagus untuk pemula.

Kino Yoga

Kino sang pengelola channel ini adalah seorang yogi berpengalaman dan salah satu guru yoga paling populer di YouTube. Channel menawarkan video pelatihan yoga yang bagus untuk mereka yang belajar yoga. Jika Anda mencari cara melakukan pose tertentu, ini adalah channel yang harus Anda kunjungi terlebih dahulu.

Tara Stiles

Tara Stiles adalah perancang Strala Yoga, sebuah metode yoga dinamis yang bisa dilakukan dengan musik.

Segera kunjungi channel YouTube-nya. Jika Anda tidak terlalu tertarik untuk benar-benar menekuni yoga, Anda bisa mempelajari program yoga yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan dan memperkuat diri. Jika Anda ingin melakukan program yoga khusus, mengapa tidak mencoba prenatal yoga saja?

Ikuti panduan kami untuk memilih matras yoga yang tepat

DVD Terbaik tentang Pelatihan Yoga dan Meditasi

Latihan Yoga Dasar untuk Pemula, Sara Ivanhoe

Program yoga untuk pemula ini disusun oleh para ahli dan disampaikan dengan cara yang menyenangkan. Anda akan menguasai dua belas pose yoga penting, teknik pernapasan, dan cara merelaksasi dan mengencangkan otot Anda melalui pose yoga.

belajar yoga tak harus keluar rumah Pelajari lebih lanjut tentang yoga dan meditasi dengan menonton video tanpa harus meninggalkan nyamannya suasana rumah sendiri. (Sumber: Foto-Gratis)

Yoga untuk  para pemula, Susan Fulton

Anda bisa belajar yoga dengan cepat dan menjadi lebih fleksibel berkat latihan untuk pemula dalam DVD ini. Berbagai pose yoga dijelaskan dengan jelas dan Anda bisa menggerakkan tubuh Anda mengikuti irama musik yang menenangkan. DVD ini sangat cocok untuk memulai berlatih yoga.

Meditasi untuk pemula & peregangan dengan penuh perhatian bersama Nadia Narain

Program meditasi untuk pemula ini memberikan beberapa saran yang bagus tentang cara mengintegrasikan meditasi ke dalam kehidupan sehari-hari Anda. Program ini berdurasi antara 5 sampai 10 menit dan bagus untuk:

  • Pernapasan
  • Pelepasan stres
  • Peremajaan
  • Peregangan
  • Penghargaan diri, dan lain-lain.

Yoga menyelamatkan Anda dari Nyeri Punggung, Desire Rumbaugh

Apakah Anda memiliki penyakit punggung atau ingin memperkuat punggung Anda? Gunakan metode yang dirancang untuk meningkatkan otot punggung dan meringankan sakit punggung dalam DVD ini. Metode ini juga membantu menghilangkan tekanan mental.

Anda akan segera mulai merasa jauh lebih baik!

Saya menemukan guru yoga yang hebat dari Jakarta melalui Superprof dengan mencari kelas yoga di dekat saya!

Sekarang, temukan jawaban untuk semua pertanyaan Anda seputar yoga di FAQ kami

Bagikan

Para pembaca kami menyukai artikel ini
Apa artikel ini berguna untuk mu?

Tidak ada informasi yang bergunaOke, namun masih harus ditingkatkanArtikel ini cukup bermanfaatTerima kasih! Artikel ini sangat bermanfaatPuas sekali dengan artikel ini (Berikan penilaian anda)
Loading...
avatar