Bimbingan Akademik Musik Seni dan hobi Bahasa Olahraga dan kesehatan
Bagikan

Cara Menggabungkan Olahraga Lari dan Yoga

Oleh , dipublikasikan pada 21/05/2019 Blog > Olahraga dan kesehatan > Yoga > Pernahkah Anda Membayang Bagaimana Jadinya Jika Yoga Dan Lari Digabungkan?

Yoga dan olahraga lari menjadi sebuah kombinasi olahraga yang sangat digemari dalam beberapa tahun terakhir. Kelas yoga menjadi semakin popular, begitu juga olahraga lari. Kepopuleran yoga dan olahraga lari tidak lepas dari manfaat kesehatan gabungan dari dua kegiatan ini.

Keuntungan fisik:

  • Meningkatkan kinerja jantung dan otot (olahraga lari)
  • Peregangan dan penguatan otot (yoga)

Keuntungan mental:

  • Sekresi endorfin (hormon memicu perasaan senang, tenang, atau bahagia) selama kegiatan olahraga.
  • Relaksasi dan meditasi

Selain itu, yoga bermanfaat untuk mengurangi sakit punggung, meningkatkan kebahagiaan, meningkatkan sistem pencernaan, tidak hanya sekadar menanggulangi efek negatif yang dapat ditimbulkan oleh olahraga lari pada sendi dan postur Anda.Yoga adalah solusi yang sempurna untuk pelari.

Apakah Anda adalah seorang atlet yang ingin menghadiri kelas yoga atau Anda benar-benar pemula, kedua aktivitas ini sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental Anda.Jika Anda ingin belajar lebih lanjut tentang filosofi yoga, baca juga postingan blog tentang film dokumenter seputar yoga disini.

Yoga: Olahraga yang Sempurna untuk Menguatkan Otot

Regangkan Otot Anda

Mengapa atlet profesional mendapat pijatan secara teratur?

Pijatan yang teratur bisa membantu melemaskan otot mereka. Jika Anda tidak bisa mendapatkan pijatan setelah setiap sesi latihan, peregangan adalah cara yang baik untuk merawat tubuh Anda.

yoga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh olahraga lain Yoga dapat memberikan manfaat yang tidak bisa Anda dapatkan dari olahraga lari. (Sumber: StockSnap)

Apakah Anda masih ingat bagaimana guru olahraga di sekolah Anda dahulu menyuruh Anda melakukan peregangan sebelum dan sesudah berlari? Peregangan tidak hanya berfungsi untuk meminimalisir rasa sakit pada otot-otot Anda di hari berikutnya, tetapi juga untuk meningkatkan manfaat berolahraga.

Rasa sakit dan nyeri sendi yang Anda rasakan di hari berikutnya merupakan akibat dari otot Anda yang menyusut. Otot bisa menyusut karena masih agak tegang setelah berolahraga (anggap saja seperti kram ringan). Peregangan akan membantu otot mempertahankan elastisitasnya serta meningkatkan fleksibilitasnya juga.

Yoga tidak hanya membantu Anda dalam hal peregangan otot, tetapi juga memaksa Anda untuk menggunakan seluruh tubuh Anda. Bahkan jika Anda melakukan yoga di rumah dan tidak memiliki guru yoga, Anda tetap bisa mengurangi tekanan serta menikmati manfaat pemulihan yang didapat berkat melakukan yoga kapan pun dan di mana pun Anda berada.

Cari tahu bagaimana cara memulai belajar bermeditasi

Tonus Otot dan Mengenali Tubuh Anda

Mengencangkan otot, bukan membuat Anda berotot!

Yoga dapat membantu Anda mengencangkan otot. Meskipun Anda tidak melakukan angkat beban, Anda tetap akan menopang bobot Anda dalam melakukan semua pose. Karena itu, yoga bukanlah olahraga yang sia-sia dan semua usaha Anda akan membuahkan hasil berupa meningkatnya kekuatan fisik Anda!

Pose yoga memaksa Anda untuk menggunakan hampir semua otot di tubuh Anda.Pada saat yang sama, pose yoga juga dapat membantu menyelaraskan pikiran dan tubuh Anda, serta membantu Anda mendapatkan kesadaran dan pemahaman yang lebih baik tentang diri Anda.

Yoga juga bisa membantu Anda mengendalikan pernapasan.

Beberapa pose yoga, seperti sejumlah pose dalam Pranayama Yoga, dapat melemaskan otot-otot interkostal sehingga meningkatkan fleksibilitas tulang rusuk dan meningkatkan kapasitas paru-paru. Seiring berjalannya waktu, yoga akan memberikan efek positif terhadap daya tahan Anda seperti tidak kehabisan napas setelah berlari.

Pose Yoga Terbaik untuk Para Pelari

Ada sejumlah pose yoga yang cocok untuk pelari. Anda bisa memilih dan mempelajari pose yang terbaik untuk Anda di kemudian hari. Untuk sementara, berikut adalah beberapa pose yang paling umum untuk para pelari.

lambil matras anda lalu lakukanlah yoga dimana saja Anda hampir bisa melakukan yoga di mana saja! (Sumber: vitieubao)

Jangan lupa, Anda bisa melakukan posisi lotus untuk menghilangkan nyeri sendi.

Pose Yoga untuk Melatih Keseimbangan dan Pernapasan

Pose ini sangat bagus untuk memulai sesi yoga sederhana sebelum Anda berlari.

Ketahuilah bahwa Anda membutuhkan matras yoga untuk melakukan beberapa pose berikut ini.

  • UtthitaAshwaSanchalanasana: Memperkuat paha dan lengan serta meningkatkan keseimbangan.
  • Pose merpati: Meningkatkan fleksibilitas pinggul.
  • Downward-facing dog: Meregangkan otot di seluruh tubuh serta memulihkan tenaga.
  • Upward-facing dog: Baik untuk tulang belakang dan tulang rusuk Anda.
  • Pose anak: dapat menenangkan tubuh dan pikiran serta membuat Anda tetap tenang.
  • Pose Kursi: Memperkuat paha dan pergelangan kaki.
  • Phalakasana: Memperkuat otot perut.
  • Pose ikan: Meregangkan area dada dan leher.

Beberapa pose akan lebih baik jika dilakukan secara berurutan. Misalnya, Anda bisa melakukan pose downward-facing dog lalu kemudian pose merpati.

Anda bisa menentukan rangkaian pose Anda sendiri. Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa pose setelah berlari untuk melonggarkan sendi.

Pelajari cara memilih matras yoga yang sempurna!

Rangkaian Pose Yoga Dinamis untuk Pelari guna Meningkatkan Daya Tahan

Tidak semua pose yoga direkomendasikan untuk pemula. Namun, semuanya tetap bermanfaat bagi pelari karena dapat memperkuat sejumlah otot yang telah kita bahas.

Sekali lagi, ketahuilah bahwa Anda membutuhkan matras yoga untuk melakukan beberapa pose berikut ini.

  • Anjaneyasana: Meregangkan dan melatih paha. Pose ini memiliki beberapa variasi untuk melatih batang tubuh (torso) dan pinggul Anda secara bersamaan.
  • Three-legged downward dog: Pose fisik dapat ini meningkatkan fleksibilitas pinggul dan otot fleksor.
  • Camatkarasana: variasi pose upward-facing dog yang rumit (yang dapat diikuti dengan pose three-legged downward dog)
  • Pose half lord of the fishes: Menyejajarkan tulang belakang Anda.
  • Pose Marichi: mengencangkan perut dan meredakan sakit punggung.
  • Pose segitiga: menguatkan pinggang, kaki, dan tulang belakang.
  • Pose kapal: menguatkan pinggang, kaki, punggung, otot perut, dan punggung.

Beberapa pose dapat dilakukan dengan berdiri dan ada juga yang bisa dilakukan sambil duduk atau berbaring. Sekali lagi, Anda harus mencari tahu pose mana yang cocok untuk Anda dan yang menunjang olahraga lari Anda.

pose pohon adalah yang paling fleksibel karena bisa dilakukan tanpa matras Pose pohon adalah salah satu posisi yoga yang bisa Anda lakukan tanpa matras. (Sumber: FreeToUseSounds)

Tingkatkan Kardio Anda dengan Yoga dan Olahraga Lari

Yoga memili banyak manfaat, begitu juga olahraga lari.olahraga ini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan memperkuat jantung dan mengurangi stres, serta dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Olahraga kardio lebih mudah dilakukan daripada dari pose yoga, Anda hanya perlu berlari tanpa perlu memikirkan apa pun.Hampir semua orang bisa melakukannya dan olahraga ini sangat menyenangkan.

Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dengan melakukan olahraga kardio. Bahkan, Anda akan meningkatkan daya tahan tubuh Anda dengan jogging selama 20, 45, atau 50 menit.Aktivitas ini memang bagus untuk jantung Anda, namun Anda mungkin akan bosan. Jadi, selama beberapa detik atau beberapa menit, Anda bisa keluar dari zona nyaman Anda untuk mencoba hal baru dan menjadi semakin percaya diri.

Pada dasarnya, olahraga kardio dibagi menjadi tiga tipe:

  • Pemanasan/Pemulihan: 50% dari denyut jantung maksimum
  • Daya tahan: setidaknya 60% dari denyut jantung maksimum
  • Resistansi: setidaknya 80% dari denyut jantung maksimum

Olahraga lari termasuk ke dalam tipe daya tahan (60% sampai 70% dari denyut jantung maksimum).Untuk meningkatkan performa, Anda bisa memadukannya dengan tipe resistansi dan diikuti dengan tipe pemanasan baik di tengah-tengah lari atau setelahnya.

Jangan berlari terlalu cepat terlalu lama. Olahraga kardio memang bagus, tetapi jangan sampai Anda melukai diri sendiri! Di sisi lain, olahraga lari akan lebih memberikan manfaat untuk pergelangan kaki Anda jika Anda berlari sambil melakukan sedikit olahraga dengan tubuh bagian atas. Inilah sebabnya mengapa olahraga lari dan yoga sangat bagus untuk dipadukan.

Pelajari pose yoga yang mudah untuk pemula

jika anda suka olahraga kenapa tidak melakukan yoga sekalian Karena Anda harus melakukan peregangan sebelum berlari, mengapa tidak melakukan yoga sekalian? (Sumber: silviarita)

Bagaimana Cara Menggabungkan Yoga dan Olahraga Lari?

Selain karena keduanya bagus untuk kesehatan Anda, kedua olahraga ini bisa saling melengkapi karena keduanya juga bisa dilakukan di tempat yang sama. Anda bisa menghemat waktu karena keduanya bisa dilakukan secara bersamaan.

Secara garis besar, Anda hanya perlu melakukan pose yoga sebelum, selama, atau sesudah lari. Beberapa orang mungkin bertanya:

Bagaimana saya bisa membawa matras dan balok yoga ketika saya berlari?

Itu pertanyaan yang bagus! Tidak semua orang memiliki taman kecil yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat menggelar matras yoga setelah berlari.Matras yoga memang sangat berguna, dan tentunya Anda tidak ingin meninggalkannya di sebelah pintu masuk karena bisa terjepit.

Jika ini masalahnya, inilah cara menggabungkan yoga dan olahraga lari tanpa harus membawa banyak barang.

Lakukan sejumlah Pose Yoga Sebelum Jogging

Lakukan sejumlah pose yoga yang cocok untuk pelari sebagai peregangan sebelum Anda mulai berlari. Anda bisa melakukannya di luar rumah tanpa matras yoga atau dengan matras yoga di dalam rumah sebelum pergi berlari. Ini adalah cara yang bagus untuk mencegah rasa nyeri ketika Anda mulai berlari.

Selama dan Setelah berlari tanpa Matras Yoga

Pose yoga yang bertumpu pada lutut dan pergelangan kaki tidak selalu membutuhkan matras, Anda hanya perlu mencari permukaan yang halus.

Seperti ketika melakukan pose upward-facing dog, Anda bisa menumpukan kaki dan pergelangan kaki dengan nyaman di atas rumput.

Tidak ada salahnya juga berinvestasi dengan membeli bantalan lutut.Anda bisa mencari jenis bantalan lutut khusus untuk yoga berbentuk seperti spons kecil yang menutupi lutut. Bantalan semacam ini sangat berguna untuk melakukan yoga di luar rumah.

Lalu jika melakukan pose berlari? Mungkin Anda harus memasukkan bantalan tersebut ke dalam saku atau ke dalam tas kecil. Keuntungan dari bantalan lutut ini adalah harganya tidak terlalu mahal dan dapat melindungi lutut Anda dari luka.

Anda juga tidak perlu membawa balok yoga setiap saat. Kusen jendela, langkan, batu, batang kayu, dan tunggul pohon dapat digunakan untuk melakukan sejumlah pose.

Temukan jawaban untuk sejumlah pertanyaan umum seputar yoga

Peralatan Apa yang Diperlukan untuk Memadukan Yoga dengan Olahraga Lari?

Jika Anda ingin memadukan yoga dengan olahraga lari, mungkin Anda perlu menyiapkan peralatan yang dapat digunakan untuk keduanya.

Peralatan yang kami maksud seperti:

  • Pakaian yang nyaman: celana yoga.
  • Sepatu lari
  • Matras atau bantalan lutut
  • Bra sport
  • Air minum

Lebih dari sekedar Menghemat Waktu

Yoga adalah olahraga yang melibatkan pikiran. Jika Anda ingin menggabungkan olahraga lari dan yoga, Anda tidak boleh menyamakannya pose yoga yang Anda lakukan dengan gerakan senam. Anda harus melibatkan pikiran Anda di dalamnya serta melepaskan segala beban.

Yoga merupakan salah satu jenis meditasi spiritual yang memberikan manfaat untuk tubuh dan membuat Anda rileks.Anda akan segera merasakan manfaatnya. Itulah mengapa yoga sangat bagus untuk dipadukan dengan olahraga lari.

Jika Anda memiliki instruktur yoga pribadi yang bisa melatih Anda, Anda harus meminta saran kepada mereka tentang program yoga rutin, matras yoga yang harus dipilih, cara terbaik untuk melakukan pemanasan guna menghindari cedera, dan berbagai jenis yoga (Ashtanga Yoga, Hatha Yoga, Vinyasa Yoga, dan lain-lain). Jika tidak, jangan lupa bahwa ada banyak video yoga yang bisa Anda tonton secara online. Temukan program yoga rutin yang sesuai untuk Anda dan segera lakukan pose yang Anda suka! Sekarang, temukan sejumlah film dokumenter tentang yoga pilihan kami.

Sekarang, Anda tentu sudah memiliki gambaran tentang cara memadukan yoga dengan olahraga lari, segala peralatan yang perlu disiapkan (meskipun tidak banyak), dan sejumlah manfaat yang bisa didapatkan. Dengan ini, Anda bisa melakukan dua jenis olahraga dalam waktu yang sama dan di tempat yang sama pula. Jika Anda masih bingung, jangan ragu untuk mencari instruktur yoga privat, terutama jika Anda memiliki uang lebih. Daripada menghabiskan uang untuk berbelanja dan membeli barang-barang yang tidak penting, mengapa tidak menginvestasikannya untuk kesehatan Anda saja?

Bagikan

Para pembaca kami menyukai artikel ini
Apa artikel ini berguna untuk mu?

Tidak ada informasi yang bergunaOke, namun masih harus ditingkatkanArtikel ini cukup bermanfaatTerima kasih! Artikel ini sangat bermanfaatPuas sekali dengan artikel ini (Berikan penilaian anda)
Loading...
avatar