Bimbingan Akademik Musik Seni dan hobi Bahasa Olahraga dan kesehatan Les privat
Bagikan

Nutrisi dan 5 Kelompok Olahan Susu

Oleh Kurniawan, dipublikasikan pada 14/05/2019 Blog > Olahraga dan kesehatan > Nutrisi > Anda Serius Ingin Hidup Sehat? Pelajarilah Tentang 5 Kelompok Makanan Berikut!

Jadikan makanan obat Anda dan obat menjadi makanan Anda

Hippocrates

Ada banyak informasi di luar sana mengenai nutrisi: apa yang harus kita makan ketika kita harus mengkonsumsinya dan apa yang harus kita hindari. Tetapi, banyaknya informasi, terutama secara online, biasanya membingungkan.

Biasanya, kita dibombardir dengan gaya diet atau makanan bernutrisi terbaru, dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita agar dapat berfungsi dengan baik nampaknya telah berubah seiring dengan trend saat ini. Dengan berbagai macam pilihan yang ada di rak-rak supermarket saat ini, membuatnya jadi lebih mudah untuk melupakan nutrisi dasar yang diperlukan. Apa saja kah nutrisi pokok itu? Berapa banyak yang harus kita makan? Harus kah kita membeli makanan bernutrisi terbaru? Tidak apa jika kita merasa sedikit kebingungan dan membutuhkan sedikit bantuan untuk memahami dasar-dasarnya.

Dalam menyediakan berbagai informasi dasar dan membantu Anda dalam mejawab pertanyaan-pertanyaan ini, kami dapat memulainya dengan saran sederhana dari pemerintah.

British Nutriton Foundation memberikan lima kelompok makanan yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, tubuh kita akan mendapatkan varian nutrisi yang tepat. Pada Maret 2016, program pemerintah bertajuk Pola Makan Seimbang dapat dijadikan panduan dalam menutrisi dan membantu kita untuk memahami bagimana makanan dibedakan sesuai dengan porsi yang dibutuhkan tubuh seperti karbohidrat, lemak, protein, buah dan sayuran, dan susu (masih diperdebatkan).

Terdapat perdebatan mengenai apakah semua makanan yang ada pada panduan ini memang penting atau kah sama sehatnya seperti apa yang biasa kita percayai. Namun, inilah argumen tentang 5 kelompok makanan dan alternatifnya yang bisa juga disajikan sebagai panduan pola hidup sehat.

pola makan yang benar dapat dipelajari Pola Makan Seimbang: 5 kelompok makanan yang bernutris penting (Sumber: British Nutrition Foundaton)

Karbohidrat

Salah satu dari tiga nutrisi penting untuk dikonsumsi dalam kebutuhan sehari-hari, karbohidrat muncul sebagai salah satu dari kelompok makanan utama dalam Pola Makan Seimbang. Diet rendah lemak bertujuan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kelompok makanan ini dari pola makan kita, namun hal ini berarti bahwa tubuh kita akan menjadi lesu dan akhirnya kita hanya memiliki sedikit energi.

Karbohidrat penting untuk membantu tubuh kita agar dapat berfungsi dengan baik dan mengeluarkan energi secara efisien. Sebagamana inti dari Pola Makan Seimbang, kelompok ini memasukkan makanan seperti roti, pasta, kentang, nasi, dan sereal.

Pola makan ini juga menganjurkan untuk ‘memilih makanan berbahan dasar gandum atau berserat tinggi dengan sedikit lemak, garam dan gula’. Sehingga, disarankan untuk menghindari makanan olahan sebanyak mungkin, seperi roti tawar, nasi putih dan pasta, kemudian menggantinya dengan gandum yang hanya melalui sedikit proses pengolahan dan melepaskan energi lebih lambat.

Protein

Yang kedua, apa yang kita sebut dengan makronutrien adalah protein. Nutrisi ini sering disalah pahami. Pola Makan Seimbang memberikan berbagai pilihan dalam kelompok makanan yang menyediakan sumber protein seperti ikan, telur, kacang-kacangan dan bij-bijian, serta daging. Pola makan ini menyarankan untuk ‘memakan lebih banyak kacang-kacangan dan biji-bijian, 2 porsi ikan hasil budi daya per minggu, khususnya yang mengandung minyak,’ dan ‘memakan sedikit daging olahan dan yang tidak terlalu merah.’

Sebagai gantinya, mengingat sebuah penelitan 10 tahun terakhir ini yang menunjukkan sisi bahaya dari mengosumsi daging dan ikan dalam jumlah besar, terdapat banyak manfaat bagi kesehatan apabila mengkonsumsi makanan nabati berprotein tinggi, yang dapat melindungi tubuh dari penyakit serius, seperti penyakit jantung dan stroke.

Industri telur juga telah diperingatkan untuk menghindari penggunaan kata ‘sehat’ atau ‘bernutrisi’ dalam periklanannya pada tahun-tahun terakhir ini disebabkan adanya kolesterol tinggi yang terkandung di dalamnya. Maka dari itu, para ahli gizi menekankan, meskipun bertentangan, sumber protein terbaik terdapat pada kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau termasuk bayam, brokoli, dan kacang polong.

mongkonsumsi sayuran hijau berarti mengkonsumsi protein Sayuran hijau merupakan cara sehat untuk mengkonsumsi protein. (Sumber: Pixabay)

Lemak

Nutrisi terakhir yang berasal dari tiga makronutrien dan penting untuk menjaga pola hidup sehat adalah lemak. Pola Makan Seimbang memiliki sedikit bagian yang bisa digolongkan ke dalam lemak, namun hal ini hanya mengacu pada minyak dan olahannya, serta dianjurkan untuk mengkonsumsinya ‘dalam jumlah kecil’. Saran ini berlaku pada minyak olahan dan lemak jenuh seperti keju, mentega, dan daging. Tetapi, informasi mengenai lemak biasanya membingungkan dan juga disalah artikan.

Lemak memiliki bentuk yang berbeda, dan salah satu dari bentuk ini merupakan apa yang sekarang kita sebut dengan ‘lemak baik’. ‘Lemak baik’ ini mengandung lemak tak jenuh jamak dan lemak tak jenuh tunggal yang dapat meminimalisir resiko penyakit jantung karena memiliki tingkat kolesterol yang rendah sehingga dapat membantu menyeimbangkan hormon; mempercantik kulit, dan mempertahankan kesehatan metabolism.

Makanan seperti kacang, alpukat, biji-bijian dan minyak mentah dianggap sebagai lemak baik dan bagus untuk kesehatan kita.

Buah dan Sayuran

Kali ini merupakan kelompok makanan yang harus dimakan dalam ukuran yang seimbang dengan karbohidrat. Saran umumnya adalah untuk mengkonsumsi lima porsi buah dan sayur per hari. Tetapi, lebih banyak yang Anda makan, terlebih sebagai pengganti makanan ringan yang tidak sehat dengan kadar gula dan garam yang tinggi, akan lebih baik pula kesehatan Anda secara keseluruhan.

Kelompok makanan ini memiliki kandungan vitamin dan mineral terbanyak, yang banyak terkandung pada buah-buahan dan sayur-sayuran untuk membantu perkembangan tubuh. Buah-buahan dan sayur-sayuran juga menjaga sistem imun agar tetap kuat, untuk membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Izinkan Superprof membantu Anda mencari kelas gizi!

Susu

Kelompok makanan ini dan konsumsi produk olahan susu menjadi semakin diperdebatkan. Susu merupakan kelompok makanan yang berbeda karena kebutuhan kalsium pada tubuh, sebuah nutrisi untuk kesehatan gigi dan tulang. Susu kaya akan kalsium dan masih dipertimbangkan oleh banyak orang sebagai sumber terbaik nutrisi tersebut.

Tetapi, penelitian terbaru menunjukan bahwa meski pun produk ini mengandung kalsium, mereka bisa saja mengandung lemak jenuh yang tinggi. Susu juga bisa menyebabkan berbagai alergi. Mengkonsumsi makanan dan minuman hasil olahan susu dalam jumlah yang besar, termasuk susu itu sendiri, keju dan yoghurt bisa menjadi berbahaya untuk tubuh kita dan kesehatan secara keseluruhan dalam jangka panjang. Terdapat juga perdebatan penting seputar peternakan sapi perah.

dulu orang eropa menggunakan susu sebagai menu diet Meski pun susu masih terhitung penting dalam diet di Inggris, orang-orang mulai merubah kebiasaan mereka. (Sumber: Peter Lewiciki di Unsplash)

Sebagai gantinya, susu dapat digantikan melalui alternatif berupa sumber makanan nabati yang bahkan lebih kaya akan kalsium tanpa menimbulkan dampak negatif. Makanan seperti susu berbahan dasar kacang kedelai atau kacang lainya, dan biji-bijian, berlaku juga pada sayur-sayuran seperti kale dan bendi, semuanya mengandung cukup kalsium yang dapat digunakan untuk menghindari susu.

Tidak selalu mudah untuk memahami apa yang tubuh kita butuhkan, tetapi memiliki pengetahuan dasar mengenai kelompok-kelompok makanan dapat menjadi langkah awal dalam memahami kesehatan dan kesejahteraan.

Jangan lupa, kelompok makanan ini hanya merupakan panduan, dan cara untuk menemukan jumlah yang tepat untuk dikonsumsi merupakan hal yang subjektif. Pola makan dapat disesuaikan dengan gaya hidup yang kita gunakan, sukai dan tidak sukai, dan bagaimana tubuh kita bereaksi terhadap makanan tertentu.

Penting juga untuk membaca keterangan di belakang kemasan makanan seperti informasi nutrisi yang biasa menunjukkan kandugan lemak, protein dan karbohidrat serta vitamin dan mineral yang terkandung. Terdapat juga permintaan resmi agar pabrik makanan menunjukkan kandungan lemak, lemak jenuh, gula dan garam yang terkandung dalam suatu produk pada bagian depan kemasan.

Cobalah untuk selalu memakan makanan yang bervariasi. Jangan takut untuk menambahkan bumbu dan rempah yang berbeda pada setiap makanan, karena hal ini tidak hanya meningkatkan rasa dan memberi warna, tetapi juga memberikan keuntungan tambahan untuk kesehatan.

nutrisi bisa membantu orak dalam menentukan pilihan terbaik Memahami nutrisi dasar dapat membantu kita untuk membuat pilihan yang lebih sehat. (Sumber: Brooke Lark di Unsplash)

Akhir kata, penting untuk makan setidaknya tiga kali sehari agar dapat mempertahankan energi; melewatkan makan hanya akan membingungkan proses tubuh dan memperlambat metabolisme. Makanan ringan yang menyehatkan seperti biji-bijian, kacang-kacangan dan buah kaleng bagus untuk memberikan tubuh kita dorongan ekstra agar dapat menjalani hari-hari yang menyibukkan.

Sekali kita memahami pemahaman dasar mengenai nutrisi, kita dapat membuat makanan yang tidak hanya sesuai dengan kebutuhan gizi, tetapi juga sesuai dengan cita rasa kita. Jangan takut untuk bereksperimen dengan makanan, carilah resep, cara memasak dan bersenang-senanglah di dapur; nikmati makan bersama teman dan keluarga.

Jika Anda ingin memahami lebih lanjut mengenai makanan dan nutrisi, mengapa tidak mencari tutor di Superproof. Ambillah kelas memasak sesuai dengan hidangan favoritmu atau sekedar mempelajari dasar-dasarnya. Apapun yang ingin kamu pelajari, Superprof memiliki tutor yang tepat.

Saya menemukan ahli gizi yang hebat di sekitar saya dari Superprof; kamu juga bisa!

Bagikan

Para pembaca kami menyukai artikel ini
Apa artikel ini berguna untuk mu?

Tidak ada informasi yang bergunaOke, namun masih harus ditingkatkanArtikel ini cukup bermanfaatTerima kasih! Artikel ini sangat bermanfaatPuas sekali dengan artikel ini (Berikan penilaian anda)
Loading...
avatar