Bimbingan Akademik Musik Seni dan hobi Bahasa Olahraga dan kesehatan Les privat
Bagikan

Mengapa Buah dan Sayuran Baik untuk Kesehatan Kita?

Oleh Kurniawan, dipublikasikan pada 14/05/2019 Blog > Olahraga dan kesehatan > Nutrisi > Mengapa Manusia Harus Mengkonsumsi Buah Dan Sayur?

Sejak kecil, sebagian besar dari kita sering diminta untuk memakan buah dan sayuran serta diberitahu bahwa makanan yang masuk dalam daftar 4 sehat 5 sempurna ini dapat membantu kita tumbuh besar dan kuat. Kebanyakan dari kita pasti masih ingat ketika mereka diberitahu bahwa memakan wortel bisa menjaga kesehatan mata.

Anak-anak ada yang suka dan ada yang tidak suka makan buah dan sayuran. Biasanya, buah yang manis dan sayuran yang tidak pahit lebih disukai oleh anak-anak. Namun, ketika kita mulai mengerti tentang rasa, kita akan mulai menyukai sekian banyak jenis makanan yang ada di dunia.

Setelah dewasa, kita mulai menyukai cita rasa baru dari berbagai jenis makanan alami serta mulai menyadari betapa pentingnya memakan makanan tersebut. Seperti halnya dalam banyak hal, kita menyadari bahwa selama ini, ternyata yang dikatakan orang tua kita ada benarnya. Buah dan sayuran adalah makanan inti untuk program diet yang sehat.

Eatwell Guide atau panduan tentang makanan yang sehat yang diterbitkan oleh pemerintah Inggris banyak menganjurkan makanan yang alami. Manfaat anjuran memakan lima porsi buah dan sayuran setiap hari yang diserukan oleh pemerintah Inggris pada tahun 2003 dalam sebuah kampanye yang disebut Five-a-day campaign masih terasa sampai hari ini.

Cari tahu tentang lima kelompok makanan yang sehat di sini.

Dorongan untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran sangatlah berfaedah. Makanan-makanan alami tersebut memberikan begitu banyak vitamin dan mineral yang membantu perkembangan tubuh kita. Selain itu, makanan yang alami juga penting untuk kesehatan, organ tubuh, serta proses metabolisme dalam tubuh kita.

banyak kandungan nutrisi penting dalam sayuran Anak-anak diberi dorongan untuk makan sayuran, terutama wortel dan sayuran-sayuran hijau. (Sumber: Brad Stallcup di Unsplash)

Ada begitu banyak jenis buah dan sayuran yang menyehatkan sehingga sulit untuk memaparkan dengan tepat semua nutrisi yang terkandung di dalamnya, dan bagaimana makanan-makanan alami tersebut dapat melindungi, menyembuhkan, serta menjaga tubuh kita.

Buah

Sebagai contoh, apakah Anda tahu bahwa buah kiwi lebih banyak mengandung vitamin C daripada jeruk? Kedua buah ini juga mengandung vitamin E dan vitamin K.

Vitamin C atau asam askorbat memiliki begitu banyak manfaat bagi tubuh seperti menunjang pertumbuhan, perbaikan, dan perkembangan jaringan lunak. Vitamin C juga merupakan antioksidan (antioksidan akan menghapus zat pengoksidasi atau oksidator yang berpotensi membahayakan suatu organisme) yang bisa membantu mencegah banyak penyakit; membantu menyerap zat besi; membentuk kolagen; membantu penyembuhan luka, dan masih banyak lagi.

Vitamin E melindungi tubuh kita dari kerusakan sel serta menjadi antioksidan yang kuat. Oleh karena itu, vitamin ini dapat membantu menunda proses penuaan kulit kita.

Yang terakhir adalah vitamin K, yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan jantung; vitamin K membantu pembekuan darah serta mencegah kalsium agar tidak mengendap dalam arteri kita.

Ini hanyalah beberapa contoh vitamin yang terkandung dalam satu buah. Selain itu, buah-buahan juga memiliki manfaat yang sangat besar sehingga menjadi makanan utama dalam program diet kita! Jangan meremehkan manfaat yang dapat kita peroleh untuk tubuh kita dengan memakan makanan yang tepat karena makanan adalah kuncinya.

Jumlah vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah tampaknya tidak dapat kita hitung. Ada alasan mengapa kita perlu mengonsumsi makanan alami yang diproduksi langsung oleh bumi; selain menyokong pasokan energi kita, makanan-makanan ini juga dapat menyembuhkan dan melindungi tubuh.

Sekarang, kita bisa mengonsumsi lebih banyak jenis buah. Supermarket atau pasar tradisional di kota kita tentu menyediakan banyak pilihan mulai dari jeruk, pisang, dan apel hingga markisa dan mangga ;kita dapat memanfaatkan semua manfaat yang bisa diberikan buah.

Contoh lain buah yang sangat bagus dan bergizi adalah pisang. Buah ini menjadi makanan pokok banyak orang dan bahkan bayi pun menyukainya! Apa manfaat buah yang identik dengan warna kuning ini?

jadikanlah pisang sebagai makanan jika Anda sedang diet Pisang adalah salah satu makanan utama dalam program diet banyak orang. (Sumber: Pop & Zebra di Unsplash)

Pisang bukan hanya sumber karbohidrat dan serat; buah ini juga mengandung mineral, kalium, dan B6. Kalium memungkinkan tubuh untuk mengatur air dan asam dalam darah dan jaringan. Buah ini juga bagus untuk membangun otot, menjaga kinerja saraf, serta membantu ginjal kita menyaring darah.

B6 adalah pengatur suasana hati yang membantu tubuh menghasilkan dua hormon yang disebut serotonin dan norepinefrin. Keduanya membantu mencegah depresi dan mengatasi stres. Jika itu masih belum cukup, buah ini juga membantu tubuh kita untuk memproduksi melatonin, yakni hormon untuk meningkatkan jam biologis yang sehat dan pola tidur.

Berbeda dengan pisang, buah markisa memiliki manfaatnya yang berbeda. Markisa adalah sumber vitamin B3 (niasin) dan zat besi. Vitamin B3 dapat meningkatkan fungsi otak dan pencernaan serta membantu menurunkan kolesterol dan nyeri radang sendi.

Sangat mudah untuk mengonsumsi acar buah yang berwarna – warni serta mengonsumsi berbagai jenis buah setiap hari.Buah-buahan sangat bermanfaat untuk kita dalam banyak hal serta memmbantu kita secara alami.

Sayuran

Sekarang kita beralih ke sayuran dan, seperti buah, ada banyak sayuran yang bisa dipilih. Cara terbaik untuk mengelompokkan sayuran adalah berdasarkan warna dan daunnya.

Sayuran hijau, terutama yang berdaun, seperti kangkung, brokoli, dan bayam kaya akan vitamin C, K dan E, mirip dengan buah kiwi tetapi sayuran-sayuran ini juga tinggi kalsium, vitamin B, dan antioksidan.

Contoh sayuran lain yang sangat bermanfaat adalah sayuran berwarna oranye dan kuning yang cenderung penuh dengan vitamin dan mineral. Sayuran seperti jagung, ubi jalar, paprika, dan wortel kaya akan vitamin A (bagus untuk kesehatan mata serta untuk pemeliharaan gigi, tulang, dan jaringan), potasium, zeaxanthin (mencegah kerusakan retina), dan flavonoid (yang melindungi otak).

Wortel dianggap sebagai sumber beta-karoten terbaik yang ditemukan dalam vitamin A sehingga sayuran yang identik dengan warna oranye ini benar-benar membantu meningkatkan penglihatan kita dalam gelap! Wortel bisa Anda makan mentah sebagai camilan atau bisa dibuat jus. Itulah beberapa cara alternatif untuk menjadikan wortel sebagai asupan nutrisi harian jika Anda tidak suka menambahkan wortel dalam sup.

Waluh (labu butternut squash) juga merupakan sumber vitamin dan mineral di atas. Buah ini enak untuk dijadikan sup, terutama selama musim hujan yang dingin.

Sayuran berwarna merah juga tak kalah dalam hal kandungan nutrisi. Tomat (meskipun secara teknis merupakan buah) adalah contoh yang bagus. Satu tomat mengandung jumlah likopen, antioksidan, dan anti-inflamasi yang tinggi. Sayuran yang satu ini sangat bagus untuk kulit, dapat membantu mencegah pori-pori tersumbat dan berjerawat, serta mengurangi tekanan darah.

Cara Terbaik untuk Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Memperbanyak makan buah dan sayuran sangat bagus untuk tubuh. Namun, akan lebih baik jika Anda memahami waktu dan cara terbaik untuk mengonsumsi kedua makanan alami ini sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal untuk kesehatan Anda.

Buah-buahan paling baik dikonsumsi di pagi hari terutama setelah minum air, atau setiap 30 menit sebelum makan dan 2 jam setelahnya. Jadwal untuk makan buah memang tampak ketat karena pada waktu-waktu yang lain, nutrisinya mungkin tidak akan terserap sepenuhnya oleh tubuh.

Namun, tidak ada salahnya jika Anda suka mencampurkan yoghurt atau sereal dengan buah. Penting juga untuk memakan buah secepat mungkin setelah dipotong demi mencegah hilangnya antioksidan penting. Selain itu, buah yang masih segar atau beku lebih baik daripada buah kalengan.

ciri buah yang banyak mengandung vitamin dan mineral adalah berwarna-warna Buah dan sayuran yang berwarna-warni adalah sumber vitamin dan mineral. (Sumber: Thomas Martinsen di Unsplash)

Hal yang sama berlaku untuk sayuran. Sayuran beku akan tetap mengandung banyak nutrisi tetapi jika sebelum dibekukan dicincang terlebih dahulu, kandungan nutrisinya akan berkurang. Yang paling penting adalah hindari memasaknya dengan cara merebus karena sebagian besar nutrisinya akan terlarut dalam air rebusan. Cara terbaik untuk memasak sayuran adalah dengan mengukusnya tetapi Anda juga bisa memanggang seperti yang banyak dilakukan oleh orang Inggris.

Menariknya, ada beberapa sayuran yang sebenarnya akan lebih baik jika dimasak, termasuk sayuran berwarna merah (tomat) yang telah kita bahas sebelumnya yang banyak mengandung antioksidan yang disebut likopen. Proses memasak akan memecah dinding selnya sehingga menghasilkan lebih banyak mineral.

Secara umum, menjadikan buah dan sayuran sebagai makanan pokok adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menjadi lebih sehat dan bahagia.

Manfaat yang didapat dengan memakan buah-buahan dan sayuran dalam penjelasan di atas masih belum semuanya. Setiap porsi buah atau sayuran dapat mengandung manfaat lain selain yang disebutkan. Sungguh luar biasa banyak jumlah kebaikan alami dan solusi yang diberikan oleh makanan alami ini.

Meskipun kita memiliki banyak pilihan buah dan sayuran, akan lebih baik jika kita membeli produk musiman dalam negeri. Dengan ini, kita dapat mendukung pasar dan pertanian lokal, mengurangi penggunaan kemasan plastik,serta mengurangi jarak tempuh makanan tersebut. Ini bukan berarti kita harus berhenti makan buah dan sayuran yang berasal dari luar Indonesia, tetapi jika ada produk lokal yang tak kalah berkualitas dan lebih terjamin kesegarannya, mengapa kita harus mencari produk lain.

Selain itu, pilihan yang tak kalah menguntungkan adalah menanamnya sendiri. Memang tidak semua dari kita cukup beruntung memiliki pekarangan atau lahan cukup dekat dengan rumah, terutama yang tinggal di kota. Tetapi jika memungkinkan, menanam buah dan sayuran segar bisa menjadi pengalaman yang sangat bermanfaat dan menguntungkan.

Memahami segala sesuatu yang diperlukan oleh buah dan sayuran alami untuk tumbuh dan kemudian memberikan manfaat bagi kita adalah sesuatu yang sering kita lupakan dalam kehidupan dunia modern yang kita jalani. Aktivitas ini dapat menghiangkan penat, membantu menghemat uang, mengurangi jejak karbon kita, serta mengurangi ketergantungan kita terhadap makanan cepat saji.

Baca juga tentang protein dalam diet di sini.

Cari tahu tentang lemak dalam diet di sini.

Temukan lebih lanjut tentang peran produk olahan susu dalam makanan kita di sini.

Sampai di sini, Anda tentunya tidak lagi meragukan manfaat buah dan sayuran. Bahkan, keduanya memiliki banyak sekali manfaat lain selain yang kami uraikan di atas. Kedua makanan alami ini adalah pilihan yang bagus jika Anda ingin hidup dengan lebih sehat dan bahagia, terutama jika Anda ingin mengurangi konsumsi makanan cepat saji yang tidak hanya memiliki kemasan yang sulit terurai, tetapi juga tidak baik untuk kesehatan.

Bagikan

Para pembaca kami menyukai artikel ini
Apa artikel ini berguna untuk mu?

Tidak ada informasi yang bergunaOke, namun masih harus ditingkatkanArtikel ini cukup bermanfaatTerima kasih! Artikel ini sangat bermanfaatPuas sekali dengan artikel ini (Berikan penilaian anda)
Loading...
avatar