Saat benar-benar memahami bahwa pilihan makanan Anda sangat menentukan hidup, Anda dapat melakukan kontrol dan menahan diri tanpa merasa kekurangan.” -Marlene Adelmann

Mencoba diet sehat dan makan makanan baik memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh Institute of Health Metrics dan Evaluation at the University of Washington, 1 dari 5 kematian disebabkan oleh diet buruk. Studi global menemukan bahwa orang hidup lebih lama tetapi mereka menikmati makanan yang merusak kesehatan. Mengonsumsi makanan yang kaya akan garam dan gula tetapi sedikit biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan protein sehat adalah kunci kematian dini. Banyak manfaat dari diet sehat. Anda tidak hanya akan hidup lebih lama, mencegah penyakit mematikan, dan memiliki kualitas hidup yang lebih tinggi tetapi Anda juga akan mendapatkan dampak positif pada mata, rambut, kulit yang lebih sehat, dan sistem pencernaan yang lebih produktif. Jika semua itu tidak dapat meyakinkan Anda untuk memulai hidup sehat, saya tidak tahu lagi harus berkata apa! Banyak yang menolak untuk menjalani gaya hidup sehat karena mereka merasa harus meninggalkan kesenangan mereka terhadap makanan lezat seperti keripik, cokelat susu, hamburger dan keripik yang berminyak, ayam goreng dll. Ini mungkin benar tetapi ada juga banyak makanan yang sama lezatnya dan jauh lebih bermanfaat bagi kesehatan Anda secara menyeluruh. Meninggalkan konsumsi biskuit coklat dan sosis dan memilih kehidupan yang lebih sehat secara keseluruhan akan terasa lebih mudah dari yang pernah Anda pikirkan!

Manfaat Diet Sehat Bagi Mata Kita

Kesehatan mata
Anda perlu merawat mata dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi untuk mata Anda. Sumber: Freepik

Di Indonesia, banyak orang menderita gangguan penglihatan. Melakukan diet sehat di usia muda dengan vitamin, mineral, dan nutrisi yang tepat dapat mencegah Anda dari gangguan penglihatan di masa mendatang! Untuk memperbaiki penglihatan dan menghindari hal yang berhubungan dengan mata seperti katarak dan degenarasi makula, carilah makanan yang tinggi asam lemak omega-3, lutein, zat besi, dan vitamic dan E. Beta-karoten yang berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh Anda juga baik untuk dikonsumsi. Baiklah, mungkin Anda sekarang bertanya-tanya, makanan apa yang mengandung mineral dan vitamin ini semua? Berikut adalah daftar makanan yang dapat meningkatkan kesehatan secara menyeluruh:

  • Sayuran Hijau: kangkung, bayam hijau, dan sawi yang mengandung banyak lutein dan zeaxanthin, kandungan tanaman yang mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi.
  • Salmon: kaya akan asam lemak omega-3, lemak sehat yang tidak hanya cukup untuk diet reguler tetapi juga berkontribusi pada kesehatan mata secara menyeluruh.
  • Telur: dengan nutrisi seperti vitamin A, telur melindungi dari kebutaan malam dan mata kering serta membantu mata menjadi lebih sehat.
  • Legume: Buncis, kacang merah, dan lentil bukan hanya pilihan vegetarian yang luar biasa, tetapi juga dapat melindungi retina dan menurunkan potensi risiko penyakit mata.
  • Buah Citrus: Jeruk, jeruk bali, jeruk nipis, dan limau adalah sumber Vitamin C yang bagus untuk mengurangi kemungkinan berkembangnya katarak dan degenerasi makula.

Diet seimbang dengan makanan sehat dapat mengatasi masalah potensial pada mata. Mengkonsumsi vitamin yang benar baik melalui makanan atau suplemen makanan (kapsul, pil atau cairan) secara mengejutkan lebih mudah daripada yang Anda pikirkan. Makanan seha tuntuk diet yang seimbang dapat mengatasi masalah potensial pada mata. Mengkonsumsi vitamin yang benar baik melalui makanan atau suplemen makanan (kapsul, pil, atau cairan) lebih mudah daripada yang Anda pikirkan. Berikut adalah beberapa ide resep lezat yang mengandung nutrisi baik untuk kesehatan mata yang lebih baik:

  • Salad Halibut Nicoise Panggang,
  • Keju dan Bayam Stuffed Portobellos,
  • Real Man Quiche.

Resep tersebut sangat mudah dibuat dan mengandung apa yang Anda butuhkan untuk menjaga kesehatan mata Anda tetap sempurna!

Manfaat Mengonsumsi Makanan Sehat Bagi Rambut Kita

merawat rambut Anda
Rambut adalah mahkota kaum wanita, penting untuk itu merawat dan menjaganya. Sumber: Pixabay

Pria dan wanita sama-sama terbukti lebih percaya diri jika mereka memiliki rambut yang sehat, kuat, indah, dan bercahaya. Jika Anda menginginkan rambut yang bersinar, diet sehat adalah kuncinya. Tidak banyak orang tahu bahwa kondisi rambut Anda merupakan tanda kesehatan jiwa Anda. Ada beberapa makanan dengan nutrisi penting yang akan membuat rambut Anda bersinar seperti bintang. Berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk Anda konsumsi saat diet sehat:

  • Gandum Utuh: kaya akan biotin, zat besi dan zink. Biotin adalah bahan yang mungkin Anda lihat diiklankan di salah satu botol sampo Anda. Ini karena ia menghasilkan asam amino dan memungkinkan proliferasi sel keduanya penting untuk rambut yang lebih kuat.
  • Yoghurt Yunani: lezat dan dapat dimakan kapan saja, sumber vitamin B5 yang melimpah atau juga dikenal sebagai asam pantotenat yang membantu aliran darah ke kulit kepala, penting untuk pertumbuhan rambut. Maka itulah sebabnya orang-orang Yunani selalu memiliki perawatan yang patut ditiru!
  • Almond Butter: sebagus cara kerjanya. Penyebaran yang halus ini merupakan sumber lemak, protein, dan vitamin esensial yang sehat seperti vitamin E. Uji coba selama 8 bulan terakhir mengungkapkan bahwa mereka yang diberi suplemen vitamin E secara teratur meningkatkan pertumbuhan rambut sebesar 42%!
  • Kayu manis: memberikan oksigen dan nutrisi ke folikel rambut Anda.
  • Wortel: segelas jus wortel setiap hari akan membuat rambut Anda indah! Wortel memiliki kadar vitamin A yang tinggi, penting untuk pertumbuhan semua sel terutama pada rambut.

Rambut rontok berlebihan dan rambut rapuh dapat membuat orang sadar tentang penampilan mereka. Beberapa penelitian membuktikan bahwa rambut rontok dan rambut yang tidak sehat adalah tanda-tanda diet yang buruk. Makanan dan camilan bernutrisi dapat membuat akar rambut lebih kuat dan mencegah kerontokan rambut. Makanlah makanan tersebut untuk mendapatkan kunci sehat dan disukai!

Pengaruh Diet Sehat Bagi Kulit

menjaga kulit Anda
Memiliki kulit yang bersih dan kencang hingga di usia lanjut adalah impian semua orang. Sumber: pixabay

Kulit yang sehat, awet muda, dan bercahaya adalah keinginan setiap orang. Banyak yang khawatir tentang penampilan dan kesehatan kulit mereka karena epidermis adalah organ terbesar yang membuatnya paling mudah untuk diperhatikan. Kulit yang kering, keriput, dan berjerawat seringkali merupakan hasil dari stres dan diet yang buruk. Diet sehat dengan nutrisi yang tepat dapat membuat kulit terlihat lebih muda dan memberi Anda kebutuhan yang diinginkan. Merawat kulit Anda selama masa muda akan menghasilkan lebih sedikit kerutan di masa mendatang. Berikut adalah beberapa makanan berkualitas yang akan menjadikan kulit lebih sehat dan tampak lebih muda:

  • Brokoli: bunga yang mengandung komposit yang disebut sulforaphane dan memiliki sifat melawan kanker bahkan mampu melawan kanker kulit!
  • Tomat: mengandung karotenoid yang tinggi (pigmen kuning, oranye, atau merah dari tanaman) yang bagus untuk merawat kesehatan kulit dan membuat awet muda. Zat tersebut perlu diserap dengan lemak sehat, bagaimana jika membuat bruschetta yang lezat?
  • Cokelat Hitam efek coklat (kakao) pada kulit sangatlah mengesankan! Ketika mengkonsumsi bubuk kakao berkualitas tinggi, secara teratur, kulit menjadi lebih ternutrisi, tidak kering, dan kasar yang berpengaruh terhadap aliran darah yang lebih baik dan penyerapan nutrisi yang diperlukan untuk kulit yang lebih sehat. Namun, kami tidak berbicara tentang jenis cokelat. Cokelat hitam dengan setidaknya tingkat kandungan kakao 70% inilah yang Anda butuhkan.
  • Ubi Jalar: mengandung kadar beta-karoten yang tinggi yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Ini bagus karena berfungsi sebagai tabir surya alami yang melindungi sel-sel kulit dari sinar UV matahari yang berbahaya. Sel-sel kulit mati ketika mereka terpapar terlalu banyak sinar matahari dan ancaman keriput meningkat.
  • Paprika: baru-baru ini ditemukan sebagai salah satu sumber vitamin C tertinggi, yang penting untuk mempertahankan kadar kolagen tinggi di usia tua. Makan paprika sebanyak yang Anda bisa, menghasilkan kulit yang tidak kering dan keriput.

Semua makanan lezat tersebut mudah digabungkan dalam resep baru, dan mudah ditemukan di supermarket mana pun di dekat Anda. Fase remaja merupakan tahap rentan saat semua remaja menginginkan kulit bebas jerawat. Karena itu, untuk menghindari jerawat, para remaja perlu menghindari makanan berminyak yang menyumbat pori-pori. Makan sehat saat remaja tidak selalu mudah tetapi jika makanan yang tepat dikonsumsi, kulit yang lebih jernih akan menjadi hasil akhirnya!

Manfaat Diet yang Baik bagi Sistem Pencernaan

Masalah perut sudah terlalu umum di dunia saat ini. Ketika menderita masalah pencernaan, keahlian memasak menjadi pengalaman negatif karena orang mendapati dirinya memperhatikan apa yang harus dimakan agar tidak bangun di malam hari dikarenakan sakit perut. Gangguan pada sistem pencernaan bermula dari diet yang buruk, oleh karenanya mengonsumsi makanan dan memulai diet sehat dapat menghindari masalah tersebut. Satu hal yang pasti, pencernaan yang baik meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Sangat penting untuk menemukan makanan yang merupakan sumber serat. Untungnya, ada banyak opsi yang enak untuk dipilih seperti:

  • Umbi Merah:  sumber serat, magnesium, dan kalium yang sangat penting untuk memulihkan sistem pencernaan yang sehat. Paling baik dikonsumsi mentah dalam salad daripada dimasak.
  • Blueberry: makanan super yang lezat dan bermanfaat. Tingginya kadar serat dan vitamin C membuat beri kecil ini bermanfaat bagi sistem pencernaan.
  • Prune Kering: kaya serat larut dan tidak larut dan mereka bertindak sebagai pencahar alami membuat Anda pergi dengan sangat cepat jika Anda mengalami masalah sembelit.
  • Mentimun sumber serat yang fantastis dan sangat baik untuk melunakkan BAB yang menyebabkan pergerakan usus halus. Segar dan tersedia di sebagian besar wilayah. Air mentimun dengan lemon dan mint menyegarkan dan menyehatkan.

Seperti halnya ada makanan bermanfaat untuk sistem pencernaan yang baik dan diet sehat, ada juga makanan yang harus dihindari yang bisa membuat pergulatan di kamar mandi menjadi panjang dan menyakitkan. Jika Anda berurusan dengan perut sensitif karena masalah pencernaan baru-baru ini, jangan konsumsi makanan pedas, olahan, atau goreng. Selain itu, cobalah untuk menjauhi kafein dan susu, keduanya sama-sama merusak pencernaan yang sehat. Minum banyak air, sekitar 2 liter per hari, sangat dianjurkan untuk membantu sistem pencernaan Anda. Selama, sebelum atau sesudah makan tidak ada waktu yang tidak tepat. Cairan membantu tubuh Anda memecah makanan dan mencegah sembelit.

Diet Sehat Dapat Mencegah Berbagai Penyakit

salad sayur
Sayuran adalah makanan bernutrisi tinggi yang sangat diperlukan tubuh Anda. Sumber: Pixabay

Penting untuk dicatat bahwa pria dan wanita di Inggris dulunya menikmati rentang hidup yang lebih lama, namun beberapa tahun belakangan ini dihabiskan untuk menderita banyak masalah kesehatan dan penyakit yang disebabkan oleh pola makan dan kebiasaan makan yang buruk. Banyak penyakit yang mengubah hidup dan kondisi serius dapat diobati dan dicegah dengan diet dan gaya hidup sehat. Mengonsumsi mamakan yang tepat dapat mencegah obesitas, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan kanker.  Asupan teratur dari makanan tertentu ini mengandung nutrisi, mineral, dan vitamin yang tepat dapat menghindari penyebaran penyakit berbahaya di tubuh Anda:

  • Labu: menarik, berwarna oranye, dan mengandung banyak beta-karoten yang dapat mengurangi risiko kanker paru-paru.
  • Apel: sumber pektin tertinggi yang tersedia dalam buah. Pektin adalah serat larut yang memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk mengurangi risiko usus besar dan kanker payudara.
  • Pepaya: walaupun hanya sebagian kecil pepaya dapat melebihi jumlah vitamin C harian yang diperlukan. Mengandung antioksidan kuat lain yang mencegah potensi penyakit jantung.
  • Quinoa: dikenal sebagai "induk dari semua biji-bijian" oleh suku Inca dan beberapa alasan baik. Quinoa merupakan protein lengkap dan sumber serat makanan yang bagus dan dapat melawan tekanan darah serta serangan jantung.
  • Teh Hijau: banyak penelitian telah menunjukkan bahwa peradangan dari makanan berlemak dapat dikurangi dengan meminum teh hijau secara teratur. Ini karena teh hijau mengandung flavonoid yang melawan peradangan. Ini harus sangat diperhatikan oleh mereka yang berisiko diabetes karena peradangan tinggi mencegah tubuh menyerap gula darah.
  • Legum: buncis, lentil, dan kacang-kacangan lainnya kaya serat dan memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah Anda yang mencegah lonjakan dan penyimpangan gula.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperoleh gaya hidup sehat. Seperti sekarang ini, diet sehat tidaklah sulit untuk dilakukan dan memiliki banyak manfaat. Memilih menerapkan makanan tertentu dalam diet harian Anda dapat menghasilkan tubuh yang lebih sehat dan hidup yang lebih bahagia!

Contoh Makanan Bernutrisi yang Wajib Anda Ketahui

Bagi setiap orang, memiliki tubuh yang sehat dengan bentuk yang ideal adalah suatu impian. Anda perlu menjaga pola makan, memilih bahan makanan, dan mengolahnya dengan baik terlepas untuk program diet atau bukan. Seperti yang Anda ketahui, menjaga lebih baik daripada mengobati. Terlebih untuk anak Anda, masa pertumbuhan dan perkembangan harus dilengkapi dengan makanan-makanan yang bernutrisi. Berikut contoh makanan yang bernutrisi:

Makanan Bernutrisi Meningkatkan Kecerdasan Anak

Kecerdasan anak tidak hanya bergantung pada ilmu pengetahuan yang diperoleh atau dipelajarinya, melainkan juga dipengaruhi oleh nutrisi yang didapatkan sang anak. Penting bagi orang tua untuk memastikan nutrisi pada setiap anaknya. Berikut contoh makanan bernutrisi yang dilansir dapat meningkatkan kecerdasan otak anak:

  • Ikan

Ikan penuh akan lemak dan omega 3 yang dapat menjaga Kesehatan otak serta meningkatkan kinerja otak anak, sehingga ikan menjadi menu utama yang orang tua perlu pertimbangkan.

  • Telur

Anak Anda lebih menyukai telur mata sapi atau telur omlet? Ya, selain digemari oleh banyak orang telur memang kaya akan protein. Kandungan protein dalam telur dapat membantu kecerdasan otak anak, bahkan kolin yang terkandung dalam kuning telur sangat baik untuk perkembangan otak.

  • Sayuran berwarna

Makanan satu ini mungkin musuh bagi beberapa anak, tapi bunda tidak boleh melewatkannya. Tomat, wortel, brokoli, bayam, dan yang lainnya sangat baik untuk perkembangan fisik maupun psikis anak Anda.

  • Susu

Kandungan protein, vitamin D, dan vitamin B dalam susu sangat baik untuk perkembangan otak anak. Oleh sebab itu, mengkonsumsi susu ataupun olahannya sangat diperlukan untuk tumbuh kembang seorang anak.

  • Kacang Hijau

Vitamin C, asam folat, zat besi, zinc, potassium, magnesium, mangan, fosfor, tembaga, dan thiamin yang terkandung dalam kacang hijau sangat diperlukan untuk membantu meningkatkan kecerdasan otak anak.

Makanan Bernutrisi Setara Multivitamin

Selain makan adalah sebuah kewajiban untuk bertahan, akan baik jika Anda juga mengenali setiap kandungan dalam makanan Anda sehari-hari. Dengan aktifitas sehari-hari yang cukup menguras banyak energi, tentu makanan bernutrisi sangat diperlukan untuk tubuh Anda. Terlebih jika makanan tersebut mengandung nutrisi yang setara multivitamin. Diantaranya :

  • Rumput laut

Apa Anda tergolong yang menyukai makanan rumput laut? Jika tidak, Anda harus mencoba mencintainya dari sekarang. Rumput laut kaya akan yodium yang berfungsi untuk menjaga Kesehatan tiroid atau gondok.

  • Seafood bercangkang

Kandungan zat besi, selenium, potassium, dan vitamin B12 pada seafood bercangkang diperlukan untuk nada terlebih pada usia lanjut.

  • Hati

Salah satu makanan bernutrisi lainnya yaitu hati ayam atau sapi karena mengandung vitamin B12, vitamin A, folat, zat besi, dan tembaga. Kandungan nutrisi dalam hati sangatlah tinggi, bahkan dapat digunakan sebagai pengganti suplemen.

  • Paprika

Bahan makanan satu ini mungkin tidak bisa Anda makan sebagai makanan utama tapi dapat Anda gunakan di setiap masakan utama Anda. Kandungan vitamin C dalam paprika hingga 4 kali lebih besar dari jeruk.

Makanan Bernutrisi Penunda Lapar

Contoh makanan bernutrisi
tahukah Anda bahwa berry dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama? Sumber: Freepik

Makanan bernutrisi tinggi dapat membantu memnuhi kebutuhan tubuh Anda serta beberapa diantaranya dapat membantu Anda merasa kenayang cukup lama. Makanan tersebut diantaranya:

  • Kentang

Satu dan bukan lagi adalah kentang. Beberapa orang memilih kentang sebagai pengganti nasi untuk kebutuhan karbohidrat. Makanan bernutrisi tinggi ini kaya akan serat sehingga membuat Anda merasa kenyang cukup lama.

  • Pisang

Pisang akan memberikan nutrisi tambahan seperti kalium dan vitamin B6. Selain itu kandungan serat dalam pisang cukup banyak. Pisang yang sedikit hijau mengandung pati resisten yang dicerna cukup lambat sehingga membuat kenyang tanpa merubahnya menjadi lemak.

  • Apel

Kombinasi serat dan air yang cukup banyak dalam apel dapat membuat Anda merasa kenyang cukup lama. Bahkan dalam pisang terdapat pektin, serat laut, yang dapat memuaskan rasa lapar.

  • Alpukat

Yang paling utama untuk urusan membuat rasa kenyang yang lama adalah alpukat. Dilansir alpukat mengandung lebih banyak kalori hingga 240 per gelas. Lemak tak jahat dalam alpukat mampu menimbulkan rasa kenyang cukup lama dan menurunkan kadar kolesterol.

  • Beri

Pilihan makanan bernutrisi satu ini mungkin sedikit mengejutkan. Makanan yang manis sedikit asam ini ternyata mampu membuat Anda merasa kenyang cukup lama. Sekarang rubah camilan Anda yang penuh kolesterol dengan buah beri yang memiliki kandungan serat cukup tinggi.

Sekarang mulailah untuk mengikuti pola hidup sehat dengan mengatur nutrisi Anda sendiri. Pilihlah bahan makanan yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda dan olahlah dengan baik. yang perlu Anda ingat bahwa kesehatan adalah harga yang cukup mahal.

Butuh guru Nutrisi ?

Apakah Anda menyukai artikel nya?

5,00/5 - 1 suara
Loading...

Kurniawan

Seseorang yang senang berbagi ilmu dan pengetahuan yang diharapkan akan bermanfaat bagi banyak orang