Bimbingan Akademik Musik Seni dan hobi Bahasa Olahraga dan kesehatan Les privat
Bagikan

Pentingnya Nutrisi Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Oleh Kurniawan, dipublikasikan pada 14/05/2019 Blog > Olahraga dan kesehatan > Nutrisi > Seberapa Pentingkah Makanan Bernutrisi Tinggi Untuk Tubuh?

Saat benar-benar memahami bahwa pilihan makanan Anda sangat menentukan hidup, Anda dapat melakukan kontrol dan menahan diri tanpa merasa kekurangan.” -Marlene Adelmann

Mencoba diet sehat dan makan makanan baik memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh Institute of Health Metrics dan Evaluation at the University of Washington, 1 dari 5 kematian disebabkan oleh diet buruk.

Studi global menemukan bahwa orang hidup lebih lama tetapi mereka menikmati makanan yang merusak kesehatan. Mengonsumsi makanan yang kaya akan garam dan gula tetapi sedikit biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan protein sehat adalah kunci kematian dini.

Banyak manfaat dari diet sehat. Anda tidak hanya akan hidup lebih lama, mencegah penyakit mematikan, dan memiliki kualitas hidup yang lebih tinggi tetapi Anda juga akan mendapatkan dampak positif pada mata, rambut, kulit yang lebih sehat, dan sistem pencernaan yang lebih produktif.

Jika semua itu tidak dapat meyakinkan Anda untuk memulai hidup sehat, saya tidak tahu lagi harus berkata apa!

Banyak yang menolak untuk menjalani gaya hidup sehat karena mereka merasa harus meninggalkan kesenangan mereka terhadap makanan lezat seperti keripik, cokelat susu, hamburger dan keripik yang berminyak, ayam goreng dll. Ini mungkin benar tetapi ada juga banyak makanan yang sama lezatnya dan jauh lebih bermanfaat bagi kesehatan Anda secara menyeluruh.

Meninggalkan konsumsi biskuit coklat dan sosis dan memilih kehidupan yang lebih sehat secara keseluruhan akan terasa lebih mudah dari yang pernah Anda pikirkan!

Manfaat Diet Sehat Bagi Mata Kita

katarak dapat dicegah dengan makanan yang sehat Mengonsumsi makanan yang tepat dapat mencegah katarak dan degenarasi makula. Sumber : Pexels

Di Indonesia, banyak orang menderita gangguan penglihatan. Melakukan diet sehat di usia muda dengan vitamin, mineral, dan nutrisi yang tepat dapat mencegah Anda dari gangguan penglihatan di masa mendatang!

Untuk memperbaiki penglihatan dan menghindari hal yang berhubungan dengan mata seperti katarak dan degenarasi makula, carilah makanan yang tinggi asam lemak omega-3, lutein, zat besi, dan vitamic dan E. Beta-karoten yang berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh Anda juga baik untuk dikonsumsi.

Baiklah, mungkin Anda sekarang bertanya-tanya, makanan apa yang mengandung mineral dan vitamin ini semua?

Berikut adalah daftar makanan yang dapat meningkatkan kesehatan secara menyeluruh:

  • Sayuran Hijau: kangkung, bayam hijau, dan sawi yang mengandung banyak lutein dan zeaxanthin, kandungan tanaman yang mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi.
  • Salmon: kaya akan asam lemak omega-3, lemak sehat yang tidak hanya cukup untuk diet reguler tetapi juga berkontribusi pada kesehatan mata secara menyeluruh.
  • Telur: dengan nutrisi seperti vitamin A, telur melindungi dari kebutaan malam dan mata kering serta membantu mata menjadi lebih sehat.
  • Legume: Buncis, kacang merah, dan lentil bukan hanya pilihan vegetarian yang luar biasa, tetapi juga dapat melindungi retina dan menurunkan potensi risiko penyakit mata.
  • Buah Citrus: Jeruk, jeruk bali, jeruk nipis, dan limau adalah sumber Vitamin C yang bagus untuk mengurangi kemungkinan berkembangnya katarak dan degenerasi makula.

Diet seimbang dengan makanan sehat dapat mengatasi masalah potensial pada mata. Mengkonsumsi vitamin yang benar baik melalui makanan atau suplemen makanan (kapsul, pil atau cairan) secara mengejutkan lebih mudah daripada yang Anda pikirkan.

Makanan seha tuntuk diet yang seimbang dapat mengatasi masalah potensial pada mata. Mengkonsumsi vitamin yang benar baik melalui makanan atau suplemen makanan (kapsul, pil, atau cairan) lebih mudah daripada yang Anda pikirkan.

Berikut adalah beberapa ide resep lezat yang mengandung nutrisi baik untuk kesehatan mata yang lebih baik:

  • Salad Halibut Nicoise Panggang,
  • Keju dan Bayam Stuffed Portobellos,
  • Real Man Quiche.

Resep tersebut sangat mudah dibuat dan mengandung apa yang Anda butuhkan untuk menjaga kesehatan mata Anda tetap sempurna!

Manfaat Mengonsumsi Makanan Sehat Bagi Rambut Kita

Tak semua orang punya rambut indah, tapi semua orang menyukai rambut indah Rambut indah disenangi semua orang. Nutrisi yang tepat dapat membuat rambut Anda bersinar!. Sumber : Pixabay

Pria dan wanita sama-sama terbukti lebih percaya diri jika mereka memiliki rambut yang sehat, kuat, indah, dan bercahaya.

Jika Anda menginginkan rambut yang bersinar, diet sehat adalah kuncinya.

Tidak banyak orang tahu bahwa kondisi rambut Anda merupakan tanda kesehatan jiwa Anda.

Ada beberapa makanan dengan nutrisi penting yang akan membuat rambut Anda bersinar seperti bintang. Berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk Anda konsumsi saat diet sehat:

  • Gandum Utuh: kaya akan biotin, zat besi dan zink. Biotin adalah bahan yang mungkin Anda lihat diiklankan di salah satu botol sampo Anda. Ini karena ia menghasilkan asam amino dan memungkinkan proliferasi sel keduanya penting untuk rambut yang lebih kuat.
  • Yoghurt Yunani: lezat dan dapat dimakan kapan saja, sumber vitamin B5 yang melimpah atau juga dikenal sebagai asam pantotenat yang membantu aliran darah ke kulit kepala, penting untuk pertumbuhan rambut. Maka itulah sebabnya orang-orang Yunani selalu memiliki perawatan yang patut ditiru!
  • Almond Butter: sebagus cara kerjanya. Penyebaran yang halus ini merupakan sumber lemak, protein, dan vitamin esensial yang sehat seperti vitamin E. Uji coba selama 8 bulan terakhir mengungkapkan bahwa mereka yang diberi suplemen vitamin E secara teratur meningkatkan pertumbuhan rambut sebesar 42%!
  • Kayu manis: memberikan oksigen dan nutrisi ke folikel rambut Anda.
  • Wortel: segelas jus wortel setiap hari akan membuat rambut Anda indah! Wortel memiliki kadar vitamin A yang tinggi, penting untuk pertumbuhan semua sel terutama pada rambut.

Rambut rontok berlebihan dan rambut rapuh dapat membuat orang sadar tentang penampilan mereka. Beberapa penelitian membuktikan bahwa rambut rontok dan rambut yang tidak sehat adalah tanda-tanda diet yang buruk.

Makanan dan camilan bernutrisi dapat membuat akar rambut lebih kuat dan mencegah kerontokan rambut. Makanlah makanan tersebut untuk mendapatkan kunci sehat dan disukai!

Pengaruh Diet Sehat Bagi Kulit

mungkin tidak kita sangka bahwa buruknya pola makan berdampak pada kulit kita Kita semua menua dan itu normal tetapi sesuatu yang berlebihan dari kerutan merupakan akibat dari pola makan yang buruk, terlalu banyak paparan sinar matahari dan stres. Sumber : Pixabay

Kulit yang sehat, awet muda, dan bercahaya adalah keinginan setiap orang. Banyak yang khawatir tentang penampilan dan kesehatan kulit mereka karena epidermis adalah organ terbesar yang membuatnya paling mudah untuk diperhatikan.

Kulit yang kering, keriput, dan berjerawat seringkali merupakan hasil dari stres dan diet yang buruk.

Diet sehat dengan nutrisi yang tepat dapat membuat kulit terlihat lebih muda dan memberi Anda kebutuhan yang diinginkan. Merawat kulit Anda selama masa muda akan menghasilkan lebih sedikit kerutan di masa mendatang.

Berikut adalah beberapa makanan berkualitas yang akan menjadikan kulit lebih sehat dan tampak lebih muda:

  • Brokoli: bunga yang mengandung komposit yang disebut sulforaphane dan memiliki sifat melawan kanker bahkan mampu melawan kanker kulit!
  • Tomat: mengandung karotenoid yang tinggi (pigmen kuning, oranye, atau merah dari tanaman) yang bagus untuk merawat kesehatan kulit dan membuat awet muda. Zat tersebut perlu diserap dengan lemak sehat, bagaimana jika membuat bruschetta yang lezat?
  • Cokelat Hitam efek coklat (kakao) pada kulit sangatlah mengesankan! Ketika mengkonsumsi bubuk kakao berkualitas tinggi, secara teratur, kulit menjadi lebih ternutrisi, tidak kering, dan kasar yang berpengaruh terhadap aliran darah yang lebih baik dan penyerapan nutrisi yang diperlukan untuk kulit yang lebih sehat. Namun, kami tidak berbicara tentang jenis cokelat. Cokelat hitam dengan setidaknya tingkat kandungan kakao 70% inilah yang Anda butuhkan.
  • Ubi Jalar: mengandung kadar beta-karoten yang tinggi yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Ini bagus karena berfungsi sebagai tabir surya alami yang melindungi sel-sel kulit dari sinar UV matahari yang berbahaya. Sel-sel kulit mati ketika mereka terpapar terlalu banyak sinar matahari dan ancaman keriput meningkat.
  • Paprika: baru-baru ini ditemukan sebagai salah satu sumber vitamin C tertinggi, yang penting untuk mempertahankan kadar kolagen tinggi di usia tua. Makan paprika sebanyak yang Anda bisa, menghasilkan kulit yang tidak kering dan keriput.

Semua makanan lezat tersebut mudah digabungkan dalam resep baru, dan mudah ditemukan di supermarket mana pun di dekat Anda.

Fase remaja merupakan tahap rentan saat semua remaja menginginkan kulit bebas jerawat. Karena itu, untuk menghindari jerawat, para remaja perlu menghindari makanan berminyak yang menyumbat pori-pori. Makan sehat saat remaja tidak selalu mudah tetapi jika makanan yang tepat dikonsumsi, kulit yang lebih jernih akan menjadi hasil akhirnya!

Manfaat Diet yang Baik bagi Sistem Pencernaan

untuk mengatasi masalah pencernaan cobalah konsumsi umbi merah Umbi merah adalah sumber serat dan nutrisi sehat lainnya yang membantu orang-orang saat mengalami masalah pencernaan.

Masalah perut sudah terlalu umum di dunia saat ini. Ketika menderita masalah pencernaan, keahlian memasak menjadi pengalaman negatif karena orang mendapati dirinya memperhatikan apa yang harus dimakan agar tidak bangun di malam hari dikarenakan sakit perut.

Gangguan pada sistem pencernaan bermula dari diet yang buruk, oleh karenanya mengonsumsi makanan dan memulai diet sehat dapat menghindari masalah tersebut.

Satu hal yang pasti, pencernaan yang baik meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Sangat penting untuk menemukan makanan yang merupakan sumber serat. Untungnya, ada banyak opsi yang enak untuk dipilih seperti:

  • Umbi Merah:  sumber serat, magnesium, dan kalium yang sangat penting untuk memulihkan sistem pencernaan yang sehat. Paling baik dikonsumsi mentah dalam salad daripada dimasak.
  • Blueberry: makanan super yang lezat dan bermanfaat. Tingginya kadar serat dan vitamin C membuat beri kecil ini bermanfaat bagi sistem pencernaan.
  • Prune Kering: kaya serat larut dan tidak larut dan mereka bertindak sebagai pencahar alami membuat Anda pergi dengan sangat cepat jika Anda mengalami masalah sembelit.
  • Mentimun sumber serat yang fantastis dan sangat baik untuk melunakkan BAB yang menyebabkan pergerakan usus halus. Segar dan tersedia di sebagian besar wilayah. Air mentimun dengan lemon dan mint menyegarkan dan menyehatkan.

Seperti halnya ada makanan bermanfaat untuk sistem pencernaan yang baik dan diet sehat, ada juga makanan yang harus dihindari yang bisa membuat pergulatan di kamar mandi menjadi panjang dan menyakitkan.

Jika Anda berurusan dengan perut sensitif karena masalah pencernaan baru-baru ini, jangan konsumsi makanan pedas, olahan, atau goreng. Selain itu, cobalah untuk menjauhi kafein dan susu, keduanya sama-sama merusak pencernaan yang sehat.

Minum banyak air, sekitar 2 liter per hari, sangat dianjurkan untuk membantu sistem pencernaan Anda. Selama, sebelum atau sesudah makan tidak ada waktu yang tidak tepat. Cairan membantu tubuh Anda memecah makanan dan mencegah sembelit.

Diet Sehat Dapat Mencegah Berbagai Penyakit

siapa sangka penyakit seganas kanker dapat sembuh dengan buah labu Sup labu yang lezat di hari musim dingin tidak hanya menenangkan tetapi juga kaya akan manfaat melawan kanker. Sumber : Pixabay

Penting untuk dicatat bahwa pria dan wanita di Inggris dulunya menikmati rentang hidup yang lebih lama, namun beberapa tahun belakangan ini dihabiskan untuk menderita banyak masalah kesehatan dan penyakit yang disebabkan oleh pola makan dan kebiasaan makan yang buruk.

Banyak penyakit yang mengubah hidup dan kondisi serius dapat diobati dan dicegah dengan diet dan gaya hidup sehat.

Mengonsumsi mamakan yang tepat dapat mencegah obesitas, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan kanker. 

Asupan teratur dari makanan tertentu ini mengandung nutrisi, mineral, dan vitamin yang tepat dapat menghindari penyebaran penyakit berbahaya di tubuh Anda:

  • Labu: menarik, berwarna oranye, dan mengandung banyak beta-karoten yang dapat mengurangi risiko kanker paru-paru.
  • Apel: sumber pektin tertinggi yang tersedia dalam buah. Pektin adalah serat larut yang memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk mengurangi risiko usus besar dan kanker payudara.
  • Pepaya: walaupun hanya sebagian kecil pepaya dapat melebihi jumlah vitamin C harian yang diperlukan. Mengandung antioksidan kuat lain yang mencegah potensi penyakit jantung.
  • Quinoa: dikenal sebagai “induk dari semua biji-bijian” oleh suku Inca dan beberapa alasan baik. Quinoa merupakan protein lengkap dan sumber serat makanan yang bagus dan dapat melawan tekanan darah serta serangan jantung.
  • Teh Hijau: banyak penelitian telah menunjukkan bahwa peradangan dari makanan berlemak dapat dikurangi dengan meminum teh hijau secara teratur. Ini karena teh hijau mengandung flavonoid yang melawan peradangan. Ini harus sangat diperhatikan oleh mereka yang berisiko diabetes karena peradangan tinggi mencegah tubuh menyerap gula darah.
  • Legum: buncis, lentil, dan kacang-kacangan lainnya kaya serat dan memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah Anda yang mencegah lonjakan dan penyimpangan gula.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperoleh gaya hidup sehat. Seperti sekarang ini, diet sehat tidaklah sulit untuk dilakukan dan memiliki banyak manfaat. Memilih menerapkan makanan tertentu dalam diet harian Anda dapat menghasilkan tubuh yang lebih sehat dan hidup yang lebih bahagia!

Bagikan

Para pembaca kami menyukai artikel ini
Apa artikel ini berguna untuk mu?

Tidak ada informasi yang bergunaOke, namun masih harus ditingkatkanArtikel ini cukup bermanfaatTerima kasih! Artikel ini sangat bermanfaatPuas sekali dengan artikel ini (Berikan penilaian anda)
Loading...
avatar