Mountain Pose, atau Tadasana, adalah salah satu posisi yoga dasar yang dapat dilakukan oleh pemula. Gerakan ini sederhana dan kuat, dan merupakan fondasi dari semua pose berdiri dalam yoga termasuk serangkaian Warior Pose.

Sebagai titik awal yang baik, Anda dapat memulai rutin yoga dengan Mountain Pose dan dengan mudah beralih ke pose lainnya seperti Downward Dog Pose. Ini juga dapat digunakan sebagai pose istirahat untuk dilakukan di antara gerakan lain.

Dan tidak hanya itu saja,  Mountain Pose juga merupakan cara yang luar biasa untuk memperbaiki postur tubuh, karena meluruskan tulang belakang, memanjangkan tubuh, dan merilekskan bahu. Jadi pose yoga dasar ini bahkan dapat digunakan sendiri sebagai waktu meditasi yang cepat dalam hari yang sibuk!

Kami telah menyusun panduan langkah demi langkah untuk menunjukkan kepada Anda cara berlatih Mountain Pose dengan tepat, dan cara menyempurnakannya sehingga Anda dapat mulai memasukkannya ke dalam rutinitas Anda.

Persiapan

Sebelum kita mulai, pastikan Anda mengenakan pakaian yang nyaman yang dapat dengan mudah diregangkan dan mudah untuk bergerak - meskipun Mountain Pose masih dalam posisi berdiri, Anda dapat mempersiapkan sisa rutinitas Anda dan bersantai dengan pakaian yang tidak terlalu ketat.

Anda mungkin ingin berinvestasi untuk mebeli matras yoga jika Anda belum memilikinya. Meskipun alas tidak mutlak diperlukan (terutama untuk pose ini), matras yoga adalah alat yang baik untuk menyeimbangkan dan menahan pose tanpa tergelincir. Yoga yang aman adalah yoga yang menyenangkan!

Setelah Anda merasa nyaman dan siap untuk berlatih, berdirilah diatas tikar Anda dan mulai dengan 5 langkah terperinci di bawah ini.

Jika Anda pernah mengikuti kelas yoga, Anda mungkin sudah tahu langkah-langkah ini!

Cek di sini untuk Yoga Jakarta Barat

Peralatan untuk latihan yoga
Matras yoga adalah benda penting untuk menjaga anda tetap aman dan seimbang. (Sumber: Pixabay)

Petunjuk Langkah-demi-Langkah untuk Standing Mountain Pose

Langkah 1

Hal pertama adalah: menempatkan kaki Anda pada posisi yang tepat. Ini adalah cara bagaimana Anda akan membuat dan menahan keseimbangan, sehingga penempatan berat badan juga penting.

Di atas matras, berdirilah dengan kedua kaki Anda bersama-sama, sehingga jari-jari kaki Anda hanya menyentuh dengan cara yang terasa alami dan tidak tegang. Tumit Anda harus agak terpisah.

Untuk mendapatkan berat yang tepat dan merasa rileks di kaki Anda, angkat jari-jari kaki dan sebarkan, lalu letakkan kembali dengan lembut di lantai. Perlahan-lahan goyang ke depan dan ke belakang, dan dari satu sisi ke sisi lain untuk benar-benar memudahkan pose ini.

Sekarang pelan-pelan berhentilah, sehingga berat badan Anda terdistribusi secara merata dan Anda merasa nyaman dan seimbang di kaki Anda.

Langkah 2

Bayangkan ada satu garis energi yang panjang mengalir dari kepala ke kaki Anda. Rasakan kekuatan di kaki Anda dengan mengencangkan paha dan mengangkat tempurung lutut Anda, sambil tetap menjaga otot perut yang tidak tegang.

Perpanjang tulang ekor dan punggung bagian bawah, angkat pubis ke arah atas pusar untuk benar-benar menggerakkan panggul dan perut bagian bawah serta mempertahankan satu garis kuat di seluruh tubuh Anda.

Berfokuslah pada energi yang bergerak naik melalui tubuh Anda, mulai dari pangkal kaki Anda, ke lengkungan  dan pergelangan kaki bagian dalam, dan naikkan paha, pinggul, tulang punggung, hingga bergerak naik dan turun melalui mahkota kepala Anda.

Langkah 3

Sekarang mulailah menarik pundak: tekan kembali pundak Anda, doronglah ke tulang belakang Anda dengan gerakan lembut. Sekarang perlebar pundak Anda sehingga mereka merasa luas dan kuat, dan lepaskan kembali ke punggung Anda.

Fokus untuk menjaga tulang rusuk Anda tetap rileks dan pastikan untuk tidak mendorongnya ke depan. Angkat sternum (atau tulang dada) lurus ke atas ke langit-langit, buka dan perbesar tulang selangka saat Anda melakukannya.

Lengan Anda harus menggantung dengan nyaman dan cukup rileks di sisi tubuh Anda, sealami dan senyaman mungkin tanpa mendorong atau meregangkan.

Perluasan dada dan bahu ini akan membantu memperkuat posisi berdiri Anda dan menyeimbangkan berat Anda di kedua kaki.

Memfokuskan energi pada tumit
Berfokuslah pada mempertahankan garis energi dari tumit Anda hingga ke mahkota Anda. (Sumber: Wikimedia Commons)

Langkah 4

Ini adalah langkah penting, setelah Anda menemukan keseimbangan, Anda dapat mempertahankannya. Pastikan bagian atas kepala Anda tepat di atas pangkal leher dan bagian tengah panggul Anda.

Dagu Anda harus diperpanjang secara alami, tidak didorong jauh tetapi tidak ditekan ke leher sama sekali - tenggorokan Anda harus rileks, tidak tegang sama sekali. Pastikan bagian bawah dagu Anda sejajar dengan lantai. Ini akan memastikan bahwa postur tubuh Anda benar-benar lurus dan akan menjaga keseimbangan Anda.

Pastikan kepala Anda terasa ringan dan juga kuat - mungkin terdengar sulit, tetapi ini tentang mencapai keseimbangan yang sempurna. Lidah Anda harus beristirahat dengan santai, rata dan lebar di lantai mulut Anda. Mata, pipi, bibir, dan lubang hidung Anda harus ringan dan rileks secara alami.

Langkah 5

Berapa lama Anda melakukan pose ini sepenuhnya terserah pada Anda. Beberapa orang menggunakan posisi yang mudah ini sebagai transisi antara pose yoga satu ke pose yang lainnya, dan mungkin hanya bisa dilakuan selama 2-3 napas.

Namun, Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari gerakan yoga ini ketika dilakukan dalam jumlah waktu yang baik - itulah cara kami membangun kekuatan dan stamina dan mulai membuat kemajuan nyata.

Kami merekomendasikan melakukan Mountain Pose selama sekitar 8-10 napas panjang dan dalam. Isi penuh paru-paru Anda saat Anda menarik napas, dan kosongkan semuanya saat Anda menghembuskan napas. Ini sangat penting untuk keseimbangan dan relaksasi.

Langkah-langkah mudah ini akan membantu Anda memperbaiki postur badan dan distribusi berat badan yang sempurna untuk Mountain Pose. Dengan berfokus pada seluk-beluk tubuh, otot, dan pernapasan, Anda akan mencapai kondisi meditasi yang lebih rileks.

Dan ingat - jika Anda kesulitan untuk menjaga keseimbangan, cobalah berdiri dengan kaki sedikit lebih jauh, mungkin bisa ditambah sekitar 8 hingga 13 cm, untuk membantu Anda menggerakkan tubuh. Anda dapat mengakhiri posisi ini dengan pose Padamasana yang akan membantu Anda untuk rileks.

kesehatan yang bagus hasil mounten pose
Mountain Pose memiliki begitu banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. (Sumber: Visualhunt)

Apa Manfaat Dari Mountain Pose Bagi Kondisi Fisik?

Menguasai Pose Tadasana memiliki begitu banyak manfaat luar biasa: dapat membantu memperbaiki postur tubuh, memperkuat kaki, perut dan bokong, dan bahkan mengurangi sakit punggung jika dilakukan secara teratur. Mountain Pose bahkan telah terbukti membantu meringankan efek tubuh yang melengkung (flat footedness) dan sakit pinggul.

Anda dapat mempelajari Mountain Pose dan pose lainnya di kelas yoga di berbagai kota!

Cek di sini untuk Yoga di Bandung

Montain Pose Yoga: Modifikasi & Variasi

Jika Anda merasa ingin meningkatkan tantangannya, Anda bisa mencoba memejamkan mata. Ini akan memaksa Anda untuk meningkatkan keseimbangan dengan tidak menyadari lingkungan sekitar, membuat Anda fokus pada apa yang dirasakan tubuh Anda.

Jika Anda merasa seolah-olah tidak menyelaraskan diri dengan benar, Anda dapat berdiri dengan punggung menghadap dinding. Pastikan tulang belikat, tulang punggung bagian bawah, dan bagian belakang tumit menyentuh dinding sehingga tubuh Anda sejajar dengan benar.

Anda juga dapat mencoba melakukannya berpasangan untuk pose ini, yang benar-benar dapat menunjukkan kepada Anda di mana kesalahan yang dibuat dalam postur dan penyelarasannya.

Dengan membuat pasangan Anda berdiri di samping Anda, mereka dapat memeriksa apakah bagian tengah telinga Anda sejajar dengan bagian tengah bahu, tulang pinggul, dan pergelangan kaki Anda. Pastikan titik-titik ini semuanya berjajar dengan sempurna, dan garis yang dibentuknya tegak lurus dengan lantai.

Butuh guru Yoga ?

Apakah Anda menyukai artikel nya?

5,00/5 - 1 suara
Loading...

Kurniawan

Seseorang yang senang berbagi ilmu dan pengetahuan yang diharapkan akan bermanfaat bagi banyak orang