Latihan yoga kuno telah diketahui memiliki banyak manfaat. Selain menjadi bentuk latihan kekuatan yang luar biasa, latihan ini sering dianggap sebagai bentuk latihan fisik yang paling menenangkan, yang mengklaim memiliki manfaat bagi jasmani dan rohani.

Yoga berasal di India lebih dari 5000 tahun yang lalu sebagai sarana menjaga tubuh agar tetap kuat dan sehat. Saat ini, Yoga adalah bentuk latihan yang telah populer di dunia karena banyak orang banyak menggunakannya sebagai sarana untuk menguatkan tubuh serta sumber penyembuhan mental.

Yoga juga dikenal dapat memperbaiki postur tubuh dengan baik, yang mencegah sakit punggung, serta meningkatkan fleksibilitas sendi. Untuk alasan ini, diantara yang lainnya, yoga cukup populernya diantara para atlet seperti halnya dengan kurangnya olahraga pada kita semua.

Apakah Anda suka ide untuk menyeimbangkan tubuh dan pikiran Anda? Kami telah mengumpulkan banyak tips untuk memulai latihan yoga di dekat Anda secara rutin sebagai pemula.

Tipe-tipe Yoga

Ada beberapa cabang yoga yang dibedakan dari berbagai cara, dari fokus utama mereka ke intensitas peregangannya.

Lihatlah jenis-jenis yoga paling populer dan putuskan mana yang paling sesuai dengan tujuan kesehatan Anda:

  • Hatha Yoga

Istilah 'Hatha yoga' mengacu pada yoga dalam pengertian umum, namun, di Barat, Hatha Yoga digunakan untuk menggambarkan peregangan dasar yang paling sering diajarkan di kelas yoga.

Kelas hatha untuk anda yang merasa kaku
Memilih kelas Hatha Yoga untuk memudahkan Anda melakukan Yoga. (Sumber: Pixabay – HannahWells)

Tujuan dari Hatha Yoga adalah untuk peregangan ringan, melonggarkan, dan merilekskan tubuh dengan cara yang tidak terlalu berat secara fisik. Di kelas Hatha, pose yoga sering dilakukan perlahan dan ditahan untuk beberapa napas sebelum melanjutkannya.

  • Ashtanga Yoga

Ashtanga Yoga sangat cocok untuk para yogi yang suka mengikuti serangkaian latihan rutin. Meskipun gerakannya halus dan ada fokus pada pernapasan, Anda pasti akan berkeringat dengan mengulangi urutan gerakan yang sama!

  • Vinyasa Yoga

Vinyasa Yoga mirip dengan Ashtanga dalam hal intensitas dan caranya berfokus pada kelancaran transisi antar pose, namun, tidak ada rutinitas tetap - sempurna bagi mereka yang menikmati sedikit variasi! Kelas-kelas Vinyasa juga sering ramai, karena para guru memainkan musik yang bersemangat untuk menemani kelasnya.

  • Yin Yoga

Yoga ini ada di sisis berlawana dengan yoga Vinyasa dan Ashtanga, Yin yoga difokuskan pada aspek meditasi yoga dan setiap pose yang halus dilakukan selama beberapa menit pada suatu waktu. Jika Anda perlu menemukan zen Anda, jenis yoga ini cocok untuk Anda.

  • Iyengar Yoga

Iyengar Yoga menantang Anda untuk memperhatikan penyelarasan tubuh Anda. Seperti dalam Yin Yoga, pose ditahan selama beberapa waktu, dan Anda akan menggunakan beberapa peralatan yoga untuk membantu Anda memaksimalkan setiap pose.

 

Gerakan Yoga Sederhana Bagi Penderita Sakit Punggung

Sifat restoratif dan penguatan yoga menjadikannya bentuk olahraga yang populer bagi orang yang menderita semua jenis sakit punggung.

Tidak hanya latihan yoga dengan teratur yang dapat melepaskan ketegangan otot dan persendian Anda, tetapi juga dapat berkontribusi pada pembentukan postur yang lebih baik dan mencegah keluhan sakit punggung lebih parah.

Jadi, apa gerakan paling efektif ketika melakukan yoga untuk sakit punggung?

 

  • Downward-Facing-Dog

Jika Anda seorang pemula yang benar-benar tidak pernah mencoba yoga, Downward-Facing-Dog kemungkinan merupakan salah satu pose pertama yang akan Anda pelajari.

Buatlah bentuk-V dengan tubuh Anda, pertahankan tangan dan kaki Anda dan tumit Anda tetap rendah. Santai, ambil napas dalam-dalam beberapa saat Anda menahan pose dan ini rasakan peregangan di punggung atas dan bawah.

Pse dasar downward dog
Downward dog adalah pose yoga yang fundamental (Sumber: Pixabay – Andi P)

 

  • Spinal Twist

Spinal Twist dengan cara duduk baik untuk orang yang mencari solusi bagi sakit punggung.

Duduk di lantai dengan kaki lurus di depan Anda, tekuk satu lutut dan letakkan kaki Anda di lantai. Topang diri Anda dengan lengan di sisi yang sama dengan kaki yang ditekuk, dan letakkan siku lengan Anda yang lain di bagian luar lutut yang tertekuk.

menyilang kaki untuk memaksimalkan peregangan
Silangkan kaki Anda untuk peregangan yang lebih menantang ¦ sumber: Pixabay – evitaochel

Ada banyak variasi untuk Spinal Twist dengan berbagai kesulitan.

  • Sphinx

Pose sphinx tidak hanya bagus untuk mencegah nyeri punggung bagian bawah, tetapi juga sangat mudah dilakukan.

Berbaringlah dengan posisi tengkurap dengan kaki santai di belakang Anda. Selanjutnya, topang tubuh bagian atas Anda dengan menempatkan siku di bawah bahu dengan lengan berada di depan tubuh Anda. Saat Anda menarik napas, tekan dada ke luar, dan rilekslah saat Anda mengeluarkan napas. Anda harus meregangkan otot perut dan tulang belakang.

tulang belakang menggunakan pose spinx
Sphinx Pose telah dikenal dapat menguatkan tulang belakang dan bagian otot lain ¦ source: World Peace Yoga School
  • Cat / Cow

Gerakan Cat / Cow adalah kombinasi dari dua pose yoga yang meregangkan punggung secara dinamis sambil meningkatkan mobilitas. Ini adalah pose lain yang sangat sederhana yang populer sebagai transisi pemanasan dari satu gerakan ke gerakan lain.

Mulailah dari bagian atas, masing-masing dengan tangan dan lutut selebar bahu dan pinggul. Mulailah dengan pose sapi dengan melengkungkan punggung ke langit-langit sambil mendorong tangan dan kaki ke lantai saat Anda menurunkan kepala ke bawah. Untuk beralih ke pose kucing, lengkungkan punggung Anda ke arah yang berlawanan sambil menggerakkan kepala dan melihat ke depan.

  • Bow

Bow Pose adalah latihan yang cukup intens, jadi Anda mungkin ingin mencari saran dari instruktur yoga sebelum mencobanya.

Mulailah dengan berbaring, kemudian tekuk lutut Anda dan raih kembali dengan tangan Anda untuk menggenggam kaki Anda. Angkat kaki ke arah Anda dan ke atas, tahan pose selama tiga napas sekaligus.

Perbaiki bahu dan punggung dengan pose berikut
Pose ini sangat bagus untuk memperkuat bahu dan punggung atas untuk memperbaiki postur dan mencegah cedera ¦ sumber: Visualhunt - LCRF-FreetoBreathe

Pernahkah Anda memikirkan tentang pose padamasana? Pelajari lebih lanjut di sini.

 

Berlatih Yoga untuk Meningkatkan Kekuatan Inti Anda

Kekuatan inti adalah bagian penting dari kebugaran seseorang secara menyeluruh dan kemampuan untuk meningkatkan latihan mereka ke tingkat yang lebih lanjut serta kinerja mereka dalam olahraga. Untuk alasan ini, yoga adalah olahraga pelengkap yang populer untuk program latihan bagi banyak atlet.

Berlatih pada kekuatan inti mungkin tidak terdengar terlalu menarik, terutama jika Anda dihantui oleh kenangan menyakitkan dari kompetisi di pelajaran olahraga di sekolah, namun, yoga dapat menawarkan cara yang berbeda dan lebih santai untuk membangun kekuatan inti.

Berikut adalah beberapa pose yoga yang ramah-pemula bagi orang yang ingin memperkuat kekuatan inti mereka:

  • Boat

Ini adalah pose yang menantang yang menargetkan otot-otot perut, namun, bisa dibuat sedikit lebih mudah dengan menggunakan pose yang dimodifikasi.

Menopang tubuh Anda pada tulang duduk, bersandar dan luruskan kaki Anda ke arah langit-langit, sehingga tubuh Anda membentuk huruf V tegak. Luruhkan tangan Anda dan raihlah kedua sisi kaki Anda.

pose yang mudah diatur
Untuk membuat pose ini lebih mudah diatur, tekuk lutut Anda dan jaga betis Anda sejajar dengan lantai ¦ sumber: Dr Weil
  • Triangel

Sedikit lebih mudah dari pose kapal, segitiga juga dapat dimodifikasi untuk menjadi lebih mudah atau lebih sulit. Ini adalah pose umum yang digunakan oleh hampir semua guru yoga.

Untuk melakukan pose ini, berdirilah dengan kaki berjarak sekitar satu meter. Putar satu kaki 90 derajat sehingga sejajar dengan matras Anda, dan putar kaki lainnya sedikit ke dalam. Rentangkan tangan Anda ke samping, lalu perlahan-lahan condong ke sisi di mana kaki Anda menghadap ke depan, sambil menjaga agar lengan Anda tetap terentang. Begitu tangan Anda mencapai lantai, lihat ke tangan Anda yang lain dan rasakan peregangan di kaki dan pinggul Anda.

Pose yang wajib anda pelajari
Ini adalah salah satu pose yoga pertama yang akan Anda pelajari ¦ sumber: Visualhunt - LCRF-FreetoBreathe

Triangel Pose menargetkan seluruh tubuh dan memunculkan kekuatan inti yang baik serta melepaskan ketegangan di kaki, pinggul dan bahu.

  • Upward-Facing Dog

Selain meregangkan banyak otot besar, Upward-Facing Dog Pose juga membantu memperkuat area utama tubuh. Sebagai pose yang lebih santai, Upward-Facing Dog Pose adalah cara yang bagus untuk menyelesaikan rutinitas yoga untuk meningkatkan kekuatan inti Anda.

Perbaiki postur anda dengan pose berikut
Manfaat yoga meliputi perbaikan postur dan mengurangi cedera ¦ sumber: Visualhunt

Berbaringlah tertelungkup, lalu letakkan tangan di bawah bahu dan luruskan lengan sehingga pinggul dan paha naik dari lantai. Tahan hingga sepuluh napas, tekan dada Anda ke atas saat Anda menekan bahu Anda.

Bacalah blog kami untuk mempelajari pose tadasana!

 

Gerakan Yoga Terbaik Untuk Relaksasi

Yoga umumnya dianggap sebagai bentuk latihan yang paling santai. Sementara banyak pose menargetkan otot-otot utama, sedangkan gerakan yang lain sangat baik untuk merilekskan tubuh dan pikiran.

Berikut beberapa pose sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjernihkan pikiran:

  • Child Pose

Child Pose sering digunakan untuk mengakhiri kelas yoga, karena pose ini memberikan peregangan yang lembut pada tulang punggung dengan cukup mudah.

Mulailah dengan duduk berlutut, luruskan tangan ke depan untuk meletakkan tubuh di paha Anda dan letakkan tangan Anda di lantai dengan tangan terentang ke depan.

Pose untuk pernafasan anda
Anda dapat menahan pose ini selama yang Anda mau. Anda mungkin ingin fokus pada pernapasan Anda, atau cukup perhatikan bagaimana pose itu akan mempengaruhi tubuh Anda ¦ sumber: Pixabay – StockSnap
  • Reclined Bound Angle Pose

Ini adalah pose restoratif yang membutuhkan sedikit usaha sambil memberikan peregangan yang baik.

Cukup berbaring telentang dan tarik masing-masing paha Anda ke samping sehingga lutut Anda tertekuk dan telapak kaki saling bersentuhan. Relakskan lengan Anda di samping tubuh.

rasakan hembusan nafas di pose ini
Perhatikan bagaimana peregangan mencapai lebih dalam dengan setiap hembusan nafas ex: Majalah Divinity
  • Corpse

Pose yang sama sekali tidak membutuhkan usaha, pose mayat persis seperti kelihatannya:

Berbaringlah telentang dalam posisi santai.

Anda bisa diberi selimut karena pose ini
Instruktur yoga Anda mungkin menawarkan selimut untuk pose ini saat suhu tubuh Anda turun ¦ sumber: Allwomenstalk Fitness 2018

Namun, ada tantangan dalam pose ini: membiarkan pikiran Anda rileks. Begitu Anda telah mengatasi kesulitan dalam membebaskan pikiran Anda, Corpse pose mungkin menjadi gerakan favorit Anda!

Lihat blog kami di pose yang lebih sulit seperti warrior pose !

Butuh guru Yoga ?

Apakah Anda menyukai artikel nya?

5,00/5 - 1 suara
Loading...

Kurniawan

Seseorang yang senang berbagi ilmu dan pengetahuan yang diharapkan akan bermanfaat bagi banyak orang