Lotus Pose, atau Padamasana biasanya merujuk kepada Yoga kelas tinggi dan posisi meditasi yang perlu dipelajari bagi pemula. Gerakan ini adalah salah satu gerakan yoga yang cukup dikenal, dan ini mudah dipelajari.

Lotus Pose adalah awal yang bagus untuk memulai rutinitas yoga Anda, dan meskipun hanya untuk meditasi pendek. Gerakan ini baik bagi postur dan membuka pinggu, dan cara yang baik untuk fokus terhadap sisi meditasi dari Yoga.

Padamasana adalah cara yang baik untuk relaksasi karena dapat meluruskan tulang belakang, melemaskan bahu dan membuka pinggul Anda. Gerakan ini adalah cara yang luar biasa untuk duduk dan bersantai di hari dimana Anda merasa sedang sakit!

Kami telah membuat panduan langkah demi langkah untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana cara melakukan Lotus Pose dengan tepat dan bagaimana menyempurnakannya sehingga Anda bisa melakukannya dalam kegiatan harian Anda.

dimanapun bisa melakukan lotus pose
Lotus Pose dapat dilakukan dimana saja, kapan saja (Sumber: VisualHunt)

Persiapan

Sebelum Anda memulai kegiatan Yoga rutin Anda, pastikan Anda mengenakan pakaian yang nyaman dan mudah diregangkan untuk bergerak. Jika Anda mengenakan pakaian yang terlalu ketat, atau terlalu longgar, Anda tidak akan mampu bergerak dengan mudah dan akan membatasi nafas dan konsentrasi Anda.

Dan ingatlah, meskipun pose duduk ini tidak terlalu sulit dibandingankan dengan pose lain seperti Warrior Pose, tatapi Anda harus selalu melakukan gerakan yoga dengan aman. Untuk gerakan ini, Anda mungkin ingin membeli matras yoga jika Anda masih belum memilikinya, tetapi matras ini sangat penting jika ingin melakukan gerakan yoga yang lebih sulit dimana kesimbangan tubuh sangat diperlukan.

Saat Anda sudah merasa nyaman dan siap untuk memulai, Naiklah ke atas matras Anda dan mulailah melakukan 5 petuntuk dibawah ini.

Panduan langkah demi langkah.

Langkah 1

Hal pertama adalah: duduklah diatas matras dengan kaki terentang ke depan. Pastikan tulang belakang Anda tetap lurus dan tangan Anda berada disamping tubuh dengan nyaman.

Langkah 2

Kedua, tekuk lutut kanan Anda dan bawalah kaki Anda masuk kedalam, dan memeluknnya di dada. Sekarang, bawa pergelangan kaki kanan ke lipatan pinggul kiri Anda - bagian atas kaki Anda harus bertumpu pada lipatan pinggul Anda, dan telapak kaki Anda harus menghadap ke langit.

Langkah 3

Sekarang, tekuklah lutut kiri Anda, bawa masuk hingga diposisi menyilang dan duduk diatas kaki kanan Anda.

Pastikan pergelangan kaki kiri Anda, berada di betis kanan Anda, dan telapak kaki kiri Anda menghadap ke atas.

Langkah 4

Ini adalah saat dimana Anda harus benar benar tenang dan merasakan kenyamanan pada diri Anda.

Tarik kedua lutut Anda dengan erat sebisa mungkin, sehingga Anda bisa duduk dengan benar. Terakhir, doronglah pangkal paha Anda sehingga terasa seperti Anda sedang mendorong balik lantainya. Tahanlah posisi ini dan kencangkan otot perut Anda, jagalah punggung Anda agar tetap lurus.

Langkah awal lotus pose
Posisi Lotus adalah awal yang baik untuk memulai Yoga (Sumber: lograstudio)

Langkah 5

Setelah Anda mulai menguasai 4 langkah diatas, maka Anda bisa mulai berlatih Lotus Pose kapanpun dan dimanapun yang Anda mau!

Gerakan ini tidak selalu menjadi gerakan yang paling mudah untuk dilakukan, beberapa ada yang mengalami kesulitan pada pinggangnya, lutut atau punggungnya ketika pertama kali memulai. Tetapi dengan latihan Anda akan pelan-pelan meningkatkan kemampuan Anda, dan perlahan-lahan Anda akan melakukan geraka Padamasana dengan sempurna.

Jika Anda mengalami kesulitan, ada banyak Pose lain yang cocok dengan Anda untuk memulai meditasi dan relaksasi. Mencoba Lotes Pose untuk beberapa detik dan melepaskannya cukup untuk memulai, dan Anda akan mulai membangun kekuatan baru dalam diri Anda. Dan Anda tidak pernah tahu, Anda mungkin akan menyadari bahwa Lotus Pose dapat memperbaiki masalah sendi yang Anda miliki.

Jika Anda tertarik mempelajari gerakan lain, cobalah gerakan Dwownward-Dog Pose.

Keuntungan lotus pose
Ada banyak keuntungan jasmani dan rohani dalam gerakan Lotus Pose (Sumber: VisualHunt)

Pentingnya bagi Jasmani

Teks lama dan kuno menyebutkan bahwa Lotus Pose memiliki kekuatan yang secara aktif dapat menghentikan penyakit dan membangunkan Kundalini, bentuk energi utama.

Meskipun kita tidak dapat membuktikan hal ini, hal ini benar jika kita menguasai Padamasana maka terdapat banyak keuntungan di dalamnya: Pose ini dapat memperbaiki postur dan juga pencernaan, mengurangi sakit kepala, sakit punggung dan meregangkan sendi pinggul Anda. Gerakan ini juga menunjukkan efek menenangkan pada otak yang dapat mengurangi stress, depresi ringan, dan bahkan menurunkan tekanan darah.

Lotus Pose juga memiliki kelebihan dari sisi terapeutik dan  meditatif yang dapat membantu Anda untuk relaksasi dan meningkatkan fokus dan kesadaran Anda sepanjang hari.

Gerakan ini dengan luar biasa akan menenangkan otan dan tubuh Anda, dan bahkan bisa meringankan ketidaknyamanan ketika masa haid dan sakit panggul. Lotus Pose juga diketahui memiliki efek dapat mempermudah proses melahirkan jika dilakukan secara rutin pada trimester akhir.

 

Modifikasi dan Variasi

Jika Anda menyukainya, Anda bisa menggunakan matras yoga, bantal tipis atau selimut lipat untuk tambahan agar lebih nyaman bagi punggung dan pantat Anda – orang dengan sakit unggung mungkin menyadari bahwa cara ini sangat membantu.

Jika Anda melalukan gerakan ini setiap hari, berhat-hatilah bahaya menyilangkan kaki dapat membuat pinggan Anda sakit dan tidak nyaman. Untuk menghindari ini, cobalah untuk berganti-ganti kaki yang tekuk sehingga Anda tidak mendorong satu sisi pinggul terlalu lama.

Anda akan menemukan cara yang mudah untuk mengingat kaki mana yang Anda gunakan pada hari sebelumnya, seperti kaki kiri diatas pada hari genap, atau apapun yang sesuai bagi Anda.

Jika latihan ini menyenangkan bagi Anda, mengapa tidak mencoba belajar gerakan Tadasana.

Butuh guru Yoga ?

Apakah Anda menyukai artikel nya?

5,00/5 - 1 suara
Loading...

Kurniawan

Seseorang yang senang berbagi ilmu dan pengetahuan yang diharapkan akan bermanfaat bagi banyak orang