Bimbingan Akademik Musik Seni dan hobi Bahasa Olahraga dan kesehatan
Bagikan

Cara Membedakan Berbagai Jenis Praktik Yoga

Oleh , dipublikasikan pada 20/05/2019 Blog > Olahraga dan kesehatan > Yoga > Banyak Pose Yang Bervariasi Namun Tidak Sedikit Pula Pose Yang Hampir Sama, Perlu Adanya Metode Untuk Mempelajari Jenis Pose Dan Gerakan Yoga!

Apakah Anda merasa stres dalam kehidupan sehari-hari? Antara mengurus anak, pekerjaan, tagihan, tugas, dan semua gangguan yang selalu membebani pikiran Anda, tentu Anda merasa kesulitan untuk bersantai.

Omong-omong, beberapa dari Anda mungkin akan melakukan olahraga lari sebagai solusinya. Masalahnya, Anda yang tinggal di kota besar tidak memiliki ruang hijau di dekat rumah untuk berlari (berlari di kota dengan banyaknya kepulan asap kendaraan bukanlah ide yang bagus).

Di sisi lain, banyak orang yang mengagumi manfaat yoga!

Akan tetapi, bagaimana cara memilih kelas yoga yang tepat di dekat saya?

Pelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang setiap jenis yoga dan sejarah Yoga!

Hatha Yoga

Hatha Yoga adalah jenis yoga yang paling umum di Barat.

Jenis yoga ini dipraktikkan dengan menghubungkan serangkaian pose dan mempertahankannya (sekitar 3 menit untuk masing-masing pose) serta dikaitkan dengan latihan konsentrasi dan pernapasan.

Setiap sesi selalu diakhiri dengan beberapa teknik relaksasi.

hanya yoga yang mampu menyeimbangkan antara jiwa dan raga Tujuan utama yoga adalah untuk menyelaraskan tubuh dan emosi. Sumber: Pixabay

Tersedia berbagai tingkatan dalam jenis yoga ini: mulai dari tingkat pemula hingga tingkat ahli.

Tarif kelas yoga berkisar antara Rp239.000 sampai Rp399.000 per 1,5 jam. Untuk tarif pelatihan privat, Anda bisa mendiskusikannya dengan instruktur.

Jika Anda berlatih yoga secara teratur, Anda akan segera meningkatkan:

  • Kelenturan tubuh;
  • Konsentrasi;
  • Ingatan;
  • Kualitas tidur;
  • Manajemen kecemasan dan stres.

Mengapa tidak mempelajari asal usul yoga sekalian?

Kripalu Yoga

Kripalu Yoga berasal dari Hatha Yoga.

Jenis yoga ini juga didasarkan pada pernapasan, meditasi, relaksasi, pemeliharaan postur, serta pengetahuan tentang tubuh.

Kata kripalu berarti “kasih sayang”. Jadi, dalam mempraktikkan jenis yoga ini, Anda perlu berfokus untuk mencari kebijaksanaan batin dan kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari.

Jika Anda tertarik pada pengembangan diri, ini adalah jenis yoga yang cocok untuk Anda.

Kundalini Yoga

Kundalini Yoga berfokus pada harmonisasi pusat energi dan membangkitkan energi vital.

Yoga ini terdiri dari aktivitas fisik yang disebut kriya (“sedang bergerak” dalam bahasa Sansekerta) berdasarkan:

  • Relaksasi;
  • Serangkaian gerakan progresif (tujuannya adalah untuk melakukan pose sebanyak mungkin dengan lembut);
  • Pernapasan;

Dengan praktik yang konsisten, Anda akan mampu melawan stres dan juga bisa menjalin hubungan dengan orang lain dengan lebih alami.

Power Yoga

Power Yoga adalah jenis yoga yang muncul barubaru ini.

Seperti namanya, ini adalah jenis yoga yang sangat dinamis yang dipraktikkan dengan melakukan serangkaian pose dengan berurutan.

Yang unik adalah, jenis yoga ini dipraktikkan di ruangan bersuhu panas.

Dengan demikian, jenis yoga ini ditujukan terutama untuk orang-orang yang memiliki kondisi fisik yang baik.Jika Anda memiliki masalah kardiovaskular atau pernapasan, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter Anda.

Bagaimanapun juga, Power Yoga bermanfaat untuk:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh;
  • Mengencangkan otot;
  • Meningkatkan sirkulasi darah;
  • Menghasilkan manajemen stres yang lebih baik.

Iyengar Yoga

Iyengar Yoga adalah salah satu bentuk yoga modern yang lain.

Seperti semua jenis yoga lainnya, Inyegar Yoga didasarkan pada pernapasan dan pose yang dipraktikkan secara teratur.

Dalam jenis yoga ini, berbagai pose yoga dilakukan dengan bantuan alat peraga (misalnya tali yoga dan kursi).

Alat peraga tersebut digunakan untuk memfasilitasi praktik yoga dan mempermudahnya untuk pemula.

Sivananda Yoga

Sivananda Yoga juga merupakan salah satu bentuk yoga modern.

Namun, jenis yoga ini juga mengadopsi prinsip yoga yang lebih tradisional yang mempromosikan:

  • Berpikir positif;
  • Meditasi;
  • Pernafasan;
  • Relaksasi.

jalanilah kehidupan rutin dengan lebih bahagia dengan berlatih yoga setaip saat Yoga: cara menjalani kehidupan sehari-hari. Sumber: Visual hunt

Alhasil, bentuk yoga ini didasarkan pada 5 prinsip:

  • Mempraktikkanpose yang lembut untuk tubuh;
  • Melakukan pernapasan yang baik sepanjang sesi;
  • Merilekskan tubuh dan pikiran;
  • Mempromosikanpemikiran positif melalui meditasi;
  • Memakan makananvegetarian.

Tidak masalah jika Anda suka daging. Kalau Anda tidak suka daging, jenis yoga ini mungkin menarik bagi Anda.

Sudarshan Kriya Yoga

Ini adalah jenis yoga yang sepenuhnya didasarkan pada pelatihan pernapasan. Anda tidak perlu melakukan serangkaian pose dalam yoga ini.

Anda harus mengadopsi satu pose yoga selama sesi Sudarshan Kriya Yoga, yakni pose lightning bolt (atau thunderbolt) dengan duduk di atas tumit, lutut tertekuk dan rapat, tulang belakang tegak, dan tangan diletakkan pada paha (telapak tangan menghadap ke bawah).

Kemudian, Anda hanya perlu mendengarkan ritme pernapasan alami Anda.

Tujuannya adalah untuk menciptakan hubungan antara tubuh dan pikiran dengan bernapas guna menyinkronkan semua ritme biologis Anda.

Menurut para penggiatnya, jenis yoga ini menawarkan dapat memberikan kesejahteraan dan harmoni serta menyingkirkan emosi negatif (kemarahan, stres, depresi, kekhawatiran, cemas, dan lain-lain).

Temukan juga sejarah yoga yang luar biasa!

Prenatal Yoga

Jika Anda adalah seorang penggiat yoga yang sudah ahli dan Anda sedang hamil, jangan khawatir. Anda masih bisa menyesuaikan rutinitas yoga harian Anda sesuai kebutuhan.

Namun, sebagai aturan umum, praktik yoga tidak disarankan untuk wanita hamil yang baru memulai yoga.

Jika Anda masih ingin melakukan yoga, kami sarankan Anda memeriksanya Prenatal Yoga yang dikhususkan untuk wanita hamil).

Prenatal yoga sangat baik untuk masa kehamilan karena dapat membantu Anda untuk mempersiapkan proses kelahiran.

Yoga ini membantu Anda untuk:

  • Rileks;
  • Bercengkerama dengan tubuh dan calon buah hati Anda;
  • Meningkatkan kelenturan tubuh Anda (atau mempertahankannya);
  • Bernafas dengan lebih baik;
  • Mencegah perubahan mood;
  • Mempelajari tentang proses kelahiran serta peran Anda sebagai seorang ibu;
  • Meminimalisir rasa sakit fisik yang terkait dengan perkembangan anak (terutama yang terkait dengan daerah punggung).

Yang unik dari jenis praktik yoga ini adalah bahwa sang instruktur mempunyai pengalaman dalam melatih ibu hamil.

Instruktur Anda dapat membantu Anda dengan praktik cara yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Yoga Nidra

Nama lain dari Yoga Nidra adalah “yogic sleep”. Jadi, dari namanya dapat disimpulkan bahwa jenis yoga ini sangat santai.

Faktanya, jenis yoga ini lebih dekat dengan sophrologi.

Jenis yoga ini biasanya dilakukan dengan berbaring, dengan punggung lurus dan kaki sedikit terentang, atau dengan duduk.

Sesi yoga ini dimulai dengan beberapa metode relaksasi yang disertai dengan pernapasan dalam yang teratur dan lambat.Praktik ini akan membantu Anda masuk ke kondisi yang mendekati tidur.

Anda benar-benar bisa rileks, tetapi Anda masih bisa menyadari akan apa yang sedang terjadi di sekitar Anda.

Sebagai aturan, sang instruktur akan membimbing para peserta untuk memvisualisasikan lingkungan yang menenangkan. Cara ini berfungsi untuk membantu meredakan setiap emosi negatif yang dimiliki.

Yoga ini dapat memberikan sejumlah manfaat berupa:

  • Bisa tidur dengan lebih muda;
  • Meningkatnya kualitas tidur;
  • Manajemen stres dan emosi Anda yang lebih baik;
  • Bisa lebih fokus.

Ashtanga Yoga – Raja Yoga

Raja Yoga adalah nama lain dari Ashtanga Yoga (atau Astanga Yoga).

Dalam bahasa Sanskerta, “raja” berarti “kerajaan” sementara “asta” berarti “delapan” dan “anga” berarti “anggota”.

Jadi, seperti yang bisa kita bayangkan, ini adalah jenis yoga yang penting.8 tahaan dalam yoga ini (seperti yang dijelaskan oleh Patanjali dalam Yoga Sutra-nya) adalah:

  • Yama: pembatasan diri;
  • Niyama: ketaatan;
  • Asana: posisi tubuh;
  • Pranayama: bernapas;
  • Pratyahara: transendensi sensorik;
  • Dharana: konsentrasi;
  • Dhyana: meditasi;
  • Samadhi: realisasi diri.

Yoga ini dianggap sebagai salah satu varian yoga yang paling komprehensif (yang juga sering disebut “yoga of the culmination”).

sun salutation adalah pose yang selalu dilakukan oleh yogi Salah satu contoh serangkaian pose yoga: surya namaskar (sun salutation). Sumber: Visual hunt

Dalam yoga ini, Anda akan menemukan semua campuran dari semua jenis yoga.

Vinyasa Yoga

Vinyasa Yoga berasal dari ashtanga yoga. Namun, berlawanan dengan Ashtanga Yoga yang selalu dipraktikkan dengan melakukan serangkaian pose yang sama secara urut, Vinyasa Yoga lebih bebas dan dinamis.

Dengan selalu berfokus pada pernapasan, Anda akan melakukan pose yoga secara dinamis untuk menyinkronkan gerakan Anda dengan tarikan napas Anda.Semuanya dimulai dari ini.

Jika Anda memiliki gambaran bahwa yoga itu statis atau hanya dipraktikkan dengan berbaring, jenis yoga ini akan mengejutkan Anda karena sangat berirama dan intens.

Seperti koreografi, Anda akan melakukan setiap pose satu demi satu dengan cara yang mengalir dan mudah.

Sangat populer di kalangan orang yang suka melakukan olahraga dalam ruangan, jenis yoga ini bisa dilakukan oleh semua umur.

Selain membentuk tubuh Anda tanpa melakukan aktivitas untuk membentuknya, Anda juga bisa menghilangkan lemak serta menghilangkan energi negatif.

Menurut para spesialis, Anda perlu menjadi sedikit atletis untuk sepenuhnya menyadari manfaat Vinyasa Yoga.

Anusara Yoga

Anusara Yoga adalah jenis yoga lain yang baru muncul dalam beberapa tahun terakhir. Berpusat pada jantung dan memahami tubuh, ini adalah yoga yang dapat dilakukan oleh semua orang.

Seperti halnya Vinyasa Yoga, praktik Anusara Yoga juga terdiri dari melakukan serangkaian pose secara berurutan dengan kebebasan penuh.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan kembali kepercayaan diri dan kemampuan dengan berhasil melakukan pose yoga yang pada awalnya terlihat sulit dipraktikkan.

pose sulitpun nanti akan anda kuasai jika rajin berlatih Dengan latihan yang cukup, suatu hari nanti Anda pasti bisa melakukan pose semacam ini. Sumber Visual hunt

Dengan mengandalkan meditasi, konsentrasi, dan latihan pernapasan, Anda akan keluar dari kelas yoga dengan perasaan yang sangat rileks.

Itu dia beberapa jenis yoga yang paling umum di Barat. Jika Anda tertarik dengan praktik ini, kami sarankan Anda memeriksa daerah sekitar rumah Anda untuk mencari sejumlah asosiasi yoga yang menawarkan pelatihan yoga. Dengan ini, Anda bisa menjelajahi berbagai jenis yoga yang tidak pernah Anda bayangkan.

Namun, jika Anda ingin meraih prestasi dalam jenis yoga tertentu, mengapa tidak memeriksa profil para instruktur yoga di Superproof sekalian?

Mungkin Anda akan menemukan seorang yogi yang dapat memberi Anda ketenangan yang selama ini Anda cari.

Bagaimanapun juga, di dunia yang segala sesuatunya bergerak dengan sangat cepat dan di dunia yang semakin sulit untuk fokus pada diri sendiri dan emosi Anda, yoga adalah sumber mata air kebahagiaan yang dapat mengobati penyakit kehidupan modern, seperti stres terutama, serta kelelahan, kemarahan, atau kecemasan tentang masa depan.

Ketika saya mencari kelas yoga dekat saya di Indonesia, saya menemukannya di Superprof. Platform ini menyediakan ratusan instruktur untuk semua disiplin yoga di seluruh negeri.

Bagikan

Para pembaca kami menyukai artikel ini
Apa artikel ini berguna untuk mu?

Tidak ada informasi yang bergunaOke, namun masih harus ditingkatkanArtikel ini cukup bermanfaatTerima kasih! Artikel ini sangat bermanfaatPuas sekali dengan artikel ini (Berikan penilaian anda)
Loading...
avatar