“Kamu bisa menjernihkan pikiran selama latihan. Tinju adalah olahraga yang bagus untuk kaum perempuan; tinju benar-benar aman.” Katie Tay lor (Peraih Medali Emas Olimpiade Tinju)

Dalam proses perkembangannya, tinju semakin banyak diminati. Setiap tahun, ada lebih banyak orang yang ingin mempelajari tinju dan mengikuti kelas tinju untuk membentuk otot serta meningkatkan gerak langkah kaki dan pukulan mereka.

Anda mungkin menganggap tinju sebagai olahraga yang kasar dan hanya diperuntukkan bagi pria! Sejak satu dekade yang lalu dan terutama dalam beberapa tahun terakhir, tinju wanita menjadi lebih populer dan bahkan lebih trendi.

Lalu bagaimana cara memilih tipe tinju wanita yang cocok untuk Anda dan bersenang-senang sambil mendapatkan tubuh yang bugar?

Adam
Adam
Guru Tinju
Rp30,000/h
Kursus pertama gratis!
Juan
Juan
Guru Tinju
Rp30,000/h
Kursus pertama gratis!
Toto
Toto
Guru Tinju
Rp200,000/h
Kursus pertama gratis!
Fadel
Fadel
Guru Tinju
Rp50,000/h
Kursus pertama gratis!
Muhamad eggi
Muhamad eggi
Guru Tinju
Rp50,000/h
Kursus pertama gratis!
Misael
Misael
Guru Tinju
Rp60,000/h
Kursus pertama gratis!
Eva
Eva
Guru Tinju
Rp50,000/h
Kursus pertama gratis!
Richard
Richard
Guru Tinju
Rp50,000/h
Kursus pertama gratis!

Tinju Wanita, antara Pertarungan dan Kebugaran

Tinju wanita tidak hanya soal tendangan seperti dalam kickboxing, atau melakukan pertarungan bebas tanpa aturan. Kami membedakan tinju wanita dari tinju pria karena satu alasan sederhana: keduanya tidak sama! Sebaliknya, Anda akan berpartisipasi dalam suatu jenis seni bela diri yang berbeda.

wanita juga bisa tinju
Tinju bukan hanya untuk pria! (Jadi urce: Pixabay)

Tapi, apa yang dimaksud dengan tinju wanita? Jika Anda berpikir Anda akan mendapatkan kesempatan untuk memukul lawan Anda dengan tangan kosong atau menggunakannya sebagai karung tinju, Anda salah: seperti karate, dan seni bela diri lain, tinju mematuhi sejumlah peraturan etis. Penguasaan diri adalah kata kunci dalam kelas tinju wanita: Anda harus belajar cara memberikan pukulan, tetapi dengan cara yang tepat, kuat, dan efektif.

Carilah kelas tinju dekat Anda dan mulai pelatihan Anda.

Jadi, ada dua jenis tinju wanita:

  • Tinju Pertarungan (combat boxing)
  • Tinju Kebugaran (fitnes boxing)

Tipe pertama lebih berfokus pada tinju: seorang instruktur akan melatih Anda dengan menghadapi lawan, baik di atas ring atau hanya dengan melayangkan pukulan ke karung tinju jika Anda mau. Pada tipe kedua, Anda mendapatkan semua manfaat tinju tanpa harus melakukan adu fisik, sebagai gantinya, tujuannya adalah: untuk mengencangkan dan membentuk otot serta menurunkan berat badan.

Jika kedua jenis tinju wanita tersebut kelihatannya berbeda, pada kenyataannya, keduanya juga memiliki banyak kesamaan. Misalnya, persiapan fisik dan pelatihannya sama: pemanasan, melatih tubuh, melakukan serangkaian gerakan, peregangan, hampir sama seperti kelas Pilates klasik.

Selain itu, peralatan tinju juga sangat menunjang pelatihan Anda, apakah Anda berlatih sesekali atau teratur, Anda akan membutuhkan:

  • Sarung tinju untuk memukul
  • Karung tinju untuk melatih pukulan
  • Peralatan pelindung: pelindung mulut, pelindung tulang kering, pembalut tangan
  • Sepatu tinju, untuk menyempurnakan gerak langkah kaki Anda

Entah itu melayangkan tinju ke udara, ke karung tinju, atau bertinju di atas ring, olahraga ini tentu dapat membantu Anda mencurahkan perasaan yg terpendam! Namun, untuk melangkah lebih jauh sepanjang karier tinju Anda, Anda harus memilih antara pertandingan atau kebugaran, dan juga memilih beberapa opsi tinju yang tersedia. Setiap pesaing atau juara dunia akan memberi tahu Anda: tidak ada yang lebih baik dari tinju untuk mendapatkan bentuk tubuh impian Anda!

Untuk bagian saya, saya meningkatkan kebugaran fisik saya di akhir setiap sesi dengan melakukan satu set lompat tali, kemudian beberapa latihan abs (perut) lalu saya akhiri dengan beberapa peregangan! 

Ingin mencoba sesuatu yang berbeda, cari “kelas boxercise di dekat saya”.

Jenis-Jenis Tinju yang Bisa Dipraktikkan oleh Wanita

Pada kenyataannya, tinju tetaplah tinju. tinju wanita hanya merujuk pada fakta bahwa wanita hanya akan melawan wanita, dan pria juga akan bertarung melawan pria. Pelatihan campuran tidak diperbolehkan dalam disiplin ini.

berbagai macam tipe tinju
Apakah Anda lebih suka tinju pertarungan, tinju kebugaran, atau mungkin perpaduan dari keduanya?! (Sumber: Pixabay)

 

Di dalam tinju, ada beberapa pilihan tinju pertarungan yang terdiri dari beberapa seni bela diri terbaik. Khususnya:

  • Tinju Prancis
  • Tinju Inggris
  • Tinju Thailand
  • Muay Thai
  • Tinju Amerika
  • Tinju Burma

Ini adalah jenis-jenis utama yang termasuk dalam kelompok tinju pertarungan yang diajarkan kepada wanita di klub olahraga atau gym tinju. Yang paling terkenal (dan paling populer) di antaranya adalah: tinju Inggris, tinju Savate Prancis, dan tinju Thailand. Mengapa? Karena ketiganya memiliki gerakan teknis yang lebih sesuai dengan gaya feminin.

Misalnya, dalam tinju Inggris, Anda hanya akan menggunakan pukulan dan hanya boleh membidik wajah dan dada. Ini sangat ideal untuk membantu Anda belajar dan mendapatkan kepercayaan diri dalam pertarungan saat Anda masih pemula.

Dalam tinju Savate Prancis berada di level yang lebih tinggi karena Anda akan menggunakan tinju dan kaki Anda. Semua jenis serangan diperbolehkan dan jenis tinju ini dianggap sebagai salah satu jenis yang paling estetik.

Kemudian, dalam tinju Thailand Anda akan menggunakan seluruh bagian tubuh Anda untuk menyerang (termasuk siku dan tulang kering) dan tentunya tinju ini relatif lebih teknis dan lebih intens.

Untuk mempraktikkan jenis tinju yang lain, pertama-tama Anda memerlukan pelatihan pengantar, atau dengan memiliki tingkat keterampilan yang cukup tinggi. Sebagai contoh, tinju Burma dipraktikkan dengan kaki dan tangan telanjang, sementara tinju Amerika dipraktikkan tanpa pukulan low blow, artinya, semua pukulan harus berada di atas ikat pinggang.

Ada disiplin tinju lain yang disesuaikan khusus untuk wanita, dan sangat populer:

  • Ladies boxing, dengan teknik yang disesuaikan dengan latihan yang lebih lembut.
  • Adi boxing, yang memadukan antara kebugaran dan tinju.
  • U'Box Thai, versi kardio dari tinju tradisional Thailand
  • Ladies Self-defense, yang menggabungkan persiapan mental dan fisik untuk bertahan menghadapi bahaya.

Untuk memilih jenis tinju yang tepat untuk Anda, pertama-tama Anda perlu menentukan tujuan utama Anda, apakah tujuan Anda: menurunkan berat badan, belajar mempertahankan diri, mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan, atau memperkuat kardio Anda?

Pilih Gaya Tinju yang sesuai dengan Tujuan Anda

Dalam tinju wanita, mempraktikkan tinju di atas ring saja tidak cukup. Anda juga harus memiliki keadaan pikiran yang menyertainya: Anda harus mengetahui postur utama posisi menyerang dan bertahan (termasuk tangkisan) dan belajar cara membaca pola permainan musuh Anda untuk menganalisis kelemahannya. Ini adalah olahraga yang penuh dengan strategi.

“Tinju itu seperti catur. Anda mendorong lawan Anda untuk melakukan kesalahan sehingga Anda bisa memanfaatkannya. Orang-orang berpikir bahwa Anda naik ke atas ring hanya dengan keinginan untuk memukul lawan, tetapi tinju bukan tentang agresi. Berusaha agar tidak dirobohkan oleh lawan penuh dengan strategi.” Nicola Adams (Peraih Medali Emas Olimpiade Tinju).

tujuan tinju untuk wanita
Kebugaran, peningkatan teknis, kinerja: tujuan setiap wanita sangat berbeda.

 

Tinju bukan hanya dilakukan di dalam tempat angkat beban, tempat Anda melatih perut, melakukan angkat berat, atau melatih bokong Anda. Lebih dari itu: tinju juga terinspirasi oleh teknik lain seperti pugilism, cross training, atau fencing.

Praktisi disiplin ini akan memberi tahu Anda bahwa ada juga banyak variasi tinju yang bagus:

  • Pertarungan tangan kosong
  • Kontak fisik penuh (tinju Amerika)
  • Tinju Cina
  • Pertarungan bebas
  • Kickboxing
  • MMA
  • Jiu Jitsu
  • Self-defense
  • Tinju kardio

Cukuplah untuk mengatakan bahwa ada banyak varian tinju wanita: tetapi Anda bebas untuk menentukan tujuan Anda sebelum Anda mulai. Dalam banyak kasus, jenis tinju tradisional juga dikombinasikan dengan salah satu varian di atas yang sedikit lebih agresif, baik secara fisik maupun mental. Jenis gabungan semacam ini membutuhkan persiapan yang intensif dan kondisi fisik.

Perlu diketahui bahwa beberapa varian tersebut bisa sangat agresif dan bahkan kasar: misalnya, tidak ada versi perempuan dari beberapa kejuaraan, atau setidaknya kejuaraan tersebut tidak bisa diikuti oleh masyarakat umum. Untuk memulai mempraktikkan tinju dan variasinya, Anda juga harus melawan stereotip dalam disiplin ini!

Intinya, Anda harus memiliki pelatih tinju atau pelatih pribadi yang dapat menemani Anda selama sesi tinju Anda. Berlatih sendirian, dengan sarung tangan, pembalut tangan, dan peralatan tinju terkadang bisa memberikan hasil yang mengecewakan. Tentunya Anda tetap termotivasi untuk berlatih tinju, entah apa pun jenisnya:

  • Tinju yoga
  • Tinju di gym
  • Tinju Pilates
  • Tinju kebugaran
  • Meditasi tinju (terinspirasi oleh postur yoga)

Sebagai catatan, banyak olahragawan hebat, baik dari kaum pria maupun wanita, yang berlatih seni bela diri seperti tinju atau variannya dalam pelatihan mereka: seorang Juara Olimpiade juga mengambil kelas tinju untuk melatih kardio mereka, seperti halnya pemain sepak bola profesional yang ingin mendapatkan kekuatan dan ketangkasan mereka.

Bagaimana Cara Mengikuti Kelas Tinju Wanita?

Untuk mempelajari tinju wanita, tidak ada cara yang lebih baik dibandingkan langsung pergi ke tempat-tempat yang mengajarkan seni bela diri kuno ini. Anda bisa mengunjungi:

  • Sekolah tinju
  • Klub tinju profesional
  • Gym yang menawarkan olahraga pertarungan
  • Gym tinju
    lokasi tinju sesuai dengan yang kita inginkan
    Entah itu di atas ring atau di rumah, ikuti kelas tinju agar Anda merasa lebih baik! (Sumber: Pixabay)

    Anda bisa berlatih berbagai jenis tinju, tergantung tujuan Anda:

    • Tinju amatir
    • Tinju pemula
    • Pelatihan tinju
    • Leisure boxing
    • Educative boxing

    Ada pilihan untuk segala usia bukan dan selera! Ada kelas berkelompok, kelas percobaan, atau kelas pengantar pertama untuk varian tinju yang ingin Anda coba. Secara umum, Anda harus terlebih dahulu melatih otot dan kardio Anda karena ini merupakan fondasi yang sangat penting untuk menangkis pukulan dan serangan lawan di atas ring tinju atau di atas matras latihan.

    Kemudian, Anda akan siap untuk menghadapi bagian berikutnya dari petualangan Anda! Ikuti bimbingan pelatih Anda dan langsung mulai bertinju, itulah tujuannya, bukan?

    Jika Anda ingin berlatih tinju di tingkat kompetitif, Anda perlu menerapkan pola makan tertentu serta gaya hidup sehat.

    Untuk ini, para pelatih kami di Superprof dapat menjadi aset yang bagus untuk perjalanan Anda: memiliki hasrat yang kuat dengan olahraganya, seperti Anda, mereka mendedikasikan karier mereka (dan hari-hari mereka) untuk mengajarkan pengetahuan mereka, mengajarkan taktik bertarung, dan membagikan pengalaman tinju profesional mereka. Yang harus Anda lakukan adalah menetapkan jadwal latihan dengan mereka baik di rumah maupun di gym, dan Anda pasti akan berkembang dengan cepat.

    Keuntungan dari tinju adalah olahraga ini sangat populer, terutama akhir-akhir ini, jadi Anda tidak akan kesulitan menemukan petinju amatir, pelatih, atau mentor yang bisa mencatat kemajuan Anda.

    Jadi, apakah Anda sudah siap melayangkan 1-2 pukulan seperti Katie Taylor?

Butuh guru Tinju ?

Apakah Anda menyukai artikel nya?

0.00/5, 0 votes
Loading...

Kurniawan

Seseorang yang senang berbagi ilmu dan pengetahuan yang diharapkan akan bermanfaat bagi banyak orang