Split adalah gerakan mengesankan yang harus dipelajari semua penari.

Baik itu untuk balet, battle hip-hop, koreografi jazz modern, atau bahkan split depan atau samping, ini adalah bagian umum dari rutinitas pemanasan tarian standar.

Tapi tidak semua orang cocok untuk langkah ini. Ini akan sangat tergantung pada tingkat motivasi, usia, dan pengalaman Anda

Untuk membantu Anda dalam proses ini, berikut beberapa latihan tari yang harus dilakukan secara teratur untuk hasil yang lebih baik. 

Pemanasan Pada Peregangan Split

Apakah Anda baru saja meyakinkan diri sendiri untuk mempelajari cara melakukan split jika Anda merasa kaku bagaikan papan setrika?

Ini akan membutuhkan waktu dan tekad, tetapi tidak ada yang tidak mungkin bukan?.

Jadi mari kita mulai dengan aturan pada bentuk seni ini. Pertama-tama, jangan pernah meremehkan pentingnya pemanasan.

Dalam olahraga apa pun, pemanasan adalah langkah pertama untuk latihan yang benar. Ini membantu menghindari cedera yang terkadang cukup serius, terutama saat mencoba melakukan split tanpa persiapan yang memadai.

Jika Anda sebelumnya aktif berolahraga, manfaatkanlah pemanasan dan lakukan beberapa latihan peregangan tari.

Berenang, berlari, atau jalan cepat adalah aktivitas yang bagus untuk mulai melatih kardio Anda. Olahraga baru kini mulai bermunculan dan bisa sangat efektif untuk melatih daya tahan kita.

Latihan peregangan harus berlangsung masing-masing sekitar 30 detik agar efektif.

Ulangi dalam satu set agar otot Anda terbiasa bekerja. Tapi tetap hati-hati, jangan tarik otot terlalu kuat!

Meskipun Anda merasa ingin cepat lentur, meluangkan waktu lebih adalah cara terbaik untuk sukses.

Dianjurkan untuk berhenti saat mulai terasa sakit. Jika ini terjadi, jangan diteruskan.

Dan untuk meningkatkan pemanasan Anda, pertimbangkan untuk mengenakan pakaian yang sesuai. Itu berarti pakaian yang membuat  Anda merasa nyaman, dapat bernapas dan membuat Anda cukup hangat.

cobalah melakukan pemanasan di taman
Kenapa tidak mencoba pemanasa di taman? Sumber : Visual Hunt.

Jika Anda melakukan latihan ini sendirian, ini bukan berarti Anda tidak membutuhkan instruktur ke depannya untuk menghindari kesalahan atau membahayakan diri sendiri.

Peregangan dan Latihan Split Depan

Split depan memang paling terkenal dan paling populer di kalangan pemula. Dan ini sangatlah berkesan.

Tetapi dibutuhkan waktu dan upaya yang lebih besar untuk berhasil melakukan hal yang begitu lentur tersebut. Karena tidak semua dari kita adalah manusia karet.

Untuk mencapainya, penari harus rutin melatih otot termasuk paha belakang dan paha bagian dalam.

Berikut beberapa latihan yang akan membantu Anda menguasai split yang terkenal dan yang membuat semua orang kagum ini!

Pose Butterfly

Pecinta binatang dan serangga jangan tertipu dengan nama latihan ini. Karena sebenarnya ini salah satu bentuk latihan penyiksaan.

Untuk melakukan gerakan ini, duduklah di lantai dengan bersandar ke dinding jika memungkinkan.

Letakkan telapak kaki Anda di lantai dan pegang pergelangan kaki Anda. Perlahan-lahan turunkan dada Anda ke depan sambil menurunkan lutut ke lantai.

Berhati-hatilah agar tidak memaksakan diri. Ini adalah latihan pertama Anda dan tubuh Anda perlu membiasakan diri. Apalagi memaksa beraktivitas hanya akan menimbulkan cedera.

Anda hanya perlu bersabar untuk mencapai impian Anda melakukan split.

Posisi V

Agar terbuka lebar, posisikan diri Anda ke dinding dan regangkan kaki Anda di depan Anda, pastikan kaki Anda menyentuh tanah.

Rentangkan sebisa mungkin. Cobalah untuk memindahkannya ke dinding.

Tentu saja, ini belum bisa dilakukan karena Anda masih berlatih, tetapi lakukan yang terbaik tanpa terlalu memaksakan gerakan.

Langkah kedua adalah condongkan dada Anda ke depan. Anda harus merasakan ini bereaksi di bagian dalam paha.

Ada variasi lain dari latihan ini yang terus melatih bagian dalam kaki.

Tetap di posisi V dan jangan angkat bokong Anda. Regangkan tubuh Anda ke depan, posisikan diri Anda di atas masing-masing kaki secara bergantian.

split tidak hanya dilakukan oleh penari
Ini tidak hanya untuk penari! Sumber : Pixabay

Gravitasi adalah teman terbaik Anda!

Latihan terakhir ini lebih santai dari latihan sebelumnya.

Berbaring saja dengan punggung di lantai dan bokong menempel di dinding.

Rentangkan kaki Anda dalam posisi V seperti latihan sebelumnya.

Satu-satunya perbedaannya adalah kaki Anda akan terangkat kali ini. Gravitasi akan melakukan keajaibannya pada kaki Anda dan ini akan meregangkannya secara perlahan-lahan.

Latihan ini memungkinkan Anda untuk bersantai di akhir sesi latihan karena tidak membutuhkan banyak usaha. Yang harus Anda lakukan adalah membiarkan diri Anda bebas.

Anehnya, agar benar-benar efektif, Anda perlu melakukan latihan ini selama sepuluh menit. Tapi lihat itu sebagai cara untuk maju serta bentuk latihan pernapasan.

Karena pernapasan sangat penting dalam setiap latihan. Ini membantu kita menahan rasa sakit dan stres dengan lebih baik.

Peregangan dan Latihan Split Samping

Split samping kurang populer dibandingkan rekannya yang terkenal itu, namun, dalam tarian, penting untuk menguasainya.

Dengan melakukan beberapa latihan ini secara teratur, Anda akan mencapai tujuan Anda dan mungkin suatu saat Anda bisa menjadi seorang penari profesional.

Latihan Lunge

Pertama-tama, front lunge adalah posisi yang perlu ditahan selama sekitar 30 detik.

Ini dilakukan dengan menggerakkan satu kaki ke depan dan memposisikannya pada sudut kanan.

Kaki belakang harus direntangkan jauh di belakang tapi jangan terlalu memaksakan. Jika Anda merasa  sakit, segera hentikan. Yang Anda perlukan hanya merasa sedikit tarikan pada otot.

Keuntungan lain dari front lunge adalah membantu meningkatkan kelenturan untuk membantu Anda menguasai gerakan split.

Ini membutuhkan sedikit penyesuaian dari front lunge klasik. Kali ini lutut belakang harus berada di lantai. Tahan posisi ini selama 30 detik sebelum dilepaskan.

dimungkinkan sampai jari kaki menyentuh hidung
Bisakah Anda menggaruk hidung Anda dengan jari kaki? Sumber: Pixabay

Sekarang mari kita coba back lunge.

Latihan ini memungkinkan Anda untuk melatih diri secara bergantian pada berbagai bentuk lunge agar tidak diri Anda tidak merasa lelah atau terbebani di bagian yang sama.

Back lunge melatih otot-otot posterior paha. Untuk ini, Anda harus memindahkan beban tubuh Anda ke kaki belakang dengan cara regangkan kaki depan Anda.

Semua jenis lunge dapat melatih otot kaki dan meregangkannya.

Kuncinya adalah berlatih lunge secara bergantian untuk melatih beberapa bagian otot dalam latihan yang sama.

Setelah latihan lunge selesai, kembali ke posisi sebelumnya dan coba turunkan siku ke depan sambil menjaga kaki belakang tetap lurus. Ini akan melatih otot panggul Anda akhirnya.

Sekarang Anda siap untuk mencoba melakukan split samping.

Kesuksesan itu bertahap tetapi paling tidak sekarang Anda dapat mencoba menurunkan panggul Anda ke batas pribadi kemampuan Anda, selalu pertimbangkan ambang batas sakit Anda.

Berapa Lama yang Dibutuhkan untuk Bisa Melakukan Split?

Split adalah latihan yang memakan waktu, bahkan bukan waktu yang sebentar.

Apalagi jika Anda belum pernah melakukan senam sebelumnya atau olahraga lain yang membutuhkan kelenturan tinggi.

Waktu yang Anda habiskan untuk menyelesaikan perpindahan ini tergantung dari berbagai faktor.

Beberapa orang bercermin dari latihan atau olahraga di tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu, akan memudahkan mereka untuk menemukan tolok ukur dan model latihan yang akan dilakukan. Selain itu, tubuh mereka kurang lebih akan merekam memori pelatihan mereka di sebelumnya.

Jika Anda belum pernah mengikuti kelas gym atau street dance, maka keberhasilan dari latihan ini akan sangat bergantung pada faktor lain.

Beberapa orang lebih lentur dari yang lain dan bahkan memiliki potensi yang lebih besar untuk menjadi penari yang lentur: mungkin saja ini keberuntungan bagi Anda.

referensi kelenturan seperti kucing
Jadilah lentur layaknya seekor kucing. Sumber :Visual Hunt

Usia juga merupakan kunci utama. Semakin muda Anda, semakin mudah untuk melakukan split dan Anda bisa menguasainya dalam waktu yang sangat singkat. Seiring waktu tubuh Anda akan semakin kaku.

Bukan berarti bahwa olahraga ini tidak mungkin dilakukan, hanya saja Anda akan membutuhkan lebih banyak kesabaran dan ketekunan untuk mencapai tujuan Anda.

Motivasi pribadi jadikan sahabat terbaik Anda!

Keinginan untuk mengetahui cara melakukan split harus kuat agar tidak menyerah setelah sesi pertama.

Anda juga harus memperhitungkan intensitas latihan Anda. Satu latihan per bulan akan sangat sulit untuk memperlihatkan hasilnya.

Di sisi lain, berlatihlah ringan setiap hari, mengikuti kelas dansa di sekolah atau di gym setempat, misalnya, maka Anda akan berkembang lebih cepat.

Tentu saja, ketika Anda belajar melakukan split, terkadang sulit menemukan waktu untuk berlatih. Dengan mendapatkan instruktur atau mengikuti pelajaran menari, latihan Anda bisa tetap konsisten.

Tapi semua terserah Anda untuk memutuskan jalan mana yang tepat untuk Anda.

Butuh guru Menari ?

Apakah Anda menyukai artikel nya?

5,00/5 - 1 suara
Loading...

Kurniawan

Seseorang yang senang berbagi ilmu dan pengetahuan yang diharapkan akan bermanfaat bagi banyak orang