Tari, meskipun merupakan bentuk ekspresi artistik, yang pertama dan paling utama, ini adalah bagian dari olahraga. Olahraga yang membutuhkan persiapan fisik sebelum Anda mulai.

Otot Anda harus melakukan pemanasan agar dapat bekerja dengan baik dan tidak mengalami cedera. Tetapi persiapan juga melibatkan latihan peregangan atau relaksasi.

Lingkungan tempat Anda berlatih juga sangat penting. Tempatkan diri Anda dalam kondisi optimal dengan memilih tempat yang tepat, pakaian yang bagus, dan tentunya musik yang bagus juga.

Jadi, ikuti ujian, kuasai split, lakukan latihan relaksasi, apa yang harus Anda lakukan agar siap menari?

Latihan Peregangan Untuk Memulai Sesi Anda

Tidak mungkin untuk memulai sesi olahraga dan pada saatnya nanti kelas dansa tanpa melakukan peregangan sebelumnya. Hal ini dapat menyebabkan cedera yang cukup serius.

Peregangan tarian memungkinkan otot berkontraksi dan berelaksasi. Sebuah langkah yang bahkan lebih penting jika Anda ingin maju dalam tugas ini secepat mungkin.

Untuk memulai pemanasan, bersiaplah!

Ini dimulai dengan pakaian yang akan Anda kenakan selama sesi. Pilihlah pakaian yang lembut dan elastis agar Anda bisa bergerak secara leluasa.

Lingkungan Anda juga sangat penting untuk memastikan Anda dapat melakukan peregangan dalam suasana terbaik. Jika Anda tidak punya ruang di rumah, pergilah ke taman atau tempat gym.

Setelah Anda merasa siap, otot mana yang akan Anda regangkan?

Jawabannya: Ya, seluruh tubuh!

Bahkan saat menari, beberapa otot lebih banyak bekerja daripada yang lain seperti hamstring atau psoas, seluruh tubuh digunakan untuk melakukan koreografi.

Jadi pikirkan tentang peregangan bahu, leher, punggung, panggul, lutut, pergelangan kaki, pergelangan tangan, dll.

Peragangan sangat dibutuhkan
Ingatlah betapa pentingnya peregangan! Sumber: Visual Hunt

Latihan sederhana dapat meregangkan semua bagian tubuh ini secara efektif. Ingatlah pelajaran olahraga Anda selama di sekolah.

Misalnya, Anda dapat mencoba menyentuh jari kaki tanpa menekuk lutut atau melakukan split. Untuk leher, pergelangan tangan, dan pergelangan kaki, tekuklah dengan lembut.

Semua latihan ini membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 15 menit. Mungkin diperlukan waktu lebih lama untuk penari profesional yang meluangkan waktu untuk melatih tiap-tiap ototnya.

Dan bahkan jika Anda bukan seorang profesional, atau setidaknya belum, jangan ragu untuk meluangkan waktu lebih untuk pemanasan. Ini membantu Anda agar tidak terlalu menekan otot Anda.

Selain itu, pemanasan juga dapat membantu Anda merasa santai dan melepas lelah setelah hari yang begitu sibuk di kantor.

Latihan Kelenturan

Dalam diri seorang penari, ada satu kualitas yang sangat dicari; kelenturan.

Untuk membuat perbedaan besar, untuk memperkuat kaki Anda, dan bergerak dengan anggun, Anda harus menemukan keseimbangan yang tepat antara binaraga dan kelenturan.

Relaksasi memiliki banyak manfaat.

Ini tidak hanya dapat membantu Anda dalam karir Anda sebagai penari profesional, tetapi juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan Anda.

Terutama orang-orang yang bekerja di kantor disarankan untuk melakukan latihan kelenturan secara teratur, meskipun hanya dari meja mereka.

Melatih otot dan persendian membantu Anda untuk merasa lebih baik secara keseluruhan dan mencegah masalah kesehatan di masa depan.

Naik tangga, berkebun, mendaki, semuanya menjadi lebih mudah saat Anda merasa lentur. Otot Anda akan lebih aktif dan bugar.

Jadi untuk karir Anda atau hanya untuk kesehatan Anda, latihan relaksasi selalu merupakan ide yang bagus.

Dalam menari, beberapa bagian tubuh lebih penting untuk dilatih daripada yang lain, misalnya punggung atau kaki. Bagian-bagian inilah yang secara khusus memungkinkan untuk melakukan split jika Anda sudah cukup lentur.

dibutuhkan kelenturan untuk segala gerakan tarian
Menjadi lentur akan berguna untuk semua bentuk tarian. Sumber: Visual Hunt

Dan untuk meningkatkan kelenturan, adakah yang lebih baik dari yoga?

Yoga sering digunakan untuk bersantai dan belajar bagaimana hidup di saat ini. Tetapi juga yang kita ketahui, yoga memungkinkan Anda melakukan posisi yang cukup gila yang membutuhkan banyak kelenturan.

Seiring kemajuan Anda dalam ilmu tari ini, Anda juga akan menjadi lebih lentur.

Yoga juga bagus untuk bersantai. Ini terutama membantu melemaskan otot-otot, yang memungkinkan tubuh menjadi lebih lentur secara umum.

Tapi pastikan untuk memulai dengan benar latihan ini, mintalah bantuan dari guru pribadi Anda atau mengikuti beberapa kelas yoga. Latihan akan menjadi rumit dan berbahya untuk dilakukan jika Anda tidak tahu apa yang harus Anda lakukan.

Tentu saja, ada juga latihan kelenturan yang lebih kuno.

Ini mungkin mirip dengan latihan pemanasan, tetapi sedikit lebih maju karena untuk setiap gerakan disarankan untuk menahan posisi antara 20 dan 30 detik.

Adduktor, kaki, leher, bahu, seluruh tubuh akan rileks nantinya.

Bagaimana Cara Melakukan Split

Split adalah elemen yang digunakan dalam banyak koreografi, apa pun gaya tariannya (tari klasik, salsa, tari ritmis, tari kontemporer, tango, Zumba, hip-hop, tari tiang, bachata, jazz modern, Kizomba, Charleston, tari Afrika , dll.).

Dipelajari sejak usia dini, ini memungkinkan Anda melakukan banyak posisi termasuk gerakan tarian klasik. Jadi untuk menjadi penari hebat dan mengesankan Craig Revel Horwood, Anda harus bergerak maju!

Namun, meski sebagian besar penari memulai ketika sangat muda, bukan tidak mungkin untuk mulai belajar setelah dewasa. Mungkin butuh sedikit lebih banyak waktu, tetapi Anda akan sampai di sana jika Anda cukup termotivasi.

Disiplin adalah nasihat pertama yang bisa saya berikan kepada Anda.

Fokuskan diri Anda dalam latihan dan jangan melakukannya terlalu terburu-buru. Jika Anda melakukannya, itu tidak akan efektif.

Berlatihlah cukup sering jika Anda ingin mengetahui cara melakukan split dengan cepat. Dua atau tiga sesi seminggu adalah langkah yang bagus.

Sebaliknya, berlatih setiap hari, jika tidak terbiasa, dapat menyebabkan masalah otot dan persendian.

Tetapi, jika Anda seorang atlet yang tekun, silakan saja.

Dan jangan lupa untuk melakukan pemanasan.

Ini berdampak langsung pada keefektifan latihan tetapi terutama pada kondisi otot Anda di akhir sesi. Peregangan menghindari rasa sakit yang mengganggu Anda berjalan keesokan harinya.

break dance juga memerlukan kelenturan
Bahkan penari break dance harus lentur. Sumber: Pixabay

Setelah pemanasan selesai, langsung lakukanlah latihan.

Untuk melakukan split depan, duduklah di lantai, rentangkan kaki yang diregangkan, kemudian condongkan dada ke depan lurus ke lantai.

Saat melakukan split samping, beberapa set split bisa sangat efektif dalam jangka panjang.

Latihan split akan lebih mudah jika Anda pernah berolahraga sebelumnya atau masih rutin melakukannya.

Pemanasan dan peregangan dilakukan di semua olahraga, jadi Anda seharusnya sudah cukup terbiasa dengan hal ini..

Jangan ragu untuk mengevaluasi kemajuan Anda setiap kali latihan dan tandai jarak pencapaian Anda untuk melihat kemajuan Anda. Ini akan membantu memotivasi diri Anda sendiri.

Kelas Ujian Tari

Untuk kelas ujian tari, beberapa sekolah mungkin menawarkan kursus Tari yang memberikan siswa kesempatan untuk belajar koreografi serta mengembangkan pemikiran kritis tentang Tari.

Jadi, mengapa tidak memulainya?

Spesifikasi tersebut mengharuskan siswa untuk:

  • mengembangkan pemahaman dan pengetahuan serta daya pikir kritis untuk menganalisis koreografi dan pertunjukkan dalam bidang mereka sendiri maupun dalam repertoar profesional
  • dapatkan pengalaman dalam koreografi dan pertunjukan melalui latihan
  • mendapatkan pengetahuan mendalam tentang bidang studi tertentu dan pekerjaan profesional.

Unsur-unsur praktis dari kursus mencapai 55% dari kualifikasi secara keseluruhan.

Penting untuk memiliki latar belakang seni tari secara umum, misalnya siswa yang pernah belajar tari di sanggar tari dan ingin melanjutkannya.

Konten kelas tari di sekitar memungkinkan siswa untuk mempelajari subjek yang dapat diperluas ke pendidikan tinggi dan mempromosikan gaya hidup sehat melalui kesadaran akan pentingnya berolahraga dan pelatihan.

menari lebih disuakai daripada belajar matematika
Menari di sekolah pasti lebih menyenangkan daripada matematika. Sumber: Visual Hunt

Sebagai siswa tari, Anda perlu belajar tentang budaya koreografi dengan menonton pertunjukan maupun mempelajari sejarah tari, serta Anda juga harus belajar tentang teknik analisis tari.

Lakukan ini dengan mulai menganalisis tarian yang Anda sukai.

Guru biasanya hadir untuk membimbing Anda.

Secara fisik, tubuh Anda juga harus siap menghadapi ujian. Sepanjang tahun, praktikkan beberapa gerakan untuk menguasainya pada hari ujian.

Pada hari itu Anda harus mempunyai waktu untuk melakukan pemanasan. Namun, terserah Anda untuk mengatur waktu karena Anda juga harus menghabiskan beberapa menit untuk mengembangkan koreografi Anda.

Selama menekuni semua ini, jangan lupa untuk tetap bersenang-senang.

 

Butuh guru Menari ?

Apakah Anda menyukai artikel nya?

5,00/5 - 1 suara
Loading...

Kurniawan

Seseorang yang senang berbagi ilmu dan pengetahuan yang diharapkan akan bermanfaat bagi banyak orang