Ketika kamu bermimpi untuk menjadi seorang penari profesional. Satu hal yang sangat penting : Kelenturan.

Kelenturan memungkinkan seorang penari profesional untuk menonjol dan bergerak dengan begitu anggun tanpa terlihat begitu usaha keras. Akankah Michael Jackson bisa melakukan moonwalk yang terkenal itu jika kakinya tidak lentur?

Tapi bukan raja pop yang membutuhkan bantuan kita.

Sebelum Anda mencapai titik yang Anda inginkan, Anda harus melalui beberapa serangkaian latihan tari, pemanasan tari, maupun peregangan. Tentu lakukan ini sesering mungkin untuk mencapai hasil yang nyata.

Latihan, pose, hingga otot yang bekerja, kami beri tahu Anda, semua yang perlu Anda ketahui.

Mengapa Perlu Meningkatkan Kelenturan Anda

Untuk menjadi penari superstar atau sekedar membuat percikan menakjubkan di pertunjukan akhir tahun berikutnya, mendapatkan kelenturan adalah latihan sehari-hari bagi penari amatir maupun profesional.

Itu tentu membutuhkan waktu dan tenaga.

Sangat sulit, kecuali jika Anda memiliki persendian ganda, sehingga dapat mencapai kemajuan besar dalam waktu kurang dari seminggu. Jika acara akhir tahun Anda sebentar lagi, segera lupakan ide ini karena Anda bisa melukai diri sendiri.

Tapi sebenarnya apa manfaat dari menjadi lebih lentur?

Penari harus luwes sekaligus berotot. Jika Anda berbicara dengan orang yang memiliki persendian ganda, mereka akan memberi tahu Anda bahwa tidak akan mudah membawa objek yang berat jika Anda benar-benar lentur tetapi tidak memiliki cukup otot.

Anda memerlukan keseimbangan yang sempurna atas keduanya.

Bagaimana pun juga, kelenturan memiliki banyak manfaat bagi seorang penari. Ini akan membantu Anda lebih mudah untuk melakukan gerakan tertentu, tentunya seperti split, dan juga gerakan kaki maupun posisi lainnya.

Dan kelenturan seorang penari tidak hanya dimiliki oleh para profesional, karena banyak gaya tarian membutuhkan Anda untuk menjadi gesit. Ya, begitu pun hip-hop!

Kelenturan tidak hanya berperan saat Anda melakukan split. Menjadi lentur menciptakan gerakan yang lebih baik dengan posisi yang sempurna.

menjaga kesehatan hal yang penting
Kesehatan Anda adalah yang terpenting! Sumber : Pixabay

Dan lagi melakukan latihan kelenturan juga bermanfaat bagi kesehatan Anda. Setiap orang harus melakukannya, bahkan mereka yang bukan penari.

Jika Anda berada di kantor sepanjang hari, punggung Anda akhirnya akan mulai melengkung dan menyeret bahu Anda ke bawah. Karena duduk terlalu lama sebenarnya tidak ideal untuk kesehatan.

Jadi tetaplah bergerak dan lakukan beberapa latihan untuk menjaga postur tubuh Anda agar tetap lurus sehingga Anda tidak terus-menerus menekuk punggung.

Meregangkan otot juga membantu Anda merasa lebih baik secara keseluruhan. Akan lebih mudah bagi Anda untuk membungkuk atau mungkin menaiki tangga.

Bagian Tubuh Mana Yang Harus Anda Latih?

Mencapai kelenturan yang sempurna adalah istilah yang agak kabur. Namun, sangat mungkin untuk meningkatkan kelenturan Anda di hampir semua bagian tubuh. Lihat saja manusia karet jika Anda masih merasa ragu.

Lalu bagian tubuh mana yang Anda latih saat ingin menjadi penari?

Peregangan Kaki

Inilah bagian tubuh pertama yang muncul di benak para penari saat membahas tentang kelenturan. Split depan atau samping selalu menjadi hal pertama yang ada di benak orang-orang.

Kaki yang lentur memungkinkan Anda untuk melakukan lompatan cantik dalam tarian klasik, dan juga memberi Anda sensualitas yang dibutuhkan untuk tarian salsa, atau bahkan kemampuan untuk melakukan gerakan hip-hop yang mengesankan.

Lakukanlah ini, ada banyak latihan untuk meregangkan otot kaki, hal utama yang harus diingat adalah berolahragalah secara teratur.

Latihan Peregangan Punggung

Tidak merilekskan punggung Anda adalah kesalahan fatal saat Anda mulai mengambil kelas tari di dekat saya atau jika Anda ingin menjadi penari profesional.

Punggung merupakan bagian tubuh yang membentuk postur tubuh seorang penari. Itu harus cukup berotot untuk menopang posisi yang sulit tetapi harus cukup lentur untuk melengkung dengan benar.

tarian tradisional perlu latihaan kekuatan punggung
Bentuk tarian tradisional, membutuhkan banyak kekuatan punggung. Sumber: Pixabay

Peregangan Lengan dan Bahu

Melakukan gerakan indah dengan anggun tidak bisa dipelajari dalam semalam.

Dibutuhkan kerja keras cukup lama untuk melenturkan tidak hanya lengan tetapi juga bahu, kerangka tubuh bagian atas.

Kelenturan dari bagian-bagian tubuh ini memungkinkan Anda untuk menggerakkan lengan ke segala arah tanpa merasa canggung dan terlihat kaku.

Semua bagian tubuh harus dilatih dengan hati-hati agar menjadi penari yang hebat. Seluruh tubuh adalah alat ekspresi artistik yang baik yang dapat dikembangkan dan dimanfaatkan untuk menyalurkan  emosional.

Meningkatkan kelenturan seluruh tubuh tidak hanya sebuah alat, ini justru sebaliknya.

Menjadi lebih Lentur Dengan Yoga

Kelenturan dapat dicapai melalui yoga.

Pose dalam meditasi yoga ataupun untuk pembentukan fisik, keduanya bisa sama-sama menantang.

Praktik yang tersebar luas dalam beberapa tahun terakhir, yoga terkenal karena meningkatkan kelenturan serta memberikan rasa nyaman bagi orang yang mempraktikkannya.

Yoga memungkinkan Anda untuk bertahan saat ini dan mencoba mendengarkan perasaan maupun emosi batin Anda sendiri.

Oleh karena itu, memanfaatkan yoga agar lebih lentur dalam menari adalah ide yang sangat bagus. Misalnya, Anda dapat melakukan yoga 20 menit sebelum kelas dansa Anda, atau lakukanlah secara bergantian antara pelajaran menari dan kelas yoga.

Berhati-hatilah untuk memulai yoga, usahakan didampingi oleh instruktur yoga terlatih yang tahu apa yang mereka lakukan agar tidak mebahayakan diri sendiri dengan melakukan gerakan yang salah.

Anda akan menyadari, dan guru Anda akan memberi tahu Anda, bahwa untuk benar-benar menikmati yoga, penting sekali untuk menghayatinya. Pelajaran yang diajarkan secara luas di kelas tari di dekat saya juga.

hasil latihan yoga
Menuai manfaat yoga! Sumber: Pixabay

Inilah cara tubuh dan otot Anda menjadi rileks. Dan inilah kuncinya agar Anda menemukan hubungan antara tubuh dan jiwa.

Dengan melatih pikiran dan tubuh yang rileks, Anda akan mampu melakukan segala macam posisi yang rumit.

Seolah-olah Anda telah lentur sedari dulu sepanjang hidup Anda tanpa menyadarinya.

Pose "downward dog" akan membantu Anda menemukan kelenturan seluruh tubuh Anda sementara pose "seated forward bend" adalah kesempatan untuk melatih punggung bawah dan punggung kaki.

Pose cow face dan pose cobbler, banyak dari kedua gerakan ini dapat membantu Anda dalam upaya meningkatkan kelenturan.

Latihan Terbaik Untuk Kelenturan

Untuk menjadi model kelenturan, berlatihlah secara teratur dengan melakukan pengulangan gerakan berdasarkan gerakan latihan peregangan.

Meregangkan Leher Anda

Berdirilah tegak. Punggung Anda juga harus lurus.

Miringkan kepala Anda ke kiri dan kemudian letakkan tangan kiri Anda di telinga kanan. Tarik perlahan sampai Anda merasakan tekanan di leher dan punggung atas.

Tahan posisi selama ini 30 detik, bernapas, lalu lakukan hal yang sama untuk sisi lainnya.

Mengendurkan Panggul Anda

Masih dalam posisi berdiri, angkat kedua tangan sambil mengatupkan kedua tangan. Perlahan-lahan miringkan dada Anda dengan lengan lurus sampai Anda membuat sudut siku-siku ke kaki Anda. Tahan selama 30 detik dan ulangi setidaknya lima kali.

Latihan ini melemaskan tubuh dengan melatih otot panggul seperti bokong, paha belakang, dan lumbal ischium.

Rilekskan Bahu Anda

Untuk merilekskan otot bahu seperti anterior deltoideus dan pectoralis, berdirilah dengan kaki sedikit terbuka dan lutut ditekuk.

Gabungkan punggung tangan Anda di belakang punggung dan coba bergerak naik turun sebanyak mungkin yang Anda bisa.

Meregangkan Otot Abductor Anda

Latihan ini dilakukan sambil duduk di lantai, atau di atas matras jika Anda ingin lebih merasa nyaman.

Satukan kedua telapak kaki dan dekatkan ke arah Anda. Turunkan panggul Anda dengan perlahan-lahan agar punggung tetap lurus.

Membungkuk punggung Anda hanya akan menyebabkan cedera.

Anda harus bisa merasakan tarikan di paha Anda.

mengatur pernapasan dengan benar
Ingatlah untuk bernapas dengan benar! Sumber: Pixabay

Peregangan Kaki

Menghindari kegagalan pada latihan ini adalah melatih tumpuan dengan sangat efektif.

Duduk dan regangkan kedua kaki di depan Anda, jari-jari kaki mengarah ke atas. Kemudian coba sentuh jari-jari kaki Anda dengan tangan dan tahan posisi ini selama kurang lebih 30 detik jika Anda bisa.

Jika tidak, gunakan strap yang dipasang di belakang telapak kaki Anda untuk memperpanjang jarak dan membuatnya lebih mudah.

Semua latihan ini harus dilakukan sebagai bagian dari pemanasan Anda atau bisa setelah latihan. Latihan yang rutin bisa membantu Anda lulus ujian seleksi tari!

Mereka harus dilakukan secara konsisten agar terlihat hasilnya.

Meskipun Anda tidak memiliki kelas dansa setiap hari, ini tidak menghentikan niat Anda untuk menghabiskan 10 hingga 15 menit sehari untuk latihan ini.

Anda bahkan mungkin bisa berlatih dari meja Anda di tempat kerja.

Meskipun demikian, kami tetap menyarankan agar Anda melakukan latihan ini di tempat yang Anda rasa nyaman dan cukup luas.

Hasilnya sepenuhnya tergantung pada diri Anda sendiri, waktu yang ingin Anda habiskan untuk latihan dan tingkat dasar Anda. Ingatlah bahwa kelenturan tidak dicapai dalam sehari, tetapi dengan ketekunan dan motivasi, segalanya mungkin untuk dicapai di kemudian hari.

Butuh guru Menari ?

Apakah Anda menyukai artikel nya?

5,00/5 - 1 suara
Loading...

Kurniawan

Seseorang yang senang berbagi ilmu dan pengetahuan yang diharapkan akan bermanfaat bagi banyak orang