“Juara tidak terlahir di tempat gym. Juara terlahir dari sesuatu yang mereka miliki jauh di dalam diri mereka – keinginan, impian, visi. Mereka harus memiliki keterampilan dan kemauan, tetapi kemauan mereka harus lebih kuat dari keterampilannya.”

- Mohammed Ali (1942-2016)

Kutipan ini menetapkan standar yang sangat tinggi! Anda mungkin harus melalui perjalanan yang panjang dan berat sebelum Anda sampai di posisi yang sama dengan salah satu petinju terhebat sepanjang masa tersebut! Akan tetapi, mereka yang tidak mau berusaha tidak akan mendapatkan apa-apa, dan mereka yang tidak memiliki ambisi apa pun pasti tidak akan menjadi juara dalam hal apa pun!  

Di sinilah kita: Anda mulai belajar cara bertinju beberapa waktu lalu – mungkin beberapa bulan lalu – dan Anda berpikir bahwa Anda memiliki pengetahuan teknis dan fundamental yang cukup untuk naik ke atas ring dan menghadapi lawan dalam situasi yang sama dan dengan keterampilan yang sama seperti Anda.

Mungkin pelatih ahli atau teman tinju Anda telah menyatakan bahwa Anda siap untuk memasuki masuk ke dalam panasnya api pertandingan – artinya ia telah mengatakan kepada Anda untuk naik ke atas ring dan harus siap untuk apa pun yang akan terjadi, dan Anda tidak boleh menyerah sedetik pun!

Jika Anda adalah seorang anggota klub tinju (yang berafiliasi dengan federasi tinju, memiliki cabang tinju wanita yang penting, dan memberi Anda kesempatan untuk membeli peralatan tinju dengan harga yang lebih rendah), Anda bisa dengan mudah menemukan seorang petinju di level Anda dan petinju yang bersedia bertanding dalam pertandingan yang legal dan aman. Anda harus menghindari pertandingan gelap (Anda bisa mendapatkan cedera serius dalam situasi ilegal dan berbahaya seperti ini). Pilihan terbaik adalah mengikuti pertandingan olahraga berlisensi dengan asuransi resmi. Ini adalah satu-satunya jaminan terhadap cedera yang paling umum dan cedera ringan. Cidera bukanlah sesuatu yang pasti terjadi, tetapi Anda tetap mempunyai kemungkinan untuk mengalaminya!

Seperti rugby, potensi cedera dalam tinju sangat nyata, dan hal ini tidak hanya terjadi pada orang lain! Setelah pertandingan Anda dijadwalkan, mari kita lihat bagaimana suasana hati dan kesiapan Anda untuk mengatasi pertandingan yang melibatkan keterampilan dan kekuatan semacam ini dengan tenang. Latihan tinju ini akan membantu Anda melakukan persiapan menghadapi pertandingan yang bear! Bertahanlah!

Temukan kelas tinju di Indonesia.

Adam
Adam
Guru Tinju
Rp30,000/h
Kursus pertama gratis!
Juan
Juan
Guru Tinju
Rp30,000/h
Kursus pertama gratis!
Toto
Toto
Guru Tinju
Rp200,000/h
Kursus pertama gratis!
Fadel
Fadel
Guru Tinju
Rp50,000/h
Kursus pertama gratis!
Muhamad eggi
Muhamad eggi
Guru Tinju
Rp50,000/h
Kursus pertama gratis!
Misael
Misael
Guru Tinju
Rp60,000/h
Kursus pertama gratis!
Eva
Eva
Guru Tinju
Rp50,000/h
Kursus pertama gratis!
Richard
Richard
Guru Tinju
Rp50,000/h
Kursus pertama gratis!

Tinju untuk Pemula: Cara Mempersiapkan Diri Menghadapi Pertandingan

Meskipun Anda sudah mulai melakukan latih tanding di gym dan melayangkan pukulan ke bayangan Anda, pertarungan sungguhan mungkin rasanya tetap terlalu jauh untuk digapai, bahkan jika kita diam-diam merindukannya dan terpesona hanya dengan membayangkannya.

Semuanya dimulai dengan latihan pengantar yang terkadang tampak kekanak-kanakan dan membosankan... latihan kardio, gerak langkah kaki, latihan drill, melatih kelincahan Anda secara rutin, belum lagi aturan teoretis permainan dan berbagai teknik tinju yang harus dikuasai oleh pemula.

Tentu saja, ketika Anda akan berhadapan dengan petinju lain dalam waktu dekat, hari-hari pelatihan Anda akan sangat berbeda untuk melakukan persiapan menghadapi pertunjukan besar tersebut!

meraih kesuksesan dengan berlatih secara teratur
Musuh Anda yang pertama dan yang paling umum adalah berlatih terlalu keras: kuncinya adalah naik ke atas ring dengan tubuh yang penuh tenaga. Anda harus berada dalam kondisi segar dan prima. Berlatih secara teratur memang penting, tetapi dalam dua (atau setidaknya satu) minggu sebelum pertandingan, Anda tidak boleh melebihi satu jam pelatihan tinju per hari, dan pastikan untuk beristirahat pada hari Minggu.

Tetap gunakan jump robe (tali untuk lompat tali), speed bag, dan punching ball Anda. Jangan biarkan intensitas kardio Anda turun dalam beberapa minggu selama menghadapi pertandingan penting agar Anda tetap gesit.

Ikuti kelas tinju dan olahraga adu fisik lainnya untuk memastikan bahwa Anda berada dalam kondisi prima.

Sering dikatakan bahwa kemenangan identik dengan kecerdasan. Jika Anda tahu sesuatu tentang calon lawan Anda, Anda harus manfaatkan informasi tersebut dengan sebaik-baiknya. Misalnya, berlatihlah memukul lebih tinggi atau lebih rendah pada karung tinju Anda sesuai dengan tinggi badan lawan Anda...

Selain itu, lihat apakah video pertandingan penantang Anda ada di YouTube atau Facebook, terutama jika ini bukan pertandingan pertama Anda. Anda bisa menganalisis teknik dan rahasianya, menyiapkan urutan serangan yang bisa menjatuhkannya, dan mengganggu ritme permainannya. Menonton permainan lawan adalah aspek mendasar dari kemenangan.

Persiapkan Tubuh Anda dalam Menghadapi Pertandingan!

Mempersiapkan tubuh adalah hal terpenting yang harus Anda lakukan sebelum naik ke atas ring. Anda akan segera tahu alasannya, karena itu, jangan terkejut!

Seperti yang Anda tahu, petinju dibagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan berat badannya. Agar unggul dari lawan mereka, mereka harus berada dalam kondisi terbaik tanpa mempengaruhi daya tahan mereka.  

Jika pertarungan Anda untuk satu kategori dijadwalkan satu bulan sebelumnya, pastikan untuk tidak menambah berat badan Anda. Anda tidak boleh melebihi batas berat badan maksimal dalam kategori tersebut!

Agar tidak mengambil risiko, dokter olahraga menyarankan agar Anda mengambil kategori dengan kualifikasi 3 kg di bawah berat badan Anda.

Jika Anda melakukan sebaliknya, saat pertandingan semakin dekat, Anda bisa melakukan beberapa latihan angkat beban untuk memastikan Anda mencapai kategori tersebut. Anda bahkan bisa menurunkan berat hingga 500g di bawah ambang batas kategori yang Anda pilih dalam tiga hari sebelum pertandingan!

Yang terpenting adalah memastikan bahwa Anda siap pada hari pertandingan: timbang berat badan Anda sehari sebelum pertandingan. Jika Anda mengalami masalah, Anda bisa menurunkan berat badan dengan minum banyak kopi atau makan buah prem. Pergi ke kamar mandi akan mengurangi berat badan. Bertanding dalam keadaan perut kosong ternyata lebih baik!  

semua orang dalam pertandingan memiliki hak yang sama yaitu tetap fokus
Entah itu Tyson, Ali, atau petinju amatir yang tidak terkenal, taruhannya sama. Tetap fokus.

 

Dalam beberapa kasus, berat Anda justru menurun: misalnya, berat badan Anda turun 2 kg. Anda harus melakukan angkat beban sebelum hari besar untuk memperbesar massa otot Anda!

Namun, jangan terlalu berlebihan. Semua ada batasnya, jadi jangan melakukan hal yang mustahil! Terutama ketika pertarungan Anda sudah dijadwalkan!

Anda seharusnya tidak menurunkan berat badan sedemikian rupa sehingga Anda mengalami dehidrasi atau kehilangan massa otot.

Idealnya, Anda harus makan dengan baik sebelum pertandingan sehingga Anda memiliki asupan kalori yang Anda butuhkan.

Pastikan Anda Memiliki Pola Pikir yang Benar

Motivasi adalah bagian penting dalam olahraga apa pun. Dalam tinju, tekad yang kuat bisa membuat Anda memenangkan pertandingan! Itulah yang terjadi dengan Rocky.

Saat pertempuran semakin dekat, pastikan Anda memiliki tekad untuk menang.  

Karena itu, jangan membidik kategori berat yang masih sulit Anda menangkan dan malah akan membuat Anda stres. Jangan lupa bahwa tidur sangatlah penting bagi tubuh dan pikiran.  

Jangan terlalu rakus: Anda harus menjaga jumlah pertandingan dalam satu musim seminimal mungkin. 12 pertandingan dalam satu musim sudah terlalu banyak!

Jika Anda terlalu memaksakan diri, Anda akan kelelahan dan kehilangan tekad untuk bertanding. Anda akan cepat KO dan bahkan tidak bisa mendengar hitungan wasit.

Untuk menghadapi pertandingan dengan tenang, Anda harus tahu cara mengisolasi diri – luangkan satu hari untuk diri sendiri sebelum pertandingan. Meditasi dan relaksasi adalah pilihan yang bagus.

Saya menemukan seorang pelatih hebat yang memberi tahu saya mengenai hal itu di kelas tinju di Bandung!

Pemanasan adalah Hal Mendasar Sebelum Pertandingan

Semua orang tahu ini. Tidak ada petinju kawakan yang akan naik ke atas ring tanpa melakukan pemanasan. Dia perlu melakukan peregangan dan shadowboxing untuk bersiap-siap.  

Ini bahkan lebih berlaku untuk olahraga yang memerlukan kekerasan untuk menang. Anda tidak boleh mengambil risiko seperti pergelangan kaki terkilir, pergelangan tangan patah, atau urat lutut cedera karena kurangnya pemanasan!

Pemanasan bertujuan untuk melemaskan semua otot dan persendian tubuh. Mulailah dengan kepala Anda dan akhiri dengan kaki Anda.  

Pastikan seluruh tubuh Anda bergerak. Pastikan juga Anda tidak kelelahan atau kehilangan energi. Jangan terlalu banyak menguras tenaga sebelum naik ke atas ring.

Yang terpenting adalah, Anda harus pintar: pemanasan Anda harus Anda akhiri beberapa menit sebelum pertandingan. Jika tidak, Anda tidak akan punya waktu untuk menenangkan diri.

Anda bisa melakukan pemanasan sendiri sebelum pertandingan besar. Anda juga bisa belajar dan bersiap untuk berlatih tinju di rumah.

Berlatihlah untuk Menjadi Petinju yang Baik

Semua yang baru saja kami paparkan sangat penting untuk diingat jika Anda ingin mengikuti kompetisi atau mengikuti pertandingan amatir.

Jika Anda baru pertama kali ini berada di atas ring, Anda membutuhkan pengawasan selama melakukan persiapan. Dukungan dan saran dari pelatih pribadi sangatlah penting. 

Jangan malu. Belajarlah untuk menguasai kekhawatiran Anda. Selalu bersikap positif. Manfaatkan segala ketidakpercayaan diri dan ketakutan Anda!

kondisi tubuh dan juga pemikiran harus prima dalam suatu pertandingan adu fisik
Tubuh dan pikiran yang prima sangat penting dalam olahraga adu fisik apa pun.

Dari semua peralatan tinju, paling tidak Anda harus punya sarung tinju (dan sarung tinju cadangan), sarung tangan (harus ada yang melapisi tangan Anda), pelindung mulut, dan helm. Anda sekarang sudah bisa bertanding dalam kancah amatir, tetapi Anda belum menjadi seorang profesional!

Anda harus ingat bara bahwa Anda tidak lagi melawan karung tinju Anda; akan ada lawan yang akan melayangkan pukulan ke arah Anda.

Pastikan untuk memilih celana pendek tinju, kaus kaki, dan sepatu yang membuat Anda merasa nyaman.

Mungkin Anda memiliki ingatan yang baik tentang kemenangan dalam sejumlah pertandingan? Manfaatkan itu semua karena bisa meningkatkan semangat juang Anda.

Jadi kenakan headphone Anda, fokus, dan masuklah ke dalam ring. Ini tentang bagaimana Anda menang – jadi buatlah pertandingan tetap menyenangkan!

Lihat di sini mengapa karung tinju adalah teman Anda, bukan musuh Anda.

Temukan kelas tinju di Indonesia melalui Superprof.

Butuh guru Tinju ?

Apakah Anda menyukai artikel nya?

0.00/5, 0 votes
Loading...

Kurniawan

Seseorang yang senang berbagi ilmu dan pengetahuan yang diharapkan akan bermanfaat bagi banyak orang