“Dalam hidup dan dalam ring tinju. Yang kalah ditentukan bukan karena dia terjatuh lebih dahulu. Tapi bagi yang menolak untuk bangun” Manoj Arora

 

Berdasarkan Survey dari Majalah Fitness for Men Indonesia,setiap bulannya ada sekitar 150.000 orang yang berlatih tinju dan sekitar seperempatnya adalah perempuan.

Baik French Boxing, English Boxing atau Thai Boxing, olahraga pertarungan bisa dilakukan oleh semua orang.

Namun, tidak semua orang memilih olahraga Tinju untuk menjadi Juara Dunia, petinju profesional atau yang ingin berpartisipasi di dalam Olimpiade. Apapun tujuannya, kelas Tinju atau latihan tinju harus dilakukan dengan teratur jika Anda ingin melihat perkembangan yang signifikan dalam setiap latihan.

Tetapi kemudian berapa kali Anda harus latihan setiap minggunya untuk berkembang?

Kami akan memeritahu Anda jumlah yang ideal untuk berlatih Tinju selama sepekan.

 

Apa Tujuanmu Berlatih Tinju?

Pertama dan terutama, seperti yang kami katakan diawal, bahwa tidak semua orang yang berlatih tinju memiliki tujuan yang sama, apakah dia berlatih French Boxing, English Boxing, atau Thai Boxing.

Meningkatkan cardio dan teknik melalui kelas tinju
Kelas tinju fitness biasanya untuk meningkatkan Cardio dan Teknik, daripada untuk pertandingan. (Sumber: Sportsgamesrules)

Tujuannya bermacam-macam sesuai dengan jumlah lisensinya:

  • Untuk mengurangi lemak tubuh
  • Meningkatkan kondisi fisik.
  • Meningkatkan masa otot
  • Memperkuat otot perut dan otot paha
  • Supaya berkeringat
  • Meningkatkan Cardio
  • Mendapat bentuk tubuh yang baik.

Kita tidak selalu memulai latihan Tinju hanya untuk menjadi yang terbaik. Namun, gairah dalam bertinju dapat mengambil alih dan Kita mungkin menginginkan diri kita sendiri untuk meningkatkan teknik dan lebih mengembangkan ketahanan tubuh kita dalam bertanding.

Tinju membutuhkan disiplin motivasi

Ini adalah olahraga dengan intensitas yang tinggi yang bisa ditujukan untuk banyak hal seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Tetapi, Anda harus tahu jika anda ingin berkembang, akan sangat penting untuk memberikan semua yang anda miliki selama latihan berlangsung untuk terus berkembang, baik itu latihan di klub tinju maupun latihan dirumah.

Diluar jadwal latihan, juga sangat penting untuk tetap beristirahat dan meluangkan waktu untuk pemilihan diri, juga sangat penting untuk melakukan diet sehat bagi petinju, khususnya jika Anda ingin menurunkan berat badan dan meningkatkan masa otot.

Tinju membutuhkan dsisiplin mental yang tinggi, tetapi tinju juga akan membantu anda mengembangkannya.

Jadi, apakah kamu siap untuk menggunakan sarung tangan dan pelindung gigi? Ok, mari kita masuk kedalam ring.

 

Berapa lamakah waktu yang dianjurkan untuk sesi latihan tinju?

Katie Taylor elopor petinju wanita
Tinju wanita bekembang cukup pesat, berterimakasihlah kepada seorang Juara seperti Katie Taylor. (Source: Telegraph.co.uk)

Petinju level tinggi, dan siapapun yang ingin berkembang, berlatih selama tiga hingga 5 jam setiap kalia anda pergi ke Gym atau Sasana.

Dibawah ini adalah bagaimana anda membagi waktu latihan Anda:

  • Latihan Kaki: 30 menit hingga 1 jam. Berlari adalah kegiatan untuk pemanasan tubuh Anda dengan lembut dan juga dapat melatih pernafasan untuk ketahanan tubuh.
  • Pemanasan: 30 menit. Anda harus melakukan pemanasan otot dengan beberapa latihan otot dan juga sempatkan beristirahat dalam setiap setnya. Dalam Tinju semua otot akan bekerja, apakah itu otot tubuh bagian atau bagian bawah.
  • Punching bag dan speed bag: 30 menit hingga 1 jam.
  • Glovework/ latihan teknik: 30 menit
  • Shadowboxing dan Latih Tanding: 30 menit
  • Latihan kekuatan dan Latihan Kondisi fisik: 30 menit hingga 2 jam. Otot paha, otot perut, squats, kaki, otot lengan dan angkat beban.
  • Peregangan dan Otot Perut: 30 menit. Melakukan latihan abdominal di akhir sesi latihan akan membentuk tubuh dan juga membakar kalori. Dan juga, jangan lupa untuk melakukan peregangan! Peregangan akan membantu anda untuk pulih lebih cepat.

Tentu saja ini adalah salah satu contoh latihan. Ketika Anda memulai, Anda mungkin tidak akan mampu melakukan beberapa latihan yang rumit.

 

Kunci untuk terus berkembang adalah secara perlahan-lahan.

 

Sangat memungkinkan untuk menurunkan durasi hingga 15 menit dari latihan tersebut yang tentunya hal ini membutuhkan kondisi fisik yang prima, dan kemudian secara perlahan Anda akan meningkatkan ketahanan tubuh Anda dalam setiap latihannya.

Jangan lupa bahwa lompat tali adalah cara yang hebat! Berlatih dengan lompat tali juga dapat meningkatkan ketahanan tubuh dan kecepatan.

Selain itu, harus diingat bahwa tubuh tidak bisa berada di kondisi tenaga penuh dalam waktu yang lama.

Anda memiliki waktu satu jam saat berada di kondisi maksimal

 

Akan lebih baik untuk mengetahu hal ini agar nantinya tidak kecewa. Diantara pembentukan otot, latihan cardio dan latihan reflek serta kelenturan, Anda harus memilih mana yang akan dilakukan pada akhir sesi latihan.

Memang, hal ini tidak mungkin untuk melakukan  serangkaian peningkatan otot dan melakukan urutan latihan Cardio Boxing.

pada khirnya tubuh anda kan mencapat batasnya.

Dengarkan tubuh anda dan jangan melebihi kapabilitas yang bisa Anda lakukan, terutama ketika Anda baru memulai. Anda akan berkembang dengan cepat secara dengan pelan pelan meingkatkan fleksibilitas, masa otot dan kekuatan, daripada akan akan merasa lelah, membuat anda berhenti berolahraga atau anda bisa cedera.

Mengikut kelas Tinju berkelompok. Setiap rutinitas latihan tinju  disusun dengan sempurna begitu juga untuk latihan dalam kelompok. Anda akan mampu melihat bahwa secara fisik semua orang akan merasa lelah bahkan bagi siapapun atau anda yang seorang juara Olimpiade.

Mengikuti program latihan yang terstruktur dan program latihan masa tubuh dengan petinju lain akan membuat anda menemukan ritme Anda dengan cepat dan menjawa motovasi tetap tinggi dengan memperoleh egergi dari orang lain.

 

Ok, berapa kali latihan Tinju dalam satu Minggu?

Olahraga, pada umumnya, harus dilakukan dengan teratur agak lebih efektif. Apakah itu lari, Zumba, angkat beban, Kick boxing, peregangan, latihan Cardio, CrossFit, Pilates.

 

Olahraga apapun yang Anda ikut, Anda harus melakukannya dengan teratur agar tetap bugar.

 

Untuk melihat hasil dari olahraga Tinju, Anda setidaknya haru melakukan 7 kali sesi latihan selama sebulan dengan latihan yang intensif setiap sesi latihannya. Ini adalah cara yang baik untuk menjaga tubuh Anda tetap bugar.  Tinju juga akan membuat anda tetap berolahraga dan menghilangkan stress, jadi jika Anda dapat meluangkan lebih banyak waktu di sasa Tinju, hal ini justru lebih baik.

Akan membutuhkan banyak latihan untuk menjadi The Next mike Tyson atau Floyd Mayweather.

Peralatan tinju untuk berlatih sangat penting
Perlengkapan tinju yang baik adalah hal penting dalam latihan tinju dengan seorang pelatih. (Sumber:Pixabay)

Untuk berkembang lebih cepat, tetapi Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukannya, kami merekomendasikan setidaknya lakukanlah latihan sebanyak dua kali setiap minggu dengan waktu latihan selama 2 jam.

Dan bagi siapa saja yang ingin melakukan kemajuan, Anda harus melakukan latihan setidaknya 2 hingga 5 kali latihan dalam seminggu. Persipan fisik sangatlah penting. Ingatlah untuk melatih otot-otot secara bergantian (trisep, bisep, otot dada, otot bokong, otot paha luar) dengan melakukan simulasi bertanding di dalam Ring atau memukul samsak, untuk meningkatkan kelincahan dan menjadi lebih eksplosif.

Pelatih tunju Anda akan menyarankan Anda untuk melakukan latihan pukulan yang baik hingga sempurna sementara di waktu yang sama akan menghormati cara Anda berlatih.

Namun, ingatlah untuk tetap beristirahat diantara setiap sesi latihan, tidurlah dengan nyenyak dan minumlah lebih banyak air.

Berusaha atau pulang.

Hal paling utama dalam Tinju adalah Anda harus memberikan 200% usaha ketika anda sudah mengenakan peralatan tinju. Tetapi harus menginat juga tentang batasan kesehatan tubuh Anda tanpa memaksakan dimana hal itu akan  melukai diri Anda sendiri.

 

Beberapa Tips untuk Berkembang dengan Cepat dalam Olahraga Tinju

Tingkatkan kemampuan dengan latihan intens
Selama latihan yang intens, detak jantung juga meningkat. Emumukul, menendang, hook, jab!. (Sumber: UndisputedBoxingGym)

Kita semua tidak diciptakan sama dalam kondisi dan bentuk fisik kita, tetapi jika Anda ingin berkembang dengan cepat dalam tinju, kita semua bisa mendapatkan manfaat dari mengikuti tips ini:

  • Memiliki pelatih yang baik: kesalahan seorang pemula adalah berpikir bahwa Anda bisa melakukan semuanya sendiri. Seorang petinju dengan pelatih tinju yang baik akan berkembang hingga tiga kali lebih cepat daripada seorang pemula tanpa seorang pelatih. Anda dapat menghindari mempelajari kebiasaan buruk dan mengadopsi latihan yang baik sejak awal.
  • Jangan hanya berlatih menggunakan samsak: risikonya adalah tidak cukup perhatian. Samsak tidak akan bergerak dan itu tidak mengembangkan refleks Anda, pertahanan Anda atau gerak kaki Anda. Anda bahkan tidak bisa melatih pukulan Uppercut. Singkatnya, Anda harus memvariasikan latihan Anda untuk berkembang dalam semua aspek tinju.
  • Jangan terlalu fokus pada kekuatan: kesalahan lain seorang pemula. Ketika kita hanya fokus pada kekuatan, hal itu sama dengan mengorbankan keterampilan penting lainnya dalam tinju, seperti kecepatan, daya tahan, ketepatan atau keseimbangan.
  • Berlatih shadowboxing: meninju udara atau lawan imajiner mungkin terlihat konyol, tapi ini cara yang bagus untuk berolahraga. Latihan ini dapat menghindari cedera dan merupakan latihan kardiovaskular yang bagus. Jika Anda bisa melakukannya di depan cermin untuk menganalisis gerakan Anda, hal itu akan lebih baik.
  • Hargai waktu pemulihan tubuh Anda: biarkan diri Anda libur selama seminggu. Tubuh Anda membutuhkannya untuk memperbaiki otot dan menyembuhkan sakit setiap selesai latihan.
  • Ingatlah untuk latihan jari: dengan sarung tangan jari dan latih tanding. Hal ini biasanya lebih bermanfaat daripada hanya meninju samsak atau speed bag. Mereka memungkinkan Anda untuk meningkatkan detak jantung dan melatih nafas sambil mendapatkan intensitas dan kecepatan.

Definisi dari “Ritme Latihan Tinju”

Apakah ini pertama kalinya Anda mengenakan sepatu tinju untuk percobaan atau telah berlatih selama bertahun-tahun, cara latihannya pasti tidak sama. Tujuannya adalah untuk tetap dalam batas wajar dan secara bertahap meningkat seiring waktu.

Apa itu shadowboxing?

Shadow boxing adalah latihan kardio intensif yang terdiri dari meninju di udara sambil membayangkan memukul lawan. Kadang-kadang dipraktikkan di depan cermin, shadowboxing memungkinkan Anda untuk mendapatkan teknik: urutan, rutinitas, latihan taktis.

Apa itu latih tanding?

Latihan ini umum bagi banyak seni bela diri. Dalam tinju, itu adalah latihan melawan lawan. Tujuannya adalah untuk hanya menyentuh lawan tanpa menyakiti mereka atau terluka.

Pernahkah Anda bertanya-tanya berapa usia untuk memulai tinju?

Butuh guru Tinju ?

Apakah Anda menyukai artikel nya?

5,00/5 - 1 suara
Loading...

Kurniawan

Seseorang yang senang berbagi ilmu dan pengetahuan yang diharapkan akan bermanfaat bagi banyak orang