Bimbingan Akademik Musik Seni dan hobi Bahasa Olahraga dan kesehatan Les privat
Bagikan

Mari Pelajari Manfaat Masakan Rumahan

Oleh Kurniawan, dipublikasikan pada 22/08/2019 Blog > Seni dan hobi > Memasak > Pelajari tentang Manfaat Masakan Rumahan

Mempelajari cara memasak memberi Anda keterampilan untuk bermain dengan rasa, menjaga kesehatan Anda, dan mendapatkan kesenangan dari makanan Anda!

Saat ini, dapur semakin menjadi pusat perhatian rumah, ruang di mana kehidupan sosial, kesejahteraan, dan relaksasi berjalan seiring dengan kesenangan makanan dan memasak.

Kita semua tahu bahwa memasak adalah kunci penuaan dalam kesehatan yang baik. Ingin belajar cara memasak dengan baik? Ingin belajar cara memasak tanpa minyak, tanpa gula, atau tanpa garam? Ingin membuat pilihan makanan yang lebih sehat?

Memasak merupakan keterampilan mendasar yang perlu dipraktikkan dan disempurnakan setiap hari dan Superprof memiliki alasan yang lebih baik bagi Anda untuk memasak dan mulai hidup dengan baik setiap hari.

Manfaat Makan Sehat untuk Anak

Memasak beriringan dengan kesehatan yang baik: diet yang sehat menjaga kesehatan fisik dan mental yang baik, terutama pada anak-anak. Selama masa kanak-kanaklah kebiasaan makanan dan pendidikan dibangun dan selera dibuat.

Karena itu, keluarga dan sekolah memainkan peran penting dalam memberi makan anak-anak, karena di sinilah mereka mempelajari kebiasaan makan mereka. Mengajar mereka untuk makan dengan sehat akan membantu mereka di masa depan.

Ajari anak-anak Anda kebiasaan makan yang baik sejak dini (Sumber: unsplash)

Dalam bukunya Small Feet in Large Dishes, yang diterbitkan pada tahun 2014, Pauline de Voghel memohon pendidikan makanan berdasarkan kesenangan memasak:

“Seringkali, anak bingung membedakan ‘Aku cinta’ dengan ‘Aku tahu’ dan tiba-tiba‘ Aku tidak tahu ’menjadi‘ Aku tidak suka ’. Membiarkan anak membuat pilihan sendiri, dalam hal makanan, dengan cara yang seperti permainan, dapat memperluas dan mendiversifikasi selera mereka.”

Mengikuti kursus memasak atau bermain koki di rumah dengan membuat makanan sendiri menjadi bengkel kuliner nyata, akan membuat Anda bertanggung jawab atas kesehatan anak-anak Anda, mengajarkan Anda lebih banyak tentang nutrisi dan akan membantu mereka:

  • Pertumbuhan
  • Sistem kekebalan
  • Proses penuaan di masa depan (disposisi kognitif, pemeliharaan massa otot, melawan penyakit)

Studi gizi yang dilakukan oleh Institut Nasional Kesehatan dan Penelitian Medis Prancis membuktikan manfaat dari diet yang baik bagi kesehatan:

Menurut Program Nutrisi Kesehatan Nasional, banyak makanan bergizi dapat mencegah risiko mengembangkan penyakit umum (penyakit kardiovaskular, kanker, obesitas, osteoporosis, diabetes, penyakit usus). Dengan mengikuti aturan sederhana ini dapat memiliki efek yang hebat dan membuat Anda merasa lebih sehat:

  • Makanlah 5 buah dan sayuran sehari (tomat, segenggam kacang hijau, semangkuk sup, apel, dua aprikot, empat atau lima stroberi)
  • Memiliki 3 produk susu sehari
  • Makanlah karbohidrat setiap kali makan (pasta, nasi, terigu, jelai, gandum, gandum hitam, kacang-kacangan seperti lentil, kacang polong, kacang-kacangan, sereal)
  • Makan ikan, daging, atau telur sekali atau dua kali sehari
  • Batasi lemak dan produk yang tinggi gula atau garam
  • Minumlah banyak air dan lakukan banyak aktivitas fisik (satu jam sehari untuk anak-anak)

Anda akan tahu kapan pelatihan kuliner anak Anda bekerja ketika mereka memilih untuk menghindari makanan cepat saji sendirian!

Mengetahui cara memasak bukan hanya dasar untuk kesehatan fisik tetapi juga dapat membantu menciptakan dan memelihara hubungan sosial. “Bagaimana bisa?” akan kami jelaskan.

Sisi Sosial Makan dan Memasak

Belajar memasak dan menjadi koki di rumah baik untuk orang-orang di sekitar Anda dan untuk Anda sendiri.

Bawa keluarga dan teman-teman Anda bersama untuk makan enak (Sumber: unsplash)

Menggunakan dapur sebagai alat pengembangan pribadi

Anda sebenarnya bukan koki bintang Michelin, tetapi sebagai koki pemula, Anda dapat diri dengan bakat tersembunyi Anda, dan kemampuan Anda untuk mengubah tas belanja menjadi hidangan lezat!

Seringkali, kita terlalu keras pada diri kita sendiri di dapur dan mengkritisi semua yang kita buat …

Kita mendapati hidangan kami terlalu hambar, terlalu kering, kurang, berlebihan … kritik ini mencerminkan kurangnya kepercayaan diri.

Jadi, berikut adalah beberapa tips untuk merasa nyaman dan bertanggung jawab di dapur Anda:

  • jangan berikan tekanan untuk diri Anda sendiri: tekanan hanya untuk pressure cooker!
  • target resep sederhana, cepat dan mudah, yang beraroma
  • rasa, uji, inovasi, dan urai adalah kata-kata yang akan meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam memasak
  • menyempurnakan keterampilan pisau Anda sehingga Anda bisa berperan menjadi koki sejati!
  • parit microwave dan bereksperimen dengan berbagai metode memasak seperti: mengukus, memanggang, membakar, memanggang atau menggoreng
  • belajar dari kesalahan Anda, hal tersebut akan membuat hidangan berikutnya lebih baik
  • pelajari sifat-sifat setiap bahan sehingga Anda bisa bermain-main dengan kombinasi yang berbeda

Semakin banyak hidangan yang Anda buat, semakin Anda akan berkembang dan membangun kepercayaan diri Anda di dapur.

Dapur adalah Ruang Sosial

Selain menghemat uang dan memberi Anda kesempatan untuk membuat tangan Anda jadi kotor, memasak juga merupakan cara untuk bersantai dan berbagi momen dengan teman dan keluarga.

Mengatur malam dengan teman-teman di rumah dan ingin membuatkan mereka hidangan yang enak?

Memasak daging, ikan, dan sayuran, memancarkan aroma indah ke seluruh penjuru rumah, yang pasti akan membuat tamu Anda berliur. Cobalah membuat hidangan ayam bakar dengan wortel dan kembang kol yang lezat juga rempah-rempah cincang dengan beberapa kentang panggang renyah, sempurna! Baunya akan sangat mengundang (dan sisanya akan membuat kotak makan siang yang sempurna di hari berikutnya!)

Satukan teman dan keluarga Anda bersama-sama di atas sepiring penuh hidangan yang disesuaikan dengan musik latar yang hangat. Bekerja sebagai tim, seseorang dapat membantu Anda di dapur, sementara orang lain menyiapkan meja, memotong roti, atau menyiapkan minuman beralkohol.

Saat yang menyenangkan menciptakan suasana yang menyenangkan bagi teman dan keluarga mengobrol sambil menikmati makanan enak. Memasak seperti koki bukan hanya memasak, ini memungkinkan Anda berbagi cinta melalui makanan dan menghabiskan waktu yang menyenangkan bersama teman dan keluarga.

Memasak itu Menggabungkan Makanan dan Budaya

Apakah Anda orang Asia, Afrika, Amerika, atau Eropa, setiap masyarakat memiliki bahasa, budaya, dan tentu saja tradisi kulinernya sendiri.

Masakan dunia eksotis dan menarik bagi siapa saja yang ingin memajukan keterampilan memasak mereka. Belajar masakan negara lain – masakan Jepang, masakan Italia, masakan Vietnam atau masakan Maghreb – biarkan diri Anda berkeliling dunia melalui makanan!

Jelajahi berbagai budaya melalui makanan (Sumber: unsplash)

Memasak juga bisa menjadi alat untuk belajar lebih banyak tentang satu sama lain dan untuk mengajarkan orang lain tentang budaya kita sendiri.

Dengan dunia yang semakin multikultural, ada semacam campuran kuliner antara masakan budaya sendiri dan spesialisasi asing baru, yang menghubungkan makanan baru ini dengan akar kita sendiri.

Mempelajari berbagai masakan dapat mengajari kita banyak tentang sejarah dan keahlian memasak dari berbagai negara dan bahkan tentang sejarah diet kita sendiri:

Tahukah Anda:

  • bahwa kacang berasal dari Andes dan Amerika Tengah?
  • bahwa kentang dibudidayakan 8000 tahun yang lalu di dalam Andes di Amerika Selatan, kemudian dibudidayakan oleh suku Inca di Peru, kemudian diimpor ke Eropa untuk mengurangi kelaparan di abad ke-17?
  • bahwa beras sudah dibudidayakan di Tiongkok Neolitikum hampir 10.000 tahun yang lalu?
  • bahwa mie berumur 4000 tahun, diimpor dari Cina ke Italia oleh Marco Polo pada abad ke-13?

Belajar memasak dan membuka buku resep adalah lebih dari sekadar diet sehat, ia merupakan perjalanan multikultural sepanjang sejarah.

Menjadi lebih Bertanggung Jawab terhadap Lingkungan melalui Memasak

Sekarang, kita semua tahu bahwa memasak dapat membuat Anda bersantai di malam hari setelah hari yang panjang di tempat kerja, dan bahkan dapat membuat jus kreatif Anda mengalir dengan menciptakan berbagai hidangan dan makanan penutup, tetapi bahkan lebih baik ketika kreasi gourmet Anda dibuat dengan memberikan kepedulian terhadap alam.

Membeli buah dan sayuran segar organik sangat penting untuk diet sehat (Sumber: Pexels)

Buat komitmen Anda terhadap bumi di piring Anda!

Kami sekarang melihat semakin banyak peringatan untuk membuat komitmen untuk menjaga planet ini, untuk mengkonsumsi secara bertanggung jawab, berbelanja secara lokal dan organik dan hanya memakan apa yang ada sesuai musimnya.

Belum lagi semua informasi yang tersedia bagi kami tentang cara memulai kebun sayur kami sendiri, cara memasak makanan vegetarian atau membuat kompos makanan sendiri di rumah.

Mempelajari cara memasak sekarang juga berarti mengadvokasi pelestarian lingkungan.

Karena jika produk buruk bagi tubuh kita, mengapa tidak buruk bagi ekosistem? Kita benar-benar tidak memiliki alasan apapun!

Berikut ini beberapa tindakan positif yang dapat Anda lakukan di rumah:

  • pasang sarang di kebun Anda (jika Anda tinggal di habitat pedesaan) untuk menarik lebah
  • seperti madu organik? Tanam tanaman madu (poppy, gorse, borage, laurel, pohon stroberi, pohon almond, dll.) Untuk menarik lebah dan penyerbuk lainnya untuk melawan kepunahannya – bahaya nyata yang akan secara dramatis dihadapi dalam kehidupan manusia.
  • buat tambalan sayuran di kebun Anda: tidak perlu membeli tomat, buat salad di rumah, dan pelajari dasar-dasar agroekologi.
  • buat kompos Anda sendiri: daur ulang limbah makanan Anda untuk memberi makan tanah Anda
  • mengkonsumsi produk lokal untuk menghindari polusi yang berhubungan dengan transportasi
  • makan sesuai musim: diet sehat juga melampaui musim, jangan lagi beli tomat di bulan Desember (di musim dingin)!
  • membeli produk organik (longgar, tanpa kemasan) sesuai dengan kebutuhan Anda dan tanpa kelebihan untuk mengurangi limbah

Dengan memasak dari awal, Anda akan seringkali mendapati diri Anda menghemat uang.

Dan jika Anda perlu lebih meyakinkan diri, berikut cara lain di mana belajar memasak dapat memperbaiki kehidupan Anda:

Memasak akan Merangsang Kreativitas Anda dan Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anda.

Melalui inspirasi, intuisi, dan imajinasi Anda akan mengubah resep Anda menjadi menu Anda sendiri.

Latihan ini merangsang perkembangan kognitif Anda karena Anda sepenuhnya berkonsentrasi pada bahan-bahan tanpa terganggu oleh gangguan eksternal (hiburan, stres). Menggunakan berbagai metode dan teknik memasak akan membuat Anda terus belajar. Anda bisa belajar membuat resep masakan baru atau mendesain masakan berbeda.

Berkat kursus masakan rumahan otodidak Anda di Jakarta, Anda sekarang tahu cara membuat hidangan lezat untuk keluarga Anda yang bahkan cocok untuk pemakan pilih-pilih.

Persiapan adalah kuncinya;

Buatlah daftar sebelum Anda pergi ke supermarket, gantilah minyak yang tidak sehat dengan minyak kelapa organik misalnya atau kurangi kalori dengan menimbun sayuran dan makanan yang dikemas dalam nilai yang bernutrisi. Lakukan riset Anda, lihat bumbu apa yang dapat Anda gunakan untuk menambah rasa, coba berbagai biji-bijian, ganti lemak hewani dengan kacang-kacangan atau alternatif vegan, kemungkinannya tidak terbatas!

Berikut adalah beberapa resep untuk membantu Anda memasak sehingga Anda dapat mulai menuai manfaat kesehatan dari keterampilan dan teknik memasak baru Anda.

Apa berikutnya? Anda sudah menguasai masakannya sekarang, mari kita coba kuasai keterampilan tersebut untuk menjadikan orang yang Anda cintai terkesan!

Bagikan

Para pembaca kami menyukai artikel ini
Apa artikel ini berguna untuk mu?

Tidak ada informasi yang bergunaOke, namun masih harus ditingkatkanArtikel ini cukup bermanfaatTerima kasih! Artikel ini sangat bermanfaatPuas sekali dengan artikel ini (Berikan penilaian anda)
Loading...
avatar